Tips Mengetahui Hp Support Wide Color Gamut

  • Droidinside
  • Mei 04, 2022

Untuk mengetahui hp support Wide Color Gamut, serangkaian tes perlu dilakukan menggunakan aplikasi tertentu. Dilihat dari terjemahannya, warna lebar gamut pastinya berhubungan dengan warna layar ponsel android. Gamut jika diterjemahkan mungkin tidak ada. Namun ada keuntungan tersendiri jika ponsel android kamu ternyata mendukung Wide Color Gamut. Apa sih penjelasan tentang istilah warna ini dan bagaimana cara mengetahui hp mendukung Wide Color Gamut?

Wide Color Gamut

Warna gamut sendiri merupakan rentang warna (spektrum) yang bisa ditampilkan oleh perangkat tertentu sehingga bisa dilihat oleh mata. Jadi Wide Color Gamut adalah rentang spektrum warna luas yang bisa dilihat mata manusia. Jika dibandingkan dengan warna sRGB yang pernah dibahas sebagai standar warna yang muncul pada layar, Wide Color Gamut punya warna yang lebih tajam.

Jika kita melihat spektrum perbandingan warna, Color Gamut punya bentuk yang lebih lebar dari sRGB. Inilah yang menjadikan hasil warna lebih bagus. Warna lebar tersebut tersedia sejak sistem operasi Android 8. Setelah versi android tersebut, kini kamu bisa menikmati hasil warna yang lebih bagus dari generasi layar android sebelumnya. Selain itu apa saja manfaatnya jika hp support Wide Color Gamut?

Manfaat Wide Color Gamut Pada Smartphone

Disingkat WCG (Wide Color Gamut) merupakan fitur menarik yang ada pada teknologi layar termasuk televisi. Menurut beberapa sumber, WGC sering disamakan dengan teknologi HDR meskipun keduanya berbeda. WCG membuat paduan warna Merah lebih merah, Hijau lebih hijau, dan Biru lebih kebiruan lagi sesuai dengan rentang warna RGB (Red, Green, Blue).

Jadi manfaat yang kamu dapatkan apabila ponsel mendukung teknologi ini, sudah pasti hasil warna yang dimunculkan pada layar akan lebih tajam. Selain itu manfaat lainnya:

  • Membuat palet warna lebih lebar, artinya lebih banyak warna yang bisa muncul pada layar. Semakin ragam warna maka semakin bagus hasil tampilan. Warna pada gambar yang dihasilkan lebih tajam atau lebih banyak saturasinya. Ditunjukkan dibawah ini.
  • Meningkatkan kedalaman bit warna. Sehingga warna akan lebih dalam menjangkau antara biru kehijauan hingga biru tua. Nuansa warna menjadi lebih banyak, umumnya WGC dapat menampilkan warna hingga 1 miliar (untuk produk televisi)

Tentunya, jika hp support Wide Color Gamut akan meningkatkan pengalaman dalam melihat sebuah gambar dengan warna tertentu. Warna akan lebih kaya, lebih bervariasi, lebih dalam lagi. Hampir tidak ada gejala warna pada layar menjadi pucat. Lalu bagaimana cara mengetahui hp support Wide Color Gamut?

Cara Mengetahui Hp Support Wide Color Gamut

Seperti yang telah admin informasikan dibagian atas. Kita membutuhkan aplikasi yang dapat membaca apakah ponsel mendukung warna gamut spektrum luas ini. Karena spesifikasi perihal warna ini tidak dicantumkan dalam dusbook maupun web yang membahas sebuah ponsel. Menggunakan aplikasi Display Tester, kamu bisa dengan mudah mengetahui apakah ponsel kamu punya rentang warna yang bagus. Langkahnya:

  • Buka Play Store
  • Dibagian atas, klik lalu cari Display Tester
  • Instal aplikasi Display Tester (dikembangkan oleh Braintrapp)
  • Buka aplikasi
  • Cek pada menu Basics (atas)
  • Lihat bagian Wide Color Gamut, apabila Yes berarti hp support Wide Color Gamut
  • Untuk lebih jelasnya, klik pada menu Tests
  • Pilih Wide Gamut Color Test
  • Periksa apakah tulisan Android muncul pada layar sebelah kiri. Jika muncul maka layar ponsel kamu benar-benar mendukung WCG
wide color gamut android

Jika ponsel masih berada dibawah sistem operasi Android 8. Maka tulisan Android akan terlihat samar-sama. Meski samar, artinya ponsel kamu mendukung fitur warna ini. Karena versi Android sebelum 8 belum mendukung peningkatan warna luas Gamut. Baru setelah versi tersebut sampai sekarang, membuat tampilan layar ponsel lebih jelas.

Umumnya hp support Wide Color Gamut adalah ponsel jenis High End. Karena spesifikasinya tinggi, maka bisa menampilkan gambar dengan warna gamut lebar. Ponsel yang punya kemampuan perekaman video hingga resolusi 4K biasanya mendukung warna ini. Karena video dengan resolusi tersebut memiliki warna yang lebih tajam daripada resolusi dibawahnya. Wide Color Gamut yang sering disandingkan dengan spesifikasi layar HDR menjadi paket yang lengkap membuat gambar ponsel jadi lebih tajam dan bagus.

Itulah beberapa informasi tentang cara mengetahui hp support Wide Color Gamut yang berhubungan dengan hasil warna yang lebih tajam. Spesifikasi ini mungkin tidak terlalu ditampilkan pada saat ponsel diperkenalkan atau dijual. Ya mungkin bisa jadi sebuah fitur yang seharusnya standar untuk ponsel dengan harga tertentu.

Meskipun begitu, dukungan Wide Color Gamut dipengaruhi oleh beberapa hal seperti antarmuka, versi android, dan tentunya layar yang disematkan. Jadi pengujian diatas hanya menjadi sebuah perkiraan saja.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.