Apa Itu Mode Warna Gambar sRGB ?

  • 3 min read
  • Sep 23, 2021
mode warna gambar srgb

Droidinside membahas mode warna gambar sRGB yang ada pada Pilihan Pengembang atau Developer Options. Setelan ini ada di ponsel Samsung yang menggunakan layar Amoled di sebagian besar produknya. Jika diperhatikan, layar jenis ini memang memberikan ketajaman warna lebih baik daripada IPS. Tidak heran ada setelan yang berhubungan dengan warna yaitu mode sRGB. Sebenarnya apa maksud dari mode warna dan kegunaannya di ponsel Samsung?

Arti Mode Warna Gambar sRGB

Pengaturan opsi pengembang memberikan pengalaman penggunaan ponsel yang cukup berbeda. Seperti yang telah admin bahas terkait performa ada GPU, Log Buffer hingga GNSS dan lain sebagainnya. Dan salah satunya yang akan kita bahas kali ini adalah mode warna gambar. Pilihan pada menu ini adalah gunakan sRGB untuk diaktifkan atau dinonaktifkan saja.

Maksud dari mode warna gambar dengan pilihan sRGB adalah mengaktifkan pemilihan warna sesuai singkatannya yaitu Standar Red Green Blue. RGB (merah, hijau, biru) merupakan pilihan warna yang sering kita temui sehari-hari sebagai 3 warna utama pembentuk tampilan di ponsel kita.

Dalam dunia pewarnaan tampilan, ada berbagai standar yang digunakan. Standar ini digunakan untuk keakuratan sebuah warna, artinya warna harus memiliki ketajaman yang sama dimanapun. Akan tetapi hal ini akan cukup sulit diterapkan pada ponsel pintar. Bergantung pada hardware layar yang diproduksi, luaran hasil warna pada tampilan bisa berbeda meskipun tidak terlihat.

Warna sRGB telah dibuat pada tahun 1996 sebagai standar yang dapat dilihat oleh mata manusia. Namun di tahun 1998, muncul Adobe RGB yang memiliki kualitas warna lebih asli dibanding sRGB. Tapi Adobe RGB tidak dipakai secara luas karena akan punya perbedaan warna jika disandingkan pada perangkat yang sebagian besar menggunakan warna sRGB.

Sama seperti saat kamu melakukan pencetakan sebuah foto. Karena kebanyakan printer menggunakan warna CMYK, maka jika mode foto adalah RGB membuatnya memiliki perbedaan warna. Yang dimaksud dengan sRGB adalah menggunakan standar warna yang bisa terlihat mata manusia dengan akurat baik pada layar monitor (LCD) maupun hasil cetakan.

Apa Yang Terjadi Jika Aktifkan Mode Warna Gambar sRGB ?

Sejauh ini, jika mode warna gambar sRGB diaktifkan di ponsel Samsung tidak akan terjadi apa-apa pada layar. Bahkan setelah kamu keluar dari Pilihan Pengembang kemudian membuka lagi, setelan sRGB akan kembali mati. Menurut sumber XDA Developer, Samsung telah melakukan kalibrasi warna secara terus menerus sehingga sebelum diaktifkan, warnanya sudah sRGB.

apa itu srgb di pilihan pengembang droidinside

Beberapa ponsel yang bisa mengaktifkan mode warna sRGB adalah One Plus 3, HTC A9, HTC 10. Ketika diaktifkan, warna tampilan akan berubah ke standar RGB yang merupakan bentuk warna yang paling akurat. Meskipun tidak akan terlihat dengan mata biasa.

Manfaat Mengaktifkan Mode Warna Gambar sRGB

Saat kita membeli 2 ponsel yang sama, belum tentu hasil keluaran warna sama-sama akurat juga. Bisa berbeda dan ini dipengaruhi oleh proses produksi, meskipun sudah dicek sebelum dilempar ke pasar.

Beberapa kasus warna ponsel Samsung punya saturasi (perpaduan ruang) warna yang lebih mencolok dari lainnya. Membuatnya sering dipuja karena ketajaman warna yang dimilikinya. Padahal sebenarnya warna yang menurut mereka baik ini adalah bukan yang sebenarnya diharapkan akurat. Sehingga kalau mencetak foto, tampilan warna akan berbeda dari yang terlihat di layar.

Mengaktifkan mode warna gambar sRGB adalah dibutuhkan mereka yang mencintai keakuratan warna. Berhubungan dengan kegiatan seni atau percetakaan. Semakin akurat warna di tampilan dengan hasil cetak, maka semakin bagus sesuai harapan. Terlebih dibidang spesifik yang membutuhkan keakuratan warna.

Beberapa orang mungkin lebih menyukai warna yang lebih biru (blue) karena terlihat kalem dan sesuai prespektif. Untuk itu produsen ponsel terkadang memberikan komposisi warna seperti itu sehingga membuat mata dimanjakan untuk tujuan promosi atau menarik lebih banyak pengguna. Akan tetapi jika digunakan dalam percetakan, ini tidak akurat dan menyebabkan perbedaan warna hasil cetak. Untuk itu, mode warna gambar sRGB akan selalu ditawarkan pada mode pengembang. Sehingga keakuratan warna akan tetap sama untuk semua platform baik itu ponsel maupun pencetakan.

Cara mengaktifkannya adalah mengaktifkan dahulu Pilihan Pengembang melalui ketuk 7x nomor bentukan ponsel Samsung. Selanjutnya mode ini akan muncul pada menu bagian paling bawah. Ketuk untuk aktifkan Pilihan Pengembang, lalu aktifkan mode sRGB. Cara ini bisa berbeda pada berbagai ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *