Cara Mengatasi Hp Samsung Berdengung

  • Droidinside
  • Feb 15, 2022

Ditandai dengan suara beep atau tiit, hp Samsung berdengung ini muncul secara tiba-tiba saat digunakan. Ada juga pengguna yang mengalami hal ini padahal posisi hp Samsung lagi sleep atau dimatikan layarnya. Bunyi yang dihasilkan juga cukup keras, seperti ponsel sedang penuh volume suaranya. Kalau menurut pengalaman admin, suara ini mirip seperti fitur pembersih speaker milik Xiaomi yang tidak enak didengarkan telinga.

Suara nyaring yang cukup keras berbunyi “nging…” tersebut seperti hantu. Karena tiba-tiba muncul ketika ponsel tidak diapa-apakan. Suara tersebut tidak segera hilang, padahal hp sudah dihidupkan dari sleep. Sudah ditekan untuk membuka menu atau coba diturunkan volume suaranya. Hal ini membuat pengguna panik dan mungkin mengira hp Samsung kesayangan mereka akan meledak. Soalnya suaranya tidak biasa. Terkadang suara ini bisa hilang sendiri juga tanpa diapa-apain hp nya.

Ada yang mengalami ketika melakukan Screenshot, seharusnya muncul suara notifikasi malah muncul suara berdengung. Ada yang sedang ingin menonton video di Galeri, suara berdenging tersebut malah muncul dan mengganggu. Ada juga pas membuka kunci dengan Fingerprint. Sebagian lagi hp Samsung berdengung milik mereka ketika ponsel dihubungkan ke Headset maupun saat melepasnya.

Lalu apakah ada solusi untuk mengatasi hp Samsung berdengung tersebut? Droidinside tunjukkan beberapa tips mengatasinya.

Cara Mengatasi Hp Samsung Berdengung

Kejadian suara berdenging yang muncul ini terjadi pada ponsel Samsung generasi keluaran tahun 2020 dan lebih baru. Melihat dari beberapa forum yang admin temukan, Samsung Galaxy A70, A71, A21S, M12, M22, M32, A22, A03s, A30s, A32, A51, dan lainnya. Hp Samsung berdengung umumnya terjadi begitu saja, padahal ponsel tidak sedang digunakan. Berikut ini beberapa solusi yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi hal ini.

1. Restart/Hidupkan Ulang Ponsel Samsung

Cara biasanya paling cepat untuk menghilangkan suara berdenging tersebut adalah mematikan ponsel lalu menghidupkan kembali. Langkahnya:

  • Tekan dan tahan tombol Daya
  • Pilih menu Mulai Lagi (Restart)
  • Tunggu beberapa saat, ponsel Samsung kamu akan dihidupkan kembali
  • Saat ponsel dimatikan, sudah bisa dipastikan suara berdenging akan menghilang

Kelemahan menggunakan cara restart untuk mengatasi hp Samsung berdengung adalah ini gak permanen. Sudah dirasakan banyak pengguna yang melakukan hal ini, suara tiiit akan keluar lagi dalam beberapa waktu kedepan. Ada yang bahkan sampai 3x dalam satu hari suara itu tiba-tiba muncul. Kenapa hp Samsung bunyi tit ? Kemungkinan suara muncul lagi karena kesalahan software (bug) dan bukan kesalahan user.

2. Mengembalikan Pengaturan Ke Awal Atau Reset Pengaturan

Yaitu dengan menghapus semua setelan di Pengaturan yang telah diubah oleh pengguna. Cara ini tidak akan menghapus semua data seperti halnya Reset ke pengaturan pabrik. Jadi hanya akan mengembalikan semua di Pengaturan seperti hp baru tapi data aman. Langkahnya:

  • Buka Pengaturan dari menu utama atau bisa dengan usap layar dari atas ke bawah lalu tekan ikon Gear
  • Pilih menu Manajemen Umum (General Management)
  • Pilih Reset
  • Ketuk pada Reset Semua Pengaturan (Reset All Settings)
  • Pilih Reset Pengaturan
  • Klik Reset
  • Tunggu beberapa saat setelah itu, ponsel Samsung kamu akan menghidupkan ulang
kenapa hp samsung bunyi tit dan cara mengatasi droidinside

Kamu juga bisa mencari menu Reset Semua Pengaturan saat membuka menu Pengaturan untuk mempercepat membuka menu. Cara ini sangat mudah dilakukan karena tidak perlu melakukan reset seperti biasa yang akan menghapus semua data. Ini hanya menghapus pengaturan seperti nada dering, volume, kartu SIM untuk data seluler, preferensi jaringan, font dan semua didalamnya menjadi kembali seperti default.

3. Reset Ke Pengaturan Pabrik

Pada menu yang sama, buka Pengaturan – Manajemen Umum – Reset – Reset Data Pabrik – Reset. Tunggu beberapa saat sampai ponsel kembali ke setelan pabrik. Ini akan menghapus semua data ponsel termasuk nomor, aplikasi, dan akun Google dan Samsung. Disarankan untuk logout akun Google dan Samsung serta menghilangkan kunci layar untuk memperlancar proses Reset.

4. Bawa Ke Service Center

Beberapa kawan mencari solusi untuk mengatasi masalah hp Samsung berdengung dengan membawanya untuk digaransikan. Hal ini disebabkan oleh kesalahan bawaan pabrik dan bukan dari pengguna. Beberapa dari ponsel Samsung mereka divonis ganti mesin akibat masalah berdenging ini. Penggantian gratis karena masih dalam masa garansi. Jadi jangan ragu jika ponsel masih dalam masa garansi untuk memperbaiki di tempat yang tepat.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.