Membersihkan Speaker Xiaomi Secara Otomatis Mudah | Droidinside

Membersihkan Speaker Xiaomi Secara Otomatis Mudah

  • 2 min read
  • Jan 02, 2021
membersihkan speaker Xiaomi otomatis

Selain membuka cover ponsel, membersihkan speaker Xiaomi dapat dilakukan dengan otomatis. Keluaran baru ponsel seri Redmi memungkinkan kamu melakukan penyetelan audio untuk menghilangkan kotoran pada speaker aktif.

Beberapa ponsel mid-end dengan banderol tinggi ada yang memiliki sertifikasi anti air. Sertifikasi ini dapat menahan air dan memiliki mekanisme menahan air masuk ke perangkat.

Ponsel dengan sertifikasi tersebut beberapa mungkin dapat kemasukan air pada bagian speaker nya. Sehingga diperlukan sebuah mekanisme memutar suara speaker untuk menghilangkan air yang mengendap. Tidak hanya kotoran cairan, kotoran baik debu juga dapat menyerang speaker aktif ponsel.

Ponsel keluaran baru dari Xiaomi akhir-akhir ini menyematkan sebuah mekanisme pembersih speaker. Seperti pada seri ke 8 dan 9 pada Redmi. Apabila ada hal yang mengganjal pada speaker kamu bisa membersihkannya secara otomatis tanpa harus membuka ponsel. Lalu bagaimanakah cara membersihkan speaker Xiaomi secara otomatis ?

Membersihkan Speaker Xiaomi Otomatis Melalui Pengaturan

Langkah lengkapnya:

  • Buka Setelan
  • Pilih Setelan Tambahan
  • Pilih Pembersihan Speaker
  • Klik untuk gulir/mengaktifkan pembersihan speaker
    pembersihan speaker xiaomi

Hanya ponsel Redmi dan Xiaomi yang menggunakan antarmuka MIUI yang memiliki fitur ini. Mungkin saja pada ponsel kamu yang agak lawas tidak tersedia. Pada ponsel baru seperti Mi 10T sudah terdapat fitur ini.  Kamu membutuhkan waktu sekitar 30 detik untuk menunggu proses pembersihan ini selesai.

Kamu bisa menjalankan fitur ini jika ada sedikit masalah pada speaker. Seperti speaker kemasukan debu atau mungkin sedikit air. Pada Redmi Note 9 disematkan spesifikasi Water Repellent Coating atau tahan terhadap cipratan air saja (bukan tersiram apalagi kecemplung ke dalam air). Sehingga apabila ponsel tersebut kecipratan titik air yang masuk kedalam speaker, bisa diatasi dengan membersihkan speaker Xiaomi ini.

Karena debu dan air bisa menghambat speaker ditandai dengan suara keluaran menjadi kurang keras dan ada seperti hambatan di tempat keluarnya suara. Fitur ini dapat dijalankan sesekali. Untuk kasus yang cukup berat, kamu bisa menjalankan fitur untuk membersihkan speaker Xiaomi ini dengan tambahan perlakuan. Menghidupkannya dengan menggoyangkan ponsel saat posisi speaker berada di bawah.

Cara kerja dari pembersihan speaker ini adalah dengan mengeluarkan suara frekuensi tinggi selama 30 detik. Suara akan terdengar seperti “titt” panjang selama beberapa detik dan terus berulang. Kamu akan diarahkan untuk mengeraskan volume suara secara penuh.

Sebelum melakukan pembersihan, pastikan tidak ada suara lain yang akan keluar dari speaker. Matikan ponsel dan matikan data seluler/Wifi agar tidak ada notifikasi pesan masuk berupa suara yang dapat mengganggu jalannya pembersihan.

Tidak disarankan untuk mendekatkan speaker ke telinga ketika pembersihan sedang dilakukan. Efek suara mungkin dapat menyebabkan kerusakan pendengaran. Untuk menghentikan proses pembersihan speaker dapat dilakukan dengan tombol kembali (jika dirasa pembersihan sudah cukup). Suara akan masih ada sampai periode suara titt terakhir dimainkan.

Penutup

Bagi kamu yang bekerja di tempat yang berhubungan dengan debu partikel besi. Seperti tempat las atau manufaktur logam lainnya memungkinkan speaker ponsel bisa terkena partikel besi halus. Untuk kasus tersebut tidak dapat diselesaikan dengan cara diatas. Jika terlalu lama terkena serpihan ini, speaker bisa mengalami kerusakan dan harus diganti.

Tinggalkan Komentar!