Tips Hilangkan Garis Putih Bagian Bawah Layar Xiaomi | Droidinside

Tips Hilangkan Garis Putih Bagian Bawah Layar Xiaomi

  • 2 min read
  • Nov 22, 2020
garis putih bagian bawah layar Xiaomi

Setelah update ke MIUI 12, sebagian pengguna banyak bertanya garis putih bagian bawah layar Xiaomi. Garis apakah ini? Bagaimana cara menghilangkannya?

Garis Putih Bagian Bawah Layar Xiaomi

Garis berwarna putih pada ponsel Xiaomi yang telah melakukan update ke MIUI 12 (seperti Redmi Note 7, Note 8, Note 9) dapat muncul pada bagian bawah layar. Jika kamu pengguna Samsung model baru, garis ini mirip dengan Samsung Pay sebagai metode pembayaran milik brand tersebut.

Namun pada Xiaomi, garis ini berbeda tujuannya. Garis putih ini disebut dengan Indikator Mode Layar Penuh. Ya, bagi pengguna yang senang menggunakan mode Fullscreen yang tampak keren seperti iOS tanpa tombol navigasi.

Garis putih tidak dapat diklik seperti Samsung Pay, tidak dapat pula digeser. Fitur ini adalah sebuah notifikasi/tanda bahwa mode layar penuh sedang diaktifkan. Bagi pengguna ponsel di bawah seri Redmi ke 9 akan mendapati tampilan ini jika mereka update ke MIUI 12. Seperti pada Redmi seri note 5,6,7, dan 8 garis ini muncul.

Garis putih ini muncul pada ponsel Xiaomi yang tombol navigasinya berada di dalam layar. Kemudian memperbarui MIUI terbaru, hingga mengaktifkan mode layar penuh. Apakah ikon garis putih bagian bawah layar Xiaomi ini dapat dihilangkan ? Simak beberapa pengalaman admin dibawah ini.

Cara Menghilangkan Garis Putih Bagian Bawah Layar Xiaomi

Terkhusus untuk ponsel yang sudah update ke MIUI 12 kamu bisa menonaktifkan garis putih bawah layar Xiaomi dengan langkah:

  • Buka Setelan
  • Setelan Tambahan
  • Tampilan Layar Penuh
  • Ketuk/Gulir untuk mematikan Indikator Layar Penuh

Kamu sebenarnya juga bisa menghilangkan garis indikator ini dengan mematikan mode layar penuh pada Xiaomi. Garis akan berubah menjadi tombol navigasi seperti biasa. Kemudian pilihan indikator layar penuh akan hilang sendirinya pada sistem. Setelan diatas juga bisa dicari melalui pencarian.

indikator layar penuh Xiaomi

Serba-Serbi Garis Indikator Layar Penuh Dan Penutup

Garis pada bagian bawah layar yang menunjukkan bahwa ponsel sedang ada pada mode Fullscreen ini. Pada MIUI 12 ponsel seri Redmi ke 9 tidak akan muncul. Karena setelan tersebut tidak dimunculkan pada pengaturan dan mungkin disebabkan karena ponsel jenis baru. Pada model Poco F1 dan M2 serta ponsel sejenis juga tidak memiliki pengaturan untuk menghilangkan indikator Fullscreen.

Pada ponsel Poco sendiri menggunakan antarmuka/Launcher yang berbeda dengan MIUI. Hal ini mungkin wajar jika Launcher Poco tidak memiliki pengaturan untuk menyembunyikan indikator layar penuh. Beberapa informasi dari forum yang admin dapatkan, ponsel ini akan menerima pembaruan versi 3.0 yang memiliki tampilan/animasi seperti MUI 12. Dimana pada Kuartil ke 4 tahun 2020, update akan menyertakan setelan indikator ini akan ada. Sehingga pengguna dapat mengkatifkannya sebagai tanpa garis putih bagian bawah layar Xiaomi dan produk 1 perusahaan tersebut.

Garis ini bakalan muncul pada seri Redmi dibawah 9 yang sudah diupdate. Meskipun bisa dihilangkan/tidak, indikator ini mungkin bagi sebagian orang cukup mengganggu. Karena bisa aneh dan cenderung menutupi bagian bawah.

Saat mode layar penuh diaktifkan, indikator ini muncul sebagai penanda. Teman kamu yang lagi minjem Xiaomi kamu mungkin akan ditunjukkan informasi bahwa ponsel menggunakan gestur layar penuh. Sehingga tidak kaget karena menggeser layar sembarangan bisa berdampak pada navigasi yang kacau.

Meskipun pada beberapa ponsel Xiaomi indikator layar penuh tidak bisa dimunculkan. Hal ini tidak berpengaruh sama sekali terhadap performa ponsel. Pada saat ponsel digunakan untuk bermain game, dengan menggunakan mode layar penuh garis ini akan menghilang.

Bagaimana? mudah bukan untuk menghilangkan garis putih bagian bawah layar Xiaomi ? Semoga informasi tambahannya bermanfaat.

Tinggalkan Komentar!