3 Cara Menonaktifkan Samsung Pay | Droidinside

3 Cara Menonaktifkan Samsung Pay

  • 3 min read
  • Jun 10, 2020
menonaktifkan samsung pay

Samsung Pay merupakan aplikasi dompet digital yang menyatukan beberapa dompet virtual dirilis sejak Oktober 2019 lalu. Apa itu Samsung Pay dan cara menonaktifkan Samsung Pay jika kamu memang tidak membutuhkannya?

Samsung Pay dan Serba Serbinya

Teknologi dompet virtual memang sedang terjadi saat ini. Selama bertahun-tahun pemutakhiran agar pembayaran lebih efektif dan nyaman semakin digandrungi masyarakat. Jika kamu lupa membawa dompet untuk membayar sesuatu, sekarang bukan saatnya itu terjadi lagi karena uang digital dapat disimpan bahkan dari smartphone.

Banyak uang digital sebagai alat pembayaran dewasa ini seperti LinkAja, GoPay, Dana, termasuk OVO. Hanya bermodalkan ponsel pintar, kamu bisa belanja sesukanya. Kemudahan transaksi ini juga mendapat dukungan dari brand Samsung melalui Samsung Pay.

Samsung Pay bukanlah aplikasi uang elektronik, namun ini adalah aplikasi yang meringkas seluruh aplikasi-aplikasi pembayaran tersebut kedalam satu wadah. Hanya dengan mengusap layar keatas, fitur ini memberikan kemudahan untuk membayar. Kode QR digunakan untuk melakukan transaksi langsung dan bahkan bisa dilakukan pada saat layar terkunci.

Aplikasi Samsung Pay sudah pasti dijamin aman dan memiliki banyak penawaran menarik dari mitra Samsung. Namun kelebihan pada aplikasi ini bagi sebagian orang mungkin kurang disambut dengan baik.

Bagi mereka yang belum yakin dengan transaksi dengan dompet digital pasti menganggap aplikasi ini malah cenderung kurang berguna. Swipe ke atas ujung bawah layar malah cenderung mengganggu aktifitas keseharian yang lain.

Samsung Pay hadir sejak lama, namun pengguna Samsung baru yang sebelumnya tidak memiliki aplikasi ini lalu mengupdate ponsel mereka ke Android 10 seperti Galaxy A50 sudah pasti akan mendapati aplikasi ini terinstal secara otomatis (bloatware). Apalagi update ini dibarengi dengan gesture layar yang semakin menambah aktifitas layar yang hanya geser saja. Samsung Pay mengganggu sekali bagi mereka yang belum atau jarang menggunakannya dan ini mungkin tidak nyaman. Lalu bagaimana cara menonaktifkan Samsung Pay ? Agar tidak mengganggu saat kamu usap layar untuk aktifitas lain?

Cara Menonaktifkan Samsung Pay

Karena sebagian orang terkadang suka dan tidak suka terhadap kemajuan teknologi, aplikasi ini mungkin malah dirasa kurang berguna. Samsung Pay nongol dibagian bawah layar Samsung kamu kelihatan seperti garis putih agak tebal.

menghilangkan widget samsung pay

Beberapa cara menonaktifkan Samsung Pay diantaranya:

Menonaktifkan Akses Cepat Samsung Pay

Cara ini yang paling mudah dan direkomendasikan, karena tidak akan mengubah aplikasi Samsung Pay dan hanya menonaktifkan akses ke aplikasi. Berlaku juga untuk Samsung kamu yang udah update ke Android 10.Swipe/ geser layar keatas agar Samsung Pay terbukaKlik 3 titik pojok kiri atas

  • Klik pengaturan
  • Klik akses cepat
  • Nonaktifkan semua dengan menggeser tombol
  • Terapkan

menghapus samsung pay homescreen

Ini akan menonaktifkan widget Samsung Pay dari layar kunci dan beranda yang pada umumnya muncul. Jika pada ponsel kamu yang belum update ke Android 10, jika ada pilihan “Gunakan Kartu Favorit” kamu bisa memilihnya dan selanjutnya sama dengan menggeser tombol.

Paksa Berhenti Aplikasi Samsung Pay

  • Buka pengaturan
  • Pilih Apps
  • Pilih Samsung Pay
  • Paksa Henti

Cara ini juga bisa digunakan pada OS baru, untuk ponsel yang sedikit lama biasanya untuk paksa berhenti melalui manajer aplikasi. Cara ini kemungkinan besar akan tetap membuat aplikasi Samsung Pay terbuka setelah restart ponsel. Namun, cara ini berhasil bagi beberapa pengguna bahkan setelah ponsel dihidupkan kembali.
Meskipun terdapat pilihan untuk Force Close (paksa henti) dan nonaktifkan, kamu pengguna OS Android 10 tidak akan bisa menonaktifkan aplikasi ini berbeda dengan ponsel yang lebih lawas dan belum mendapatkan update Android 10.

Hapus Aplikasi Samsung Pay

Cara ini rumit dan tidak direkomendasikan. Kamu harus menghilangkan aplikasi ini dari sistem atau menghapus instalasinya. Salah satunya dengan melakukan Root perangkat dan dihapus karena aksesnya telah dibuka, tentunya membutuhkan pembelajaran dan software yang rumit. Kamu akan melakukan serangkaian hal untuk dapat menghapus aplikasi ini setelah kamu browsing dari google.

Penutup

Menonaktifkan Samsung Pay berguna untuk Pengguna yang sedang membiasakan diri menggunakan gesture pada android dan merasa terganggu adanya aplikasi Samsung Pay yang ngintip dibagian bawah layar. Bisa saja kalau sudah terbiasa maka tidak akan mengganggu penggunaan. Malah akan lebih mudah bagi pengguna untuk melakukan belanja lewat aplikasi ini.

Tinggalkan Komentar!