Mengatasi Garis Hijau Vivo X50 Series

  • Droidinside
  • Mar 08, 2022

Penyakit garis hijau Vivo X50 Series dialami oleh beberapa brand lain yang menggunakan layar Super Amoled. Pengguna paling sering mengalami seri Vivo ini adalah X50 dan X50 Pro. Kejadian ini juga dialami pada ponsel Samsung Galaxy S Series yang sama-sama ada garisnya. Warnanya gak cuma hijau layaknya lightsaber itu, ada warna merah, putih dan kuning juga. Kira-kira apa penyebabnya ya? Kok bisa gitu.

Penyebab Garis Hijau Vivo X50 Series

Menurut penuturan pengguna yang mengalami masalah ini, sebagian mungkin tidak melakukan apa-apa terhadap ponsel tapi tiba-tiba udah muncul aja itu garis hijau. Lucunya kejadian ini serentak dirasakan oleh pengguna Vivo X50 Series. Padahal ponsel ini bisa dibilang tergolong mahal lho buat rakyat jelata. Selain itu masuk juga dalam jajaran ponsel Flagship dimana setiap sisi spesifikasinya unggul dengan rentang harga yang bersaing dikelasnya.

vivo x50 muncul garis hijau

Penyebab lain yang memang diakui sendiri oleh Customer Service Vivo yaitu adanya error setelah sistem melakukan update ke pembaruan software paling baru. Kasus ini mirip kayak Samsung Galaxy S yang tergolong mahal tapi update-nya Gacha. Kemungkinan perangkat lunak terbaru gagal menjalankan fungsi semestinya menampilkan gambar di layar Amoled. Sehingga muncul garis hijau Vivo X50 Series tersebut yang sama-sama terjadi pada Samsung juga.

Banyak pengguna heran juga, karena si hp Vivo X50 Series yang mereka miliki ini gak pernah terjatuh, terbentur, terinjak, terhempas, tertindih dan bahasa lain dalam kehidupan sehari-hari yang merusak ponsel. Ada juga yang gak pernah maen game berat di hp agak mahal ini. Meskipun begitu kejadian terbentur dan penggunaan game yang berat gak ngotak juga menjadi salah satu penyebab masalah layar Vivo tersebut.

Jadinya banyak yang sedih, mengingat kalau dihitung-hitung garansi ponsel yang udah rilis sejak Juli 2020 ini bakalan habis. Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini ya? Droidinside akan memberikan informasinya untuk kamu berdasarkan pengalaman pengguna.

Mengatasi Garis Hijau Vivo X50 Series

1. Garansikan Ke Service Center

Masa garansi secara umum Vivo X50 Series adalah 12 bulan sejak pembelian. Kalau kamu beli di bulan Juli 2020, maka akan habis pada Juli 2021. Sejak postingan ini dirilis kayaknya sudah habis yak. Tapi tenang, Vivo ngasih perpanjangan masa garansi LCD/layar untuk seri X50 ini hingga 24 bulan. Lumayan jadi 1,5 tahun. Buruan bawa ponsel kamu yang bermasalah tersebut ke servis resmi Vivo (bukan ke konter tempat jualannya ya). Supaya bisa segera diganti unit LCD Amolednya. Cek dulu garansi ponselnya:

  • Kunjungi: https://www.vivo.com/id/support/IMEI
  • Masukkan nomor IMEI Sim 1 (cek dengan *#06# di papan panggilan)
  • Cek kadaluarsanya ditambah 12 bulan dari tulisan disitu khusus Vivo X50 Series (LCD nya aja)
muncul garis hijau di layar hp Vivo X50

Buat kamu yang udah mengalami kejadian garis hijau, pink, putih, kuning dan lainnya segera bawa hp. Lalu modalnya apa aja? Apakah perlu bawa kardus hp? Berikut tata cara klaim garansi LCD garis hijau Vivo X50 Series:

  • Bawa Hp saja sama badan yang sehat ke SC (buat jaga-jaga bawa kardus juga boleh)
  • Ambil antrian
  • Pengecekan akan dilakukan oleh pihak CS
  • Tunggu proses pengecekan sekitar 10-15 menit tergantung antrian, cek fisik benturan dan apa ada dent atau tidak
  • Jika lulus garansi alias tidak ada kesalahan penggunaan, akan diberitahukan untuk diganti
  • Tapi, SC akan memberitahu apakah LCD ready atau nggak. Kalau gak ready, menunggu dan nanti akan dikonfirmasi kapan tersedianya dan janjian buat ganti
  • Kalau LCD ready, proses pengerjaan akan dilakukan sekitar 30-60 menit

2. Jangan Update Pembaruan Lunak

Dilihat dari pembaruan perangkat lunak terakhir, sepertinya Patch bulan Desember tahun 2021 jadi penyebab munculnya garis hijau Vivo X50 Series. Yang bilang dari SC nya sendiri bahwa pembaruan perangkat lunak masih kurang kompatibel dengan perangkat keras ponsel. Jadi ya gitu deh tunda dulu kalau ada pembaruan perangkat lunak untuk menghindari masalah ini. Langkahnya:

  • Buka Pengaturan
  • Pilih menu Pembaruan Sistem
  • Klik tombol Gear pojok kanan atas
  • Matikan Peningkatan Versi Pintar
  • Update sistem otomatis tidak akan terjadi lagi

3. Harga LCD Vivo X50 Series

Jika ponsel Vivo tersebut udah gak masuk garansi lagi, bahkan sudah kelewat 18 bulan sejak pembelian. Untuk mengatasi masalah garis hijau Vivo X50 Series tersebut adalah mengganti dengan biaya sendiri. Soalnya, kalau dibiarkan garis hijau bisa nambah jumlah dan lebarnya lho.

Harganya berapa? Jelas layar Amoled itu bukan kaleng-kaleng karena kualitas yang yahud di mata. Maka sebanding dengan harganya.

  • Harga LCD Vivo ini bisa kamu cek melalui Web: https://www.vivo.com/id/support/accessory
  • LCD X50: 1,7 jutaan
  • LCD X50 Pro: 2,5 jutaan

Jika kamu mengganti ke tempat lain dan bukan ke service center bisa jadi harganya lebih murah. Tapi kayaknya sulit nyari LCD yang KW atau copotan ori kalau konter tempat memperbaiki itu jaringannya gak besar. Ya solusi terbaik ke service center Vivo terdekat di kota kamu.

Penutup

Beberapa pengguna yang udah ganti LCD di service center Vivo dan mendapatkan garansi. Jadi penggantiannya gratis, itu banyak yang menjual ponsel mereka ke marketplace di Facebook. Mungkin udah kapok, trauma dengan masalah LCD yang diperkirakan bisa balik lagi. Tapi menurut pengalaman mereka di grub, belum ada perkembangan juga apa garis hijau Vivo X50 Series tersebut balik lagi.

Post Terkait :

29 thoughts on “Mengatasi Garis Hijau Vivo X50 Series

  1. Layar hp saya bergaris hijau juga seperti penjelasan di atas tiba2 bergaris tanpa jatuh maupun terkena air..aku perantau dos hp dan kitab2nya ada di kampung posisi saya sekarang di sulawesi tenggara..apakah bisa saya ke tempat service vivo yg resmi buat cliam garansi layar hp saya dgn membawa HP doang

    1. Bisa kak, coba bawa hp nya saja. Untuk berjaga-jaga. Mohon bantuan keluarga untuk foto nomor IMEI pada dos hp dan kuitansi pembayaran. Itu hanya opsional saja. Semoga kasus layar hijau di hp kakak bisa sembuh dan lolos garansi.

      Terima kasih telah meninggalkan jejak kak.

    2. Saya juga sama masalah garis hijau,tadi pas kalim garansi katanya sdh habis Febuari kmren untuk garansi tambahan 6 bulan itu

      1. Kalau ada dana ganti kak. Tapi jika belum, ponsel masih normal bisa digunakan. Tapi kalo kurang beruntung, garis membesar dan bisa bertambah jumlahnya. Meskipun kalau beruntung,hp bisa digunakan sampai lama.

        Update kak, perpanjang masa garansi LCD sampai 12 bulan.. Lumayan

  2. Halo ka baru bgt terjadi kasus gini juga, ku coba telp ke service center katanya garansi cuma setahun. Saya setahun nya di desember 2021.

    Harusnya masih ada garansi yg 6 bulan tambahan kan ya?

    1. Turut sedih kak atas kejadian yang menimpa ponsel kakak. Garansi hingga 18 bulan tersebut sebagian didapatkan oleh pengguna. Namun sebagian nggak. Ada user yang sampai ngeyel juga, namun keputusan tetap di tangan service center kak. Atau coba bawa langsung ke service center Vivo beberapa kota, untuk melihat apakah beda kebijakannya. Terima kasih telah meninggalkan jejak kak.

      Update kak, perpanjang masa garansi LCD sampai 12 bulan KAK

      1. Bagaimana cara update masa garansi nya? Krn hp saya juga barusan muncul warna hijau vertikal di layar saat update versi 12

        1. Coba kak hubungi kontak Service Center Vivo (SC) terdekat di kota kakak. Cek konfirmasi apakah ada perpanjangan masa garansi. Atau bisa langsung saja bawa ke SC tersebut untuk menanyakannya. Semoga beruntung kak.

  3. Oiya ka aku kemarin langsung ke SC nya tp layarnya katanya kosong (dan terjadi diseluruh SC Indonesia), apa kemaren juga ngalamin kaya gini?
    Jika iya, nunggu brp lama ya SMP lcd nya tersedia menurut pengalaman nya?

    1. Ada yang 1 minggu, ada yang hingga beberapa minggu. Beda tempat beda pengalaman kak. Di daerah jakarta kemarin kurang lebih 1 minggu, tapi bisa beda-beda tergantung SC nya.

  4. Kak.. Ijin bertanya dong, kan katanya Patch bulan Desember tahun 2021 jadi penyebab munculnya garis hijau Vivo X50 Series, nah semisalkan di downgrade gitu bisa balik normal gak sih?

    1. Saat sudah kena Effect dari pembaruan, layar bakal ada garisnya. Sayangnya, sebagian besar di downgrade masih muncul garisnya. Ada yang tambah parah (nambah jumlah dan lebar) meskipun bisa dilakukan gratis di SC. Mau gak mau harus ganti kak.

    1. Coba kak hubungi nomor yang bisa di hubungi Via Maps, Service Center Vivo di kota kakak. Untuk mengetahui apakah garansi khusus LCD masih tersedia atau tidak. Terima kasih

      Update kak, perpanjang masa garansi LCD sampai 12 bulan kak, artikel diperbarui

  5. Sedih… Saya pengguna x50 pro. Dan berakhir garansi tgl 23/10/21, tapi Gak dapat layanan tambahan 6 bulan itu. Belum apa² SC bilang dah habis masa garansi nya.

    Dan sekarang udah ganti LCD nya dengan harga 2,5 jt di SC nya. Bolak balik ke SC. Karena setelah pemasangan, backdoor tutup belakang gak rapet, setalah ke SC katanya emang gak bisa rapet lagi kayak dulu, kemudian datang lagi gara² LED Flash nya gak nyala. Eeh skrg malah Laser Sensor Autofocus di bawah kamera yang yg gak nyala. Jadi capek…
    Mo jual kira² berapa ya harganya…

    Btw. Bakal balik lagi gak tuh penyakit garis hijau dll nya?

    1. Ikut sedih kak. Semoga di lain waktu lebih beruntung lagi. Sampai sejauh ini belum ada kendala lagi garis muncul dari para usernya. Karena sebagian setelah klaim garansi hpnya pada dijual. Mungkin karena trauma dengan masalah tersebut dan ada kemungkinan garis bisa balik lagi. Soal pengerjaan yang payah tersebut kita gak bisa berharap banyak juga. Kalaupun bisa servis ke tempat terpercaya diluar SC karena garansi hangus.

      Untuk menjual hp nya kak, coba buka Marketplace Facebook. Dan lihat pasaran harga Vivo X50 Pro khusus daerah kakak. Coba pasang aja, siapa tahu ada yang minat. Terima kasih kak sudah mau bercerita pengalaman kepada kami.

    2. Kok bs separah itu yaaa….😔 Dijual jg pst turun bgt…syg..pdhl kmrn ak dsolo.. dtg, cek lngsung jd n tdk dipunggut biaya appn.. ak klaim jg via tlp.. saat lcd ready..br srh dtg..

  6. Apakah saya masih bisa mendapatkan tambahan garansi 6 bulan. Kadaluarsa garansi saya jatuh di tanggal 24/12/21. Apa bila masih mendapatkan tambahan garansi 6 bulan habisnya di tanggal 24/6222

    1. Admin tidak bisa memastikan kak, coba hubungi Service Center Vivo terdekat di kota kakak. Karena sebagian masih bisa sedangkan sebagian juga tidak mendapatkan. Semoga kakak beruntung dan bisa memperbaiki ponselnya.
      Update kak, perpanjang masa garansi LCD sampai 12 bulan.. Lumayan

  7. Punya saya juga gitu setelah update garansi juga abis hahahahah
    Saya bawa ke SC vivo WTC surabaya
    Katanya LCD indent 2 minggu
    Dengan harga 2,5juta saya deal
    Setelah dapet kabar klo LCD uda datang saya bawa ke SC
    Saat itu di perbaiki sekitar 30 menitan
    Alhamdulillah bisa dan saya g kena biaya sepeserpun alias gratis padahal HP saya garansj uda habis
    Terima kasih SC vivo WTC surabaya

  8. Hari ini x50 saya kena..
    Garansi smpe september..
    Blm bsa d bwa ke sc.soal y hp d pake orng rumah.sya di luar kota..hadeehhj

    1. Ikut sedih kakak. Masih garansi sampai September tahun ini ya? Gas kak hp nya dijaga jangan sampai ada benturan hingga ada waktu luang untuk dibawa ke service center. Moga aja kakak ketika sampai disana, hp nya lolos garansi dan langsung dapet unit LCD baru tanpa inden/nunggu lagi. Semangat kak.

  9. Miris banget..,hal ini pun menimpaku,,layar hp bergaris hijau secara tiba tiba muncul sendiri.dengan pemakaian normal.masa garansi yg sudah habis.harus kena biaya 1,7 untuk lcd 🥲

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.