Hp Gacha Pengertian Dan Tips Menghindari

  • 3 min read
  • Nov 21, 2021
hp gacha

Pernah dengar Hp Gacha? Istilah Gacha sebenarnya datang dari sebuah permainan asal Jepang bernama Gashapon. Sebuah mesin penjual mainan otomatis. Permainan dalam bentuk mesin offline ini kemudian merambah ke permainan online. Hingga sekarang kamu pasti sering mendengar istilah Gacha untuk ponsel tertentu. Kata ini sangat populer di grub-grub pembahasan android di Facebook. Lalu sebenarnya apa maksud dari hal ini?

Pengertian Hp Gacha

Gacha sebagai sebuah permainan yang berbasis undian atau hoki. Disana menerapkan keberuntungan kalau memang lagi bagus, bakalan dapat hadiah menarik. Banyak sekali game yang didalamnya mengandung unsur Gacha. Misalnya Genshin Impact, Free Fire, dan lain sebagainnya.

Jika Gacha disematkan pada Hp sebagai julukan, berarti ada something dengan Hp tersebut. Hp dengan predikat ini berarti memiliki arti untung-untungan, hoki, atau ada unsur keberuntungan dalam pembeliannya. Paling sering istilah Gacha diberikan pada sebuah merek ponsel.

Jadi ketika membeli sebuah ponsel, kamu bisa beruntung mendapatkan unit yang bagus sempurna. Namun bisa juga dapet yang bermasalah dan ini bikin nangis. Saat pembelian, ponsel masih lancar digunakan. Namun tidak lama penggunaan muncul masalah pada ponsel. Ada yang cuma satu masalah, ada juga yang banyak membuat pengguna pusing dengan Hp nya.

Kasus-Kasus Hp Gacha

Model hoki-hokian atau Gacha ini sangat jarang admin temukan pada ponsel android keluaran dibawah tahun 2016. Baik untuk Low sampai High End. Tapi mungkin kamu sudah menemukannya pada beberapa ponsel jaman old. Ada begitu banyak kasus Gacha yang sering dialami oleh pengguna. Beberapa diantaranya:

  • Hp mati total padahal masih baru (mirip Poco M3)
  • Layar Burn In atau Screen Retention (Realme 6)
  • Kamera berdebu (Redmi Note 9 Pro)
  • Port Charger sangat lemah, harus digoyang-goyangkan (Nokia 6.1)
  • Kamera berhenti tidak dapat digunakan (Vivo Y dan V series)
  • Speaker mati (Samsung Galaxy A51)
  • Kamera berembun
  • Meledak
  • Layar ngangkat, kemungkinan baterai kembung
  • Dan lain sebagainnya

Beberapa kasus Hp Gacha tersebut admin buat daftarnya merata. Artinya semua ponsel bisa terkena masalah. Hanya saja berita mencuat di sosial media berasal dari para pengguna yang mengeluhkan masalah pada ponsel di forum Facebook.

Apakah Hp Xiaomi Gacha ?

Pengguna ponsel Xiaomi rata-rata adalah pengguna melek teknologi, orang-orang muda dengan komunitas yang cukup besar di Indonesia. Ada yang namanya Mi Fans yang selalu berkumpul membuat forum di Facebook maupun media sosial lain. Inilah yang menyebabkan berbagai masalah pada ponsel selalu didiskusikan di grub. Karena semakin banyak yang membahas masalah pada ponsel jadi kelihatan bahwa Hp merek Xiaomi banyak masalah. Padahal dari pandangan admin tidak demikian. CMIIW (Correct Me If I’m Wrong).

Pasar ponsel Oppo, Vivo, dan Samsung misalnya menyasar pada emak-emak dan bapak-bapak. Jarang berforum di media sosial bahkan tidak tahu menahu tentang komunitas merek ponsel mereka eksis. Sehingga jarang ada pemberitaan masalah ponsel yang masih baru meskipun sebenarnya ada tapi tidak kelihatan. Seperti halnya yang admin lihat, pengguna Samsung kebanyakan langsung membawa ke tempat servis tanpa bla-bla dulu di grub.

Tapi untuk Xiaomi apakah benar-benar hp Gacha? Ada yang bilang iya, ada yang bilang tidak. Admin netral, karena melihat merek Hp punya masalah masing-masing.

Cara Agar Tidak Dapat Hp Gacha Dan Mengatasinya

Berikut ini ada tips dari admin, supaya kamu tidak mendapatkan ponsel yang untung-untungan atau Gacha:

Membeli Dengan Uang Baik

Uang baik itu dihasilkan dari sumber yang tidak hasil nipu, maling, atau markup anggaran heheh. Ada istilah beli hp dengan uang Halal agar awet dan tidak mendapat produk cacat.

Jangan Pilih Batch Pertama

Tanggal produksi ponsel penting, lebih baik jangan membeli ponsel ketika pertama kali rilis. Bisa jadi ada banyak bug penyebab masalah maupun komponen tidak sempurna namun sudah dilempar ke pasar oleh pabrikan.

Bergabung Ke Grup Facebook Komunitas Hp

Tinggal buka Facebook di ponsel kamu. Cari merek dan tipe ponsel yang kamu miliki. Banyak jenis grup dimana kamu bisa join. Bisa juga grup android universal. Akan lebih bagus kalau grup jenis Hp yang ingin kamu beli. Asalkan bukan grup jual beli ya.

Di dalam grup, kamu bisa mengecek berbagai postingan terkait apa saja masalah tipe Hp yang akan dibeli atau sudah ditangan. Mereka teman-teman satu nasib (satu jenis Hp) juga punya berbagai solusi jika kamu dapet Hp Gacha. Misalkan batch keluaran tahun berapa yang bermasalah. Apakah setelah update makin parah? Dan lain sebagainnya.

Menyandarkan Ke Service Center

Cari merek Hp yang paling dekat ke Service Center di kota kamu. Ponsel Gacha tidak akan ditinggal diam oleh pemilik merek. Mereka akan Care/peduli terhadap masalah konsumen. Ketika dapet masalah Gacha, servis resmi jadi tujuan utama. Jika kamu beruntung, bisa dapet unit baru dari Hp bermasalah kamu.

Jadi selama masa garansi, Hp Gacha tidaklah masalah. Asalkan penggunaan ponsel wajar, aman, tidak ada kesalahan pengguna. Kamu berhak mendapatkan yang terbaik dari pabrikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *