3 Game Plugin Samsung Tingkatkan Performa Gaming

  • 3 min read
  • Apr 22, 2021
game plugin samsung

Sudahkah kamu tahu Game Plugin Samsung ? Aplikasi tambahan ini bisa meningkatkan pengalaman bermain game yang kamu lakukan lebih jauh lagi. Karena ada terdapat beberapa fitur yang bisa diaktifkan disana. Bagaimana cara menggunakan Game Plugin Samsung dan apa saja fitur yang ada didalamnya?

Game Plugin Samsung

Sebuah aplikasi tambahan yang memberikan peningkatan performa dan menambah solusi untuk menyempurnakan bermain game. Bedanya dengan Game Launcher yang dimiliki oleh Samsung, ini merupakan plugin atau aplikasi tambahan.

Plugin ini apabila diinstal akan memaksimalkan penggunaan fitur. Seperti halnya Game Launcher ponsel Samsung pada seri Mid-High End sudah cukup lengkap berbagai pengaturannya. Berbeda dengan pada sebagian Mid-Low End, kemampuan Launcher tidaklah lengkap. Untuk melengkapinya kamu perlu melakukan instalasi Plugin Game ini.

Cara Instal Game Plugin Samsung

Setidaknya dibutuhkan versi Game Optimizing Service (Game Launcher) 2.0.01.2 atau yang lebih tinggi. Versi ini dapat di update di Galaxy Store, selanjutnya:

  • Buka aplikasi Galaxy Store
  • Ketik pada pencarian Game Plugin
  • Klik Instal di bagian bawah
  • Setelah terinstal
  • Instal 3 plugin tambahan di Galaxy Store juga (Game Booster, Perf Z, Daily Limits)
  • Buka Game Plugins
  • Aktifkan fitur Game Plugins yang akan dijelaskan dibawah

Melakukan instalasinya cukup mudah. Namun perlu kamu ketahui, tidak semua ponsel Samsung bisa dipasang Plugin tambahan ini. Hanya pada ponsel Mid-High dan beberapa yang Low saja. Ini karena berhubungan dengan spesifikasi ponsel yang dimiliki. Karena Hp Low End memang tidak untuk tujuan Gaming, jika bisa diinstal pada perangkat tersebut malah akan memperberat kinerja ponsel.

Fitur Game Plugin Samsung

Jika pada ponsel yang agak mahal, pengaturan untuk menentukan sebuah game fokus pada FPS, Baterai, atau Stabilitas sudah ada. Untuk ponsel Low-Mid sebagian belum ada dapat dilengkapi dengan Game Plugin ini. Selain itu, penjelasan lengkapnya:

1. Game Booster Plus

Sebagai pelengkap untuk mode game seperti disetel pada Penghematan Baterai, FPS Maksimal, Kualitas Gambar Maksimal, dan Balance. Bisa juga mengatur sendiri untuk tujuan apa sebuah game dijalankan. Dengan Game Booster Plus ini kamu bisa menentukan setelan tersebut untuk setiap individual game dan bisa membuat setelan Otomatis untuk beberapa game.

2. Perf Z

Fitur ini digunakan untuk menampilkan presentasi hardware dan software yang sedang berjalan. Kamu dapat melihat besarnya Frame Per Second (FPS), penggunaan CPU dan GPU serta penunjuk suhu. Karena tidak semua ponsel Samsung memiliki sensor Suhu, maka pada sebagian ponsel (Low) jenis plugin ini tidak dapat dipasang.

Perf Z dapat digunakan untuk memantau performa bermain game lewat beberapa petunjuk kinerjanya. Akan ada sebuah kotak berisi informasi tersebut di bagian pojok layar. Dipantau dari penggunaan CPU GPU dan yang paling penting adalah FPS yang muncul, semakin tinggi berarti performa game semakin bagus.

Kotak penunjuk kinerja dapat kamu modifikasi agar terlihat lebih transparan dan tidak mengganggu ketika bermain game. Swipe layar dari atas ke bawah, ketika muncul Running Service ketuk Edit pada Perf Z. Ubah transparansi dan pilih poin informasi apa saja yang ingin dimunculkan.

3. Daily Limits

Memungkinkan kamu mengatur jadwal waktu bermain game untuk satuan waktu tertentu dalam hari-hari selama satu minggu. Dapat mengatur berapa jam limit harian sebuah game secara total atau setiap game yang kamu mainkan.

Fitur Game Plugin Samsung yang satu ini tidak lain adalah untuk kamu yang memperhatikan kesehatan. Daily Limits bakalan ngasih tahu kapan waktu untuk berhenti bermain. Jadi waktu untuk lainnya bisa kamu manfaatkan layaknya belajar atau kegiatan lain tanpa ponsel maupun game.

Penutup Dan Tips Menggunakan Game Plugin

Jika kamu mengalami masalah bermain game lag atau patah-patah di ponsel Samsung, bisa menggunakan plugin di atas sebagai solusi. Namun spesifikasi ponsel kamu juga penting untuk diperhatikan. Mengapa Game Plugin Samsung ini hanya diperuntukkan untuk ponsel Mid-High End ?

fungsi game plugins samsung

Alasannya karena ada tambahan Plugin aplikasi yang perlu kamu instal. Jika di ponsel Mid-End, hal ini tidak menjadi masalah karena spesifikasi penyimpanan dan tenaga yang dimiliki. Berbeda untuk Low End seperti Galaxy A01 Core gak bakalan bisa pake Plugin ini, yang ada malah memperberat performa ponsel saat bermain game ringan sekalipun.

Untuk pemilihan mode game, bisa memilih balance atau baterai saving saja. Karena ini akan membuat ponsel lebih adem karena tidak diforsir performanya. Performa tinggi akan meningkatkan suhu ponsel, ini tidak baik untuk baterai karena panas. Selain itu suhu panas dapat mengurangi kinerja ponsel itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *