Funtouch OS 10 Vivo S1 Pro Apa Saja Kelebihannya | Droidinside

Funtouch OS 10 Vivo S1 Pro Apa Saja Kelebihannya

  • 4 min read
  • Agu 17, 2020
funtouch os 10 vivo s1 pro

Funtouch OS 10 kini telah hadir pada ponsel Vivo S1 Pro. Kebanyakan pengguna pasti penasaran dan ingin mencicipi OS baru berbasis Android 10 Vivo S1 Pro yang sarat akan pembaruan dengan fitur-fitur keren.

Funtouch OS 10 Vivo

Sebelum membahas lebih jauh tentang ponsel yang mendapat update ini, kamu harus mengerti dahulu sebuah antarmuka yang dimiliki brand Vivo sejak awal kemunculannya. Funtouch OS merupakan User Interface milik brand besutan dari Cina ini, seperti layaknya ponsel merek lain dengan UI mereka masing-masing MI UI milik Xiaomi, One UI milik Samsung dan ColorOS milik Oppo. Funtouch OS 10 merupakan antarmuka paling baru milik Vivo yang mengusung Android 10. Vivo S1 Pro dan versi biasa adalah salah satu ponsel yang mendapat update ini setelah kemarin Vivo Z1 Pro hadir melengkapi sederet ponsel yang mendapat pembaruan.

Android 10 Vivo S1 Pro

Meskipun kelihatan agak telat, update Android Q untuk ponsel ini sebenarnya hampir bersamaan dengan Z1 Pro. Namun pada kenyataannya hanya sedikit user yang mendapat update Android 10 di Vivo S1 Pro mereka.

Perjalanan update Vivo Z1 Pro dan Z1 biasa dimulai sejak Juni 2020 di negeri tirai bambu dan India. Setelah berjalannya waktu, update Android Q merambah ke berbagai negara termasuk Indonesia. Versi pembaruan Android 9 sebelum ke OS paling baru pada Vivo S1 biasa (PD1913F) adalah A 1.9.8 dan Vivo S1 Pro (PD1945F) A 1.10.7 dimana untuk versi pro kemungkinan bisa update lagi. Tipe S1 biasa mendapat android 10 pada pembaruan 6.10.0 atau diatasnya. Gambar sebelah kiri belum mendapat sedangkan sebelah kanan telah mendapat pembaruan Android 10.

android 10 vivo s1 pro biasa

Saat posting ini pertama kali dirilis, baru Vivo S1 spesifikasi 4/64 dan Vivo S1 Pro spesifikasi 8/128 yang baru mendapatkan update Android 10. Keduanya didapat dari Over The Air (OTA) dimana server secara langsung memilih ponsel mana yang mendapat notifikasi update untuk dapat mengunduhnya, jadi tidak semua pengguna akan mendapatkan secara langsung. Kemungkinan besar versi update kali ini masih beta karena masih terdapat kekurangan dan belum merata. Update, untuk hampir semua Vivo S1 Pro sudah kebagian juga secara OTA.

cara update vivo s1 android 10

Cara Update Funtouch OS 10 Vivo S1 Pro dan Biasa

Update bisa melalui 2 cara, yaitu OTA dan Firmware. Untuk saat ini firmware OS Android 10 Vivo S1 belum ada. Karena hanya baru didapat dari OTA saja, kamu perlu cek dibawah ini supaya tidak ketinggalan update Funtouch OS:

  • Buka Pengaturan
  • Pembaruan Sistem
  • Klik Unduh dan Pasang

Proses pembaruan ke Funtouch OS 10 akan memakan banyak data. Diperkirakan 3 Gb lebih harus kamu siapkan dalam bentuk kuota data dan ruang kosong di Memori Internal agar proses update bisa berjalan lancar. Tidak lupa selama proses update baterai harus diatas 50% karena akan memakan waktu sampai 2 jam.

Untuk kamu yang pas update kok stuck pada beberapa persen, saran kamu cancel aja dulu pembaruannya. Saat update disarankan untuk tidak menjeda proses download update. Gunakan koneksi Wifi atau data seluler yang stabil antisipasi terjadi kesalahan saat download.

cara update vivo s1 pro

Fitur Funtouch OS 10 Vivo S1 Pro dan S1 Biasa

Berikut ini adalah hal yang akan kamu dapatkan setelah kamu update ke Android 10 ponsel Vivo ini:

  • Sistem diperbarui dengan peningkatan ke Funtouch OS 10 Android 10 untuk kinerja sistemnya
  • Pengalaman baru sensori dari desain UI baru
  • Efek dinamis sebagai efek tambahan untuk kostumisasi gaya ponsel sesuai keinginan kamu di Pengaturan
  • Jovi aplikasi tambahan untuk penambahan rencana olahrada dan layanan alat di Skenario Pintar. Hal ini akan memberikan saran olahraga yang sesuai dengan berat badan dengan penghitunfan langkah atau lari sehingga lebih ilmiah dan efektif.
  • Kompas digabungkan dengan level semangat untuk efisiensi
  • Peningkatan fitur Kalkulator dengan konversi mata uang

Review Setelah Update Funtouch OS 10 Vivo S1 Pro dan S1 Biasa

Update Beta

Karena masih beta, dapat dimungkinkan masih banyak masalah yang akan dihadapi pengguna. Info dari user yang telah update Android 10 Vivo S1 mengalami:

  • Penurunan kekuatan penangkapan sinyal, bar sinyal lebih sedikit/ susah sinyal
  • Saat baterai menjadi 15 persen untuk bermain game lag (dimungkinkan karena mode hemat baterai yang ekstrim oleh sistem saat baterai sedikit)
  • Kamera terkadang eror dibuka
  • Lemot alias kurang responsif

Beberapa kekurangan diatas dapat diselesaikan beberapa dengan melakukan Reset ke Pengaturan pabrik. Penyesuaian sistem dapat menyebabkan suhu ponsel meningkat dan aplikasi tidak dapat berjalan semestinya. Untuk mempermudah kerja sistem, kamu bisa update Aplikasi terinstal ke versi terbaru untuk mencegah crash.

Update Versi 6.8.14

Menurut admin, versi yang dibagikan secara OTA pada user Vivo S1 Pro secara hampir merata ini bukan lagi versi beta atau sudah resmi. Ukuran update hampir 4 Gb dilihat dari notifikasinya. Dibawah ini beberapa testimoni setelah user update Android 10 Vivo S1 Pro mereka pada versi ini:

Kelebihan

Semuanya tentang tampilan yang semakin memanjakan mata dibanding android sebelumnya (9). Sudah pasti berbagai fitur android 10 dengan model gesture dan mode gelap yang epic akan disematkan juga pada update ponsel ini.

  • Segi kamera, sekarang support perekaman video 4K dimana peningkatan software kamera membuat perekaman lebih halus
    kelebihan android 10 vivo s1
  • Perekaman suara support untuk suara internal sistem saja
  • Tambahan animasi pada Charging, pengenalan Sidik Jari dan Wajah, mematikan/menghidupkan layar
  • Hal baru yaitu animasi warna notifikasi pada sisi pojok layar
    funtouchos 10 vivo s1
  • Terdapat peningkatan performa yang lebih smooth

Kekurangan

  • Layar terkadang berkedip selama 1 detik atau kontras layar mengecil dirasakan banyak pengguna
  • Fitur kamera, pengurangan Shutter speed menjadi 30 detik (sebelumnya 32 detik)
    kekurangan android 10 vivo s1
  • Hp restart sendiri karena panas dan boros baterai (sedikit pengguna yang merasakan)
  • Delay respon fingerprint dan pengenalan wajah
  • Charging sedikit lebih lama

Tips Atasi Masalah Setelah Update

Bagi yang mengalami hp jadi panas, performa lag, aplikasi sering force close (keluar sendiri) dan restart sendiri adalah wajar. Soalnya sistem butuh menyesuaikan dengan berbagai keadaan aplikasi dan hardware dari sistem sebelumnya. Lakukan Reset ke pengaturan pabrik untuk mengatasi hal ini, namun back up dulu data penting kamu. Jika Funtouch OS 10 Vivo S1 Pro yang bermasalah ini tidak mau kamu reset, ya tunggu dulu aja sampai beberapa hari untuk penyesuaian sistem agar kembali seperti semula/biasa.

Jika setelah update kok malah hp bootlop, maka kamu harus membawa ponsel ini ke Service Center Vivo terdekat di kota kamu.

Tetap bersabar bagi yang sedang menunggu pembaruan Android 10 untuk S1. Informasi update ini akan terus admin perbarui, semoga saja update Android Q Vivo S1 berjalan dengan cepat guna memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan. Stay Tune!!!

Tinggalkan Komentar!