Fitur Android 11 Yang Harus Kamu Tahu

  • 3 min read
  • Des 31, 2020
fitur android 11

Berbagai hal baru pasti akan kamu temukan dalam pembaruan sistem. Fitur Android 11 akan hadir, dan tentunya membawa banyak pengalaman baru layaknya Android 10 yang telah banyak admin droidinside bahas.

[lwptoc]

Sejauh ini, android telah sampai pada sistem operasi (OS) generasi ke 11. Perkembangan teknologi dalam ponsel android selalu diikuti dengan perkembangan OS. Misalnya dulu ponsel pintar dengan spesifikasinya belum dapat melakukan pemindaian wajah. Sekarang arsitektur pemrosesan gambar, kamera, dan prosesor sudah mumpuni dibantu dengan kecerdasan artifisial mengenali wajah dapat sangat cepat.

Android 11 sebelumnya telah hadir secara resmi sejak September 2020 lalu. Sampai artikel ini dirilis sudah ada beberapa ponsel yang mendapatkan update ini secara resmi maupun versi beta. Hingga nanti pastinya keseluruhan brand ponsel terkenal pastinya akan menggunakannya.

Seperti layaknya sistem operasi baru sebelum-sebelumnya, kamu pasti nungguin banyak hal baru Android 11 yang akan hadir. Apa saja fitur ini ?

Fitur Android 11

Android dengan Tagline “Sistem Operasi yang mendapatkan apa yang saja hal penting” akan membawa cara baru dalam memperhatikan ponsel. Fitur Android 11 memiliki fokus pada orang dan ekspresi ruang kontrol serta pada privasi. Privasi adalah salah satu hal yang disukai oleh admin. Bagaimana dengan mu?

android 11 fitur inti

Menurut web resmi developer android, aplikasi akan diperluas dengan notifikasi dan balon percakapan. Disana juga terdapat perizinan yang lebih leluasa diatur dan banyak hal lainnya. Berikut fitur lengkap tersebut:

Peningkatan Privasi

Salah satu hal yang menarik dari fitur ini adalah Izin Satu Kali. Izin aplikasi seringkali diminta waktu awal setelah instalasi. Akses yang diminta aplikasi seperti lokasi, penyimpanan, kamera dan lain sebagainnya. Biasanya akan hanya diminta 1 kali saja setelah instalasi dan membukanya. Itu sudah kuno karena akan sangat riskan terhadap privasi kamu.

Android 11 membawa privasi lebih dalam, dengan Izin Satu Kali. Kamu bisa memberikan akses sementara untuk aplikasi. Sehingga akses aplikasi tidak dapat berjalan selamanya. Akses hanya akan diberikan saat digunakan atau hanya kamu menginginkannya untuk disetujui. Hal ini dapat menghindarkan kamu dari pencurian data. Misal saja aplikasi diberikan izin mikrofon sejak awal instalasi. Aplikasi dapat menggunakan mic kapan saja bahkan ketika kamu tidak menggunakan aplikasi tersebut. Ini contoh pencurian data yang banyak dilaporkan oleh aplikasi kemudian di ban dari Play Store.

Fitur Android 11 akan secara otomatis mencopot izin aplikasi yang sudah lama (beberapa bulan) tidak digunakan. Semisal aplikasi tidak digunakan lama, izin memang sudah ada sejak pertama kali instalasi. Namun, otoritas sistem yang lebih tinggi akan membacanya dan menghapus izin aplikasi apalagi yang berhubungan dengan hal yang sensitif.

Tidak hanya aplikasi yang berjalan di depan, aplikasi latar belakang yang menggunakan akses sensitif akan dihentikan dan butuh izin lagi ke penggunanya. Hal ini mungkin akan menggembirakan untuk kita yang menyukai privasi. Tidak ada lagi pencurian data secara sembunyi-sembunyi oleh aplikasi pihak ketiga.

Perilaku Notifikasi Baru

Salah satu fitur Android 11 yang unik adalah Riwayat Notifikasi. Kamu akan dipermudah mencari daftar notifikasi yang sebelumnya kamu abaikan/tutup. Terkadang kita tidak sengaja menutup notifikasi seperti pesan Whatsapp, kalender, sms dan lainnya. Memang kita perlu menghapus semua notifikasi menumpuk, tanpa harus memilah satu-persatu fitur Android 11 ini dapat membantu kamu memunculkan kembali daftar notifikasi sebelumnya.

Notifikasi juga akan dikumpulkan sesuai dengan jenis aplikasi. Hal ini akan mempermudah kamu memilah pesan untuk mana saja yang ingin dibalas. Notifikasi pesan akan ditampilkan dalam bentuk percakapan yang bisa kamu jadikan prioritas. Jadi hanya sebuah pesan dari kontak tersebut saja yang muncul pada layar. Mempermudah dalam memilah kepentingan Chat dari seseorang dan dapat mengenyampingkan pesan dari orang lain.

Pesan dalam notifikasi dapat kamu balas kapan saja bahkan ketika sedang membuka aplikasi lain. Tanpa harus keluar dari aplikasi sebelumnya, pesan bisa dipilih untuk ditampilkan dalam bentuk Bubble (balon-balon). Pesan akan ditunjukkan dengan foto dan bulatan pada sisi layar. Tentunya pesan ini bisa dibalas secara multitasking, berbentuk Pop Up.

Kontrol Media Dan Peralatan

Digadang-gadang sebagai teknologi masa kini, Android 11 sangat mendukung Internet Of Things. Kamu akan lebih mudah mengatur berbagai peralatan rumah tangga maupun berbagai hal dengan pusat kontrol yang lebih mudah diakses melalui tombol power.

Kontrol media lebih memudahkan kamu mengganti output keluaran suara. Misal ada perangkat speaker dan headset yang sedang terhubung. Kamu bisa berganti pada keduanya tanpa perlu kehilangan banyak waktu mencabut jacknya. Fitur Android 11 dapat dengan mudah mengganti media yang dimainkan pada ponsel.

Bagikan Momen Dan Rekam Layar

Rekam layar memang sudah ada sejak Android 10. Namun yang terbaru ini kamu bisa merekam kedua sumber suara yaitu dari mikrofon dan sistem. Perekaman ini pasti lebih handal dan jauh dari kata delay.

Membagikan momen akan lebih mudah. Ambil teks dan gambar pada perangkat lalu dengan mudah dapat kamu bagikan. Tidak hanya itu, mudah juga untuk menyimpan dan menyalinnya dari berbagai aplikasi.

Penutup

Bagaimana fitur Android 11 yang coba admin jabarkan diatas ? Kira-kira fitur mana yang penasaran ingin kamu coba ? Menurut admin sih fitur privasinya yang sepertinya bagus.

Tapi bagi orang yang kurang ngerti teknologi android malah ribet kali ya. Soalnya dalam beberapa bulan izin aplikasi hilang. Kalau membuka aplikasi lagi dalam waktu yang lama, izin akan diminta dan ini akan tidak dimengerti oleh sebagian orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *