Fitur One UI 3.1 Samsung Mengusung Android 11

  • 3 min read
  • Apr 17, 2021
Fitur one ui 3 samsung

Apa saja fitur One UI 3 yang merupakan antarmuka penerus One UI 2.5 pada ponsel Samsung ? Informasinya dari Droidinside.

Setiap brand punya ciri khas masing-masing dalam mengkustomisasi tampilan ponsel pintar mereka. Salah satunya Samsung dengan antarmuka One UI yang telah disematkan sejak beberapa tahun lalu.

Hingga saat ini, versi One UI terus mengalami pembaruan hingga generasi ke 3 yang sesuai dengan sistem operasi Android 11. Biasanya yang mendapatkan pembaruan adalah ponsel Flagship dengan segudang fitur yang bisa diandalkan untuk produktivitas maupun penggunaan sehari-hari. Apa saja hal menarik dan baru pada One UI 3.1 ?

Fitur One UI 3.1

Peluncuran beta sebelumnya sudah selesai ada Desember 2020 dan kemungkinan akan hadir 2 bulan setelahnya secara Official. Hingga bulan April ini, bahkan setidaknya ponsel kategori Mid Galaxy A51 sudah tersedia. Banyak pengguna ponsel ini sudah update, dan sudah pasti untuk seri Galaxy S20 dan S21 sebagai ponsel kasta tinggi sudah dapat menjajalnya juga. Berikut yang dapat pengguna dapatkan:

1. Tampilan

Jika dibandingkan dengan generasi One UI sebelumnya, pada versi terbaru ini mengusung perubahan pada berbagai sektor. Seperti perubahan kecil pada UI yang diubah agar dapat fit dengan layar yang luas dan cocok dengan fungsionalitas Android 11. Pada Bar Notifikasi dan Quick Settings/Access telah mengalami perombakan sehingga terlihat lebih modern.

Selain itu ada berbagai perubahan fitur One UI 3 hasil perombakan terkait berbagai fungsionalitas seperti;

  • Tombol volume menjadi di sebelah kanan dan memiliki tampilan yang lebih modern
  • Tambahan Notifikasi yang lebih detail atau seperti biasa, kamu bisa memilihnya
  • Lebih banyak pilihan Always On Screen Display
  • Kamu bisa ganti background panggilan masuk

Android 11 mengusung pembaruan pada Bar Notifikasi dimana notifikasi akan dikelompokkan sesuai dengan jenis aplikasi dan lebih mudah dalam pengorganiasiannya.

2. Kamera

Tidak ada begitu perubahan yang signifikan pada kamera. Ada tambahan untuk jepretan fokus dengan tambahan filter. Selain itu, ada fitur Hapus Bagian foto tertentu yang kurang pas. Sehingga objek yang tidak sesuai bisa dihapus atau diperbaiki. Secara singkat fitur pada kamera:

  • Single Take 2.0 yang ditingkatkan. Update jumlah FPS dalam video sehingga Slow Motion lebih baik
  • Tool penghapus Objek menghapus background foto yang tidak sesuai atau tertutupi
  • Touch Auto Focus ditingkatkan
  • Kontrol Exposure Otomatis
  • Vlogger view untuk mengaktifkan kamera depan dan belakang secara bersamaan ditambah Directors View merekam dari kedua kamera tersebut

3. Perekaman Multi Mic

Saat membuat video kamu bisa berganti input suara dari beberapa perangkat seperti Galaxy Buds dan Buds Live atau Buds+. Bisa juga merekam dari Hp dan perangkat secara bersamaan. Fitur One UI 3 yang satu ini bisa kamu gunakan untuk membuat Vlog dengan mikrofon dari Earbuds.

4. Eye Comfort Shield

Fitur One UI 3 memberikan perlindungan mata yang nyaman sebagai bentuk update dari fitur Blue Light Filter. Mengurangi cahaya yang dapat membuat mata lelah di penghujung hari. Cahaya biru dari ponsel akan dikurangi sesuai dengan kondisi waktu. Selain itu, pengurangan cahaya biru dapat mengurangi dampak yang tidak baik.

5. Private Share

Memungkinkan kamu melindungi dan memonitor privasi pengguna. Sistem akan menghapus metadata foto sebelum dibagikan. Data pribadi pada metadata ini akan dibersihkan. Private Share juga memberikan tenggat waktu kapan saja file bisa diakses siapapun. Ini mirip seperti fitur Nearby Share yang dikembangkan oleh Google untuk dapat menerima dan mengirim file kapanpun serta dapat ditutup aksesnya hanya dengana satu tombol.

Fitur One UI 3.1 Tambahan Lain

  • Pola getaran baru untuk notifikasi dan apabila ada telepon masuk
  • Samsung Free kini tidak lagi tersematkan dan menjadi StandAlone app
  • Efek Video Call yang bisa diubah-ubah
  • Integrasi dengan Google Duo
  • Kontrol perangkat Google Home

pembaruan one ui 3.1

Penutup

Bagaimana? Apakah kamu tertarik dengan fitur One UI 3 (3.0 atau 3.1) ? Untuk dapat menikmati pembaruan sistem, pastikan kamu cek pada Pembaruan Ponsel di Hp Samsung. Ada di Pengaturan – Pembaruan Perangkat Lunak – Tekan Unduh apabila pembaruan sudah tersedia. Note: Tidak semua model Samsung Galaxy akan dapat menikmati fitur diatas, kemungkinan keseluruhan hanya tersematkan pada Galaxy S21 keatas.

Sebagai tambahan informasi, setelah memperbarui ponsel Samsung ke Android 11 (One UI 3.0 maupun 3.1) folder Android – Data kini tidak dapat kamu akses lagi dari File Saya. Baik itu untuk penyimpanan internal maupun eksternal. Karena terdapat aturan baru Scoped Storage yang membuat pengamanan file aplikasi dan data pribadi lebih ditingkatkan.

2 thoughts on “Fitur One UI 3.1 Samsung Mengusung Android 11

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *