Fitur Baru Group Tab Chrome Android Bermasalah | Droidinside

Fitur Baru Group Tab Chrome Android Bermasalah

  • 3 min read
  • Nov 15, 2020
Group Tab Chrome Android bermasalah

Seperti namanya, Group Tab Chrome Android merupakan sebuah fitur yang membuat tampilan bilah aplikasi penjelajah ini menjadi berbeda.

Grup Tab Chrome Pada Android

Fitur Baru

Google Chrome sebagai penjelajah utama ponsel Android selalu melakukan pembaruan. Seperti pada versi 85.0 (diikuti angka) yang merupakan Chrome berarsitektur 64 Bit sebagai sebuah fitur baru. Pada versi yang sama, terdapat hal baru yaitu fitur Group Tab Chrome Android.

Fitur ini akan memberikan kamu pengalaman baru pada saat menggunakan banyak Tab/bilah pada Chrome. Jika sebelumnya Tab ketika kamu browsing ini disusun ke bawah, namun sekarang disusun berjajar 2 kotak ke bawah dengan thumbnail atau bisa disebut dengan Grid Layout (tampilan grid).

tampilan grup tab chrome android

Tampilan ini akan sangat memudahkan kamu yang sangat suka membuka banyak Tab. Satu Tab di dalamnya bisa berisi beberapa Tab, itulah sebabnya dinamakan Group Tab. Selain lebih mudah, tampilan ini lebih fresh dan tidak seperti versi sebelumnya.

Kamu bisa mengelompokkan Tab sesuai dengan keinginan kamu. Dalam 1 kelompok bisa diseragamkan 1 pembahasan atau kesamaan jenis Web misalnya. Untuk berpindah Tab pun menjadi lebih mudah dan tampilannya lebih kece.

Versi sebelumnya, anggap saja kamu membuka 30 Tab, untuk berpindah dari Tab paling atas ke yang paling bawah cukup ribet. Kamu harus scroll dari atas sampai bawah. Berbeda pada versi baru, karena tampilan Tab berisi 2 baris maka tidak terlalu panjang sampai kebawah. Versi lawas, Tab yang terbuka memenuhi layar Android kamu dan lebih susah untuk disusun sesuai keinginan.

Kelemahan Group Tab Chrome Android

Meskipun fitur baru selalu tampak lebih fresh dan ditujukkan untuk kemudahan pengguna, ada beberapa kelemahan Group Tab Chrome Android. Berikut ini admin berikan dalam bentuk poin-poin:

  • Perlu pembiasaan penggunaan, karena admin mengalami sendiri. Group Tab Chrome tiba-tiba berubah sendiri dari versi sebelumnya. Bagi yang belum biasa, mungkin jadi kikuk. Soalnya, ketika membuka link dan berpindah antar Tab menjadi berbeda, terbiasa versi lawas.
  • Lag atau Lemot. Performa penggunaan Chrome menjadi menurun jika dibanding versi yang sebelumnya, kurang smooth. Banyak pengguna yang memberikan penilaian jelek pada versi Chrome baru secara keseluruhan termasuk pada fitur Group Tab Chrome ini.
  • Freeze/Force Close/Menutup Sendiri. Saat kamu membuka Incognito Window/Tab penyamaran dan mencoba menutupnya secara langsung atau pada bar notifikasi, maka Chrome akan berhenti beberapa detik. Meskipun Chrome sudah dipaksa berhenti, tetap saja harus menunggu sampai beberapa waktu untuk bisa dibuka kembali. Terkadang, karena penggunaan RAM yang lebih tinggi Chrome dapat menutup sendiri.

Mematikan Dan Menghidupkan Fitur Group Tab Chrome Android

Untuk mengatasi beberapa masalah di atas, kamu bisa matikan fitur ini. Langkahnya:

  • Buka aplikasi Google Chrome di Android kamu
  • Pada pencarian ketik chrome://flags
  • Klik dibagian atas pada ikon Lup ketik Tab Group
  • Ubah ketiga fitur (tab groups, tab groups continuation, tab groups UI improvements) dari Default menjadi Disable
  • Klik tombol Relaunch
    mematikan tab grup chrome android

Chrome akan ditutup dan dibuka kembali. Apabila setelah terbuka dan masih belum berubah tampilan Tabnya, tutup aplikasi tersebut dan buka lagi. Atau bisa dengan paksa berhenti aplikasi lalu dibuka lagi. Hapus data aplikasi dan Cache Chrome jika memang masih belum berubah dan hidupkan ulang ponsel.

Untuk menghidupkan fitur Tab Grup Chrome, caranya sama seperti diatas. Hanya saja, fitur yang di Disable diubah menjadi Enable dan klik Relaunch. Tutup dan buka lagi aplikasi Chrome jika tampilan belum berubah.

Penutup

Setelah berganti ke tampilan Tab biasa seperti versi sebelumnya, performa Chrome menjadi lebih baik lagi (pengalaman admin) dan tidak lagi Lag. Saat menutup Tab penyamaran juga cukup lancar.

Dapat dimungkinkan, tiba-tiba Chrome admin berubah sendiri karena sistem mendeteksi Akun admin sering menggunakan banyak Tab (sampai lebih dari seratus). Sehingga otomatis mengubahnya menjadi Tab berkelompok.

Sebagai tambahan informasi, jangan mengotak-atik setelan Chrome lain pada saat membuka Flags. Karena hal ini dapat membuat aplikasi Crash dan tidak bisa dibuka jika salah mengatur. Fitur Group Tab Chrome Android memang harus dimatikan secara khusus melalui fungsi developer seperti pada tutorial diatas.

Tinggalkan Komentar!