Chrome 64 Bit Android Telah Hadir | Droidinside

Chrome 64 Bit Android Telah Hadir

  • 2 min read
  • Jul 06, 2020
chrome 64 bit android

Sejak pertama kali muncul sekitar 6 tahun lalu, Chrome 64 Bit Android merupakan sebuah standar baru untuk aplikasi penjelah ini kelak. Untuk mendapatkan performa dan keamanan yang lebih baik lagi, pengembangan Chome terus dilakukan.

Informasi Chrome 64 Bit Android

Chrome merupakan salah satu penjelajah internet favorit dikalangan pengguna Komputer maupun Android. Kebanyakan pada pertama kali rilis hingga saat ini pengguna Android menggunakan Chrome versi 32 bit. Kemudian muncul pertama kali Chrome berarsitektur 64 bit pada September 2014 lalu saat sistem operasi Android masih Lillipop.

Versi Chrome pada Android terus berkembang hingga saat ini. Versi terakhir yang biasa digunakan pada hampir seluruh ponsel pintar di dunia atau di Indonesia umumnya paling mutakhir adalah versi 83 dan 84 untuk varian stabil. Pada aplikasi Chrome terbaru, versi 85 dan 86 sudah menggunakan arsitektur 64 bit. Versi Chrome 85 dan 86 yang menggunakan arsitektur 64 bit belum diluncurkan untuk semua ponsel. Baru beberapa ponsel saja yang sudah secara resmi mendapatkannya. Menurut informasi yang Droidinside dapatkan, versi stabil Chrome 85 akan hadir Agustus 2020.

chrome versi 64 bit

Mengapa Chrome akan menjadi aplikasi 64 bit?

Beberapa pengguna yang telah mendapatkan update ini merasakan tidak ada hal yang berbeda antara Chrome 64 bit dan 32 bit. Perkembangan sistem operasi Android juga akan menyebabkan perkembangan aplikasi menjadi lebih maju mengikuti kebutuhan. Dimungkinkan bahwa versi Android 10 keatas akan wajib menggunakan Chrome 64 bit. Hal ini akan terjadi mulai Agustus 2021 nanti dimana sudah pasti standar sistem operasi terbaru adalah Android 11. Jadi bisa dipastikan tahun depan, Play Store akan menghentikan support untuk aplikasi Chrome 32 bit.

Cara Cek Versi Chrome Android

Untuk mengetahui versi Chrome Android kamu saat ini, kamu bisa buka browser Chrome kamu. Ketik aja di pencarian chrome://version dan saat kamu ngetik pasti sudah ada pilihan yang tinggal kamu klik. Selain mengetahui versi Chrome, disana kamu juga akan menemui Sistem Operasi apa yang sedang kamu gunakan dan Device Android yang saat ini kamu pakai. Jika beruntung mungkin mendapat Chrome 64 bit Android kamu, seperti pada ponsel Pixel yang menggunakan Android 11 sudah mendapatkan versi 64 bit.

cara cek versi chrome android

Jika kamu sudah mendapatkan Chrome versi 85 atau 86, maka beruntunglah kamu. Mengapa? Meskipun dalam review diatas tidak ada hal signifikan berubah dalam penggunaan, lalu apa perbedaan Chrome 64 Bit dan 32 Bit?

Perbedaan Chrome 64 Bit dan 32 Bit

Dilansir dari situs AndroidPolice, pengujian dilakukan pada kedua versi Chrome. Keduanya menunjukkan perbedaan, dimana pengujian dilakukan pada benchmark octane 2.0 Chrome 64 Bit (versi 85) mengungguli skor sebesar 16.785 poin dibanding Chrome 32 bit yang hanya 15.515 poin. Pengujian juga dilakukan pada web Browserbench  JetStream 2 menyatakan perbedaan skor keduanya terpaut hampir 2.000 poin. Meskipun skor tidak terpaut jauh namun performa Chrome yang lebih baik akan selalu ditunggu-tunggu oleh pengguna aplikasi selancar di Internet ini.

Selain performa yang lebih baik, versi terbaru dari Chrome 64 bit Android memiliki keamanan lebih tinggi dari versi 32 bit. Jika pada versi Chrome lebih rendah lebih banyak mengalami Crash, pada versi 64 bit sangat rendah kemungkinan untuk malfungsi.

Penutup

Jika kamu ingin mencoba Chrome 64 bit Android kamu, bisa langsung instal Chrome versi Dev di Play Store. Tapi ya untung-untungan, soalnya belum semua device kebagian update ini. Berbeda dengan Chrome versi PC yang memang memiliki versi 64 bit yang sudah stabil dan cocok untuk versi Windows 64.

Meskipun peningkatan versi aplikasi Chrome maupun arsitekturnya yang berubah menjadi 64 bit adalah sebuah kemajuan, ada hal yang tidak boleh dilupakan. Harapan kita adalah, semoga Google tetap akan melebarkan sayap untuk terus mendukung versi Android yang lebih lama.

Bagi kamu yang sudah lama menggunakan browser ini, entah Chrome 64 bit Android kamu atau versi 32 bit semakin lama Chrome akan banyak menggunakan penyimpanan internal kamu. Sehingga chrome dapat membuat memori internal menjadi penuh yang harus kamu hapus datanya sehingga bisa melegakan penyimpanan.

Post Terkait :

Tinggalkan Komentar!