Tips Fungsi Feature Flags Di Opsi Pengembang Android

  • 3 min read
  • Okt 07, 2021
feature flags di opsi pengembang

Sudah pernah melihat Feature Flags di opsi pengembang android? Deretan fitur opsi pengembang atau Developer Options maupun Pilihan Pengembang memiliki banyak kegunaan untuk ponsel. Ya memang sedikit ruwet, akan tetapi bagi yang mengetahuinya akan dapat memaksimalkan penggunaan ponsel pintar.

Misalnya paksa 4X MSAA yang berhubungan dengan peningkatan grafis saat bermain game. Ada juga fitur sRGB yang memberikan warna akurat pada layar ponsel, sehingga tidak akan berbeda kalau foto di ponsel dicetak. Dan beberapa lainnya dan salah satunya adalah Feature Flags yang akan dibahas Droidinside kali ini.

Apa Itu Feature Flags Di Opsi Pengembang Android ?

Fitur ini hadir pada sistem operasi Android Pie (9) dengan bahasa Inggris Feature Flags. Beberapa merek menerjemahkan fitur ini menjadi Tanda Fitur. Sebuah menu yang muncul di Developer Options setelah kamu mengaktifkannya di hp android dengan OS Pie.

Feature Flag di opsi pengembang ini hampir mirip seperti fitur Flags yang ada di aplikasi Chrome. Menu tersebut dapat digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan beberapa fitur yang ada pada sistem. Meskipun begitu, fitur ini masih bersifat eksperimental dan terbatas saat ini.

Fungsi Feature Flags Di Opsi Pengembang

Kamu harus mengaktifkan Developer Options dahulu di ponsel android. Pastikan sudah bersistem operasi Android 9. Biasanya klik 7 kali pada nomor bentukan ponsel, Opsi ini akan aktif. Setelah dibuka, maka akan muncul menu Feature Flags atau Tanda Fitur.

apa itu feature flags developer options

Saat menu tersebut dibuka, akan ada setidaknya 7 pilihan yang berhubungan dengan mereka pengembang aplikasi. Jadi menu pada Feature Flags sering dimanfaatkan oleh mereka yang sedang membuat aplikasi android. Untuk mencoba apakah aplikasi akan error jika salah satu fitur dimatikan atau dihidupkan.

Terdapat 7 pilihan saat Feature Flags di opsi pengembang dibuka. Menu tersebut diantaranya ada dibawah ini. Droidinside akan memberikan penjelasan satu persatu menurut berbagai sumber:

settings_about_phone_v2

Ketika ini diaktifkan atau dinonaktifkan, hanya akan membuka Tentang Ponsel. Disana berisi tipe ponsel, nama, RAM dan spesifikasi lain yang melekat pada ponsel. Secara Default opsi ini aktif dan kalau dimatikan, bisa jadi Tentang Ponsel tidak dapat diakses (belum dipastikan sih). Intinya menu ini mempermudah dalam membuka info telepon/ponsel.

settings_bluetooth_while_driving

Opsi Feature Flags di opsi pengembang yang satu ini secara otomatis dinonaktifkan. Sebagian bisa diaktifkan dan sebagian otomatis mati lagi. Fungsi utamanya sesuai dengan arti/terjemahan. Memungkinkan kamu dapat mengaktifkan Bluetooth ketika berkendara. Cocok untuk mereka yang mendengarkan musik ketika berkendara dengan perangkat audio nirkabel seperti di mobil. Tapi menurut admin, fungsi ini lebih dari itu. Lebih ke arah bahwa koneksi Bluetooth dapat digunakan kapan saja ketika percobaan aplikasi dilakukan.

settings_zone_picker_v2

Untuk pilihan menu langsung admin jelaskan loncat. Opsi yang satu ini ketika diaktifkan fungsinya akan menambah fungsi pada Zona Waktu. Pengaturan ini akan bertambah, dan apabila dimatikan maka opsi akan berkurang dan lebih bersih layaknya pada sistem operasi Android Oreo.

4 menu yang sebelumnya tidak memiliki fungsi

Karena sistem operasi Android dewasa ini bahkan sudah sampai versi 11 (R) menu yang sebelumnya tidak diketahui atau tidak berfungsi tertentu apabila diklik. Penjelasan Feature Flags di opsi pengembang android tersebut antara lain:

  • settings_data_usage_v2: Sebelumnya tidak bisa dijelaskan, namun sekarang berfungsi untuk melihat penggunaan data seluler atau Wifi. Fungsi ini sudah ada pada masing-masing ponsel tanpa perlu mengaktifkan via opsi developer.
  • settings_audio_switcher: Pada Android Pie (9), menu ini tidak memiliki fungsi apapun ketika diaktifkan. Namun ternyata, barulah di Android 11 fitur ini digunakan. Yaitu dapat berpindah Output/Keluaran Audio baik untuk perangkat Wireless atau Headset dengan colokan kabel dengan mudah.
  • settings_systemui_theme: Fungsi ini hadir di Android 10. Dimana kamu bisa mengubah bentuk ikon-ikon aplikasi di layar utama. Bisa juga mengubah warna tema Quick Access.
  • settings_battery_display_app_list: Menghadirkan grafis penggunan aplikasi setiap waktu yang digunakan. Fungsi ini baru kelihatan di Android 10, dimana penggunaan baterai sangat detail. Hitungan jam hingga berapa mAH daya yang digunakan pada aplikasi.

Penutup

Itulah Feature Flags di opsi pengembang atau tanda fitur tersebut memang hanya membuka sebagian menu. Ya karena memang sebagian Developer bisa membuka Feature Flags hanya menggunakan perintah dari Command Prompt di komputer. Jadi dengan mengetik perintah, informasi terkait ponsel dan berbagai fitur akan aktif atau muncul di layar ponsel saat pengembang membuat aplikasi. Setelah di Android 10 keatas, kemungkinan Feature Flags tidak muncul lagi dan berfungsi sesuai penjelasan admin diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *