Tips Aktifkan Paksa 4X MSAA Pada Android

  • 3 min read
  • Jan 15, 2021
paksa 4x msaa pada android

Paksa 4X MSAA merupakan salah satu menu pada opsi pengembang android yang dapat meningkatkan performa. Setelan dengan nama lain Force 4X MSAA secara default dinonaktifkan bersamaan dengan developer options yang harus dibuka. Apa yang dimaksud dengan hal ini dan adakah tips untuk menggunakannya ?

Pengertian Paksa 4X MSAA Pada Android

Dalam istilah yang berhubungan dengan grafis game, kita sering menemui kata Anti Aliasing. Hal ini adalah sebuah teknologi yang menghilangkan gambar kotak-kotak (resolusi rendah) pada game. Saat bermain game, terdapat sebuah grafis seperti garis lurus misal antena, kabel dan sebagainya yang kamu temui. Biasanya jika game kurang bagus gambarnya tidak akan terlihat lurus dan seperti terkotak-kotak atau ngeblur.

Ada beberapa teknologi Anti Aliasing yang ada di sistem komputer dan android. Seperti SSAA (Super Sampling), FXAA (Fast Approximate), dan TXAA (Temporal). Umumnya android menggunakan MSAA.

perbedaan menggunakan 4x MSAA

Grafis game yang bagus dengan Anti Aliasing akan terlihat mulus (smooth) atau tidak patah-patah. Karena itulah Paksa 4X MSAA pada android memiliki singkatan pada MSAA nya (Multi-Sampling Anti Aliasing). Sehingga inilah titik terang yang harus kamu ketahui. Android akan membuat pemrosesan gambar Anti Aliasing 4X (terdapat 2X, 4X, dan 8X apabila semakin tinggi grafis semakin bagus). Karena umumnya yang digunakan android adalah tanpa Anti Aliasing (default).

Jika fitur ini diaktifkan, maka akan ada pemaksaan ponsel untuk melakukan penghalusan grafis atau secara paksa melakukan Anti Aliasing agar grafis menjadi lebih baik. Fitur ini efektif untuk memperbaiki gerak-gerik maupun kualitas gambar khususnya saat bermain game menjadi lebih baik. Intinya adalah meningkatkan pengalaman yang berhubungan dengan grafik pada game android kamu.

Pada opsi pengembang di android, kita akan mengetahui bahwa mengaktifkan Force 4X MSAA diikuti dengan keterangan 4X MSAA di Aplikasi OpenGL ES 2.0 lengkapnya. OpenGL ES singkatan dari Open Graphics Library yang menjadi sebuah standar software untuk hardware pemroses gambar 3 dimensi. Versi ini adalah yang digunakan oleh keseluruhan android (Ice Cream Sandwich) di dunia.

Sehingga apabila fitur ini diaktifkan, sudah pasti hampir keseluruhan ponsel masa kini benar-benar dapat meningkatkan grafis dari game. Lalu apakah efek negatif jika menghidupkan paksa 4X MSAA ?

Alasan Menggunakan Paksa 4X MSAA

Tentunya ada hal yang menjadi penyebab kamu mungkin perlu mengaktifkan fitur ini atau tidak. Yang paling penting adalah kamu perlu mengetahui dahulu tentang performa dan baterai yang saling berbanding terbalik. Jika kamu menginginkan performa, maka jangan berharap baterai akan awet Begitupun dengan kebalikannya.

Hal ini adalah yang mendasari apakah kamu perlu mengaktifkan Force 4X MSAA atau tidak. Karena fitur ini jika diaktifkan akan menguras baterai, sesuai dengan grafik game yang menjadi bagus. Tampilan saat bermain game bagi beberapa orang merupakan hal yang memuaskan.

Namun perlu diketahui juga, bahwa jika fitur ini diaktifkan akan meningkatkan penggunaan daya baterai dan performa meningkat diikuti dengan panas yang dihasilkan. Karena android sistem yang pintar akan melakukan CPU Throttling agar tidak terjadi panas berlebih pada ponsel.

Artinya sebenarnya mengaktifkan paksa 4X MSAA hanya akan berlaku untuk peningkatan performa saat bermain game. Tentunya game dengan software OpenGL 2.0 kebawah. Bukan berarti peningkatan untuk performa dalam melakukan multitasking atau tugas android. Dan perlu kamu ketahui, grafis yang semakin tinggi membutuhkan performa CPU dan GPU android yang lebih baik. Bisa saja, ketika fitur ini kamu aktifkan ponsel malah bisa lag atau Hang saat bermain game. Terlebih untuk game yang membutuhkan dapur pacu prosesor yang lebih tinggi dan lebih baru. Layaknya bermain game baru pada ponsel yang sudah lawas.

Beberapa literatur mengatakan, dengan mengaktifkan paksa 2X dapat menambah sekitar 2.0 milidetik lama render/pemrosesan gambar pada game. Untuk paksa 4X MSAA membuat render menjadi 7.0 milidetik lebih lama. padahal semakin cepat render, maka semakin lancar game (fps lebih tinggi). Ini mungkin alasan untuk tidak mengaktifkannya.

Adapun alasan tidak perlu mengaktifkan force 4X MSAA lain adalah karena layar ponsel masa kini sudah cukup beresolusi tinggi. Resolusi tinggi pada layar android akan dapat menghilangkan blur/kotak-kotak pada garis tepi grafik game. Selain itu, dapat membuat baterai lebih awet dan pastinya konsekuensinya grafis sedikit di bawah yang mengaktifkan fitur ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *