Mengatasi Delay Touch Poco M3

  • 3 min read
  • Apr 20, 2021
delay touch poco m3

Delay Touch Poco M3 dirasakan oleh bisa dibilang banyak pengguna. Namun ada yang spesial dari ketukan yang berhubungan dengan layar. Kejadian ini Delay Touch hampir sama seperti pada Redmi Note 8 dan Poco F1. Bagaimana Delay yang terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Delay Touch Poco M3

Seri ponsel yang terkenal killer pada low – mid range ini memang banyak dipinang oleh pengguna. Karena spesifikasi dan harga yang ditawarkan gak tanggung-tanggung. Baterai 6000 mAh layar Full HD dan prosesor Snapnaga membuatnya menarik untuk dibeli.

Pada dasarnya setiap ponsel memiliki kelemahan tersendiri salah satunya adalah Delay Touch. Ada juga yang mengalami Bug Multitouch pada produk Realme misalnya.

Poco M3 mengalami Delay Touch atau sentuhan layar tidak responsif dirasakan pengguna. Khusus pada bagian pojok-pojok layar. Yang paling sering adalah bagian pojok bagian bawah kanan maupun kiri. Touch tidak responsif bervariasi dibagian bawah kanan maupun kiri.

posisi touch poco m3 tidak responsif

Masalah ini berhubungan dengan penggunaan keyboard untuk mengetik. Pada saat mengetik, tombol keyboard paling bawah yaitu tombol enter dan tombol simbol tidak responsif ketika ditekan. Ditekan satu kali, namun Delay beberapa detik baru bisa tersentuh dan terpilih.

Masalahnya hanya itu saja sih, pada penggunaan game sepertinya tidak terlalu berpengaruh (pada sebagian user). Lalu bagaimana cara mengatasi Delay Touch Poco M3 ini ?

Cara Mengatasi Delay Touch Poco M3

Karena hanya bermasalah pada bagian pojok atau beberapa tombol keyboard untuk mengetik, ada beberapa pengguna yang mungkin tidak terlalu menghiraukan.

Pada Redmi Note 8 dan Poco F1 yang mengalami Delay Touch pada tempat yang sama bisa sembuh dengan mematikan fungsi Tangkapan Layar dengan 3 jari. Cara ini juga bisa kamu terapkan pada ponsel Poco M3, matikan dengan:

  • Buka Setelan
  • Setelan Tambahan
  • Pintasan Tombol Dan Gestur
  • Ambil Screenshot
  • Jangan pilih Geser Ke Bawah Dgn 3 Jari

Beberapa diantaranya juga dapat memperbaiki Delay Touch Poco M3 pada bagian pojok bawah layar ini dengan:

Perbarui Perangkat Lunak

Poco M3 hadir dengan MIUI 12 dan mendapat pembaruan sampai ke yang paling baru sejak artikel ini dirilis adalah MIUI 12.0.7 sebagai pembaruan keamanan.

Cek pembaruan bisa kamu buka di Setelan -Tentang Telepon – Klik Perbarui pada Gambar MIUI 12. Pembaruan software yang dilakukan ini, pada beberapa pengguna merasakan dapat menyembuhkan Delay Touch layar bagian bawah menjadi normal.

Cara ini tidak mutlak dapat menyembuhkan fungsi Touch yang kurang responsif di Poco M3. Ada yang setelah update masih mengalami kendala yang sama.

Mengatur Keyboard

Keyboard Paling Tinggi

Karena belum bisa fix, sebagian pengguna memilih untuk mengatur ketinggian Keyboard. Menggunakan keyboard Google, mengubah melalui:

  • Setelan
  • Setelan Tambahan
  • Bahasa & Masukan
  • Atur Keyboard
  • Pada Gboard
  • Pilih Preferensi
  • Ketinggian Keyboard
  • Pilih menjadi Ekstra Tinggi dengan menggeser ke kanan

Dengan mengubah keyboard menjadi sangat tinggi, ini dapat mengatasi Delay Touch Poco M3 pada tombol enter dan simbol. Kotak atau wilayah ketuk keyboard akan membesar dan tidak terlalu kecil di bagian pojok. Ini akan memudahkan mengetik simbol maupun enter.

Kelemahannya adalah tampilan keyboard yang cukup tinggi akan membuat papan ketik memakan cukup banyak ruang. Hal ini tidak terlalu bermasalah karena layar Poco M3 cukup tinggi juga. Meskipun akan ada elemen yang tertutup lebih banyak dari biasanya.

Menggunakan Mode 1 Tangan Pada Keyboard

Pada pengaturan Keyboard Google yang sama di atas pilih Mode Satu Tangan dan tentukan Mode Tangan Kanan atau Kiri sesuai keinginan kamu. Keyboard akan diubah menjadi lebih kecil dan digunakan 1 tangan saja. Posisi keyboard akan menjadi lebih tinggi dan tidak mentok di bagian bawah.

Jadi saat kamu mengetik, tidak ada bagian di paling pojok yang tertekan. Menghindari area yang bakal terjadi Delay Touch dapat diatasi dengan hal ini.

Menggunakan Keyboard Microsoft

Karena keyboard ini bisa mengatur ketinggian keyboard sesuka hati. Tidak hanya memperbesar area simbol dan enter namun juga dapat meninggikan posisinya dari default/bawah.

solusi delay keyboard poco m3

Penutup Dan Info Tambahan

Delay Touch Poco M3 juga dialami pada ponsel admin Redmi 4X waktu masih pertama kali keluar. Hampir sama di bagian pojok juga hanya saat mengetik. Tetapi agak lucu saat mengetik saja, untuk penggunaan layar landscape Gaming tidak ada masalah. di bagian layarnya.

Hingga muncul update versi Marshmallow untuk ponsel tersebut, Delay Touch tidak lagi dirasakan. Kamu mungkin perlu menunggu pembaruan untuk Poco M3 sampai pada fix layarnya bisa normal dan tidak ada masalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *