Cara Cek Kesehatan Baterai Infinix Mudah

  • Droidinside
  • Mei 13, 2022

Ada fitur cek kesehatan baterai Infinix yang mirip seperti iOS. Fitur ini sangat berguna untuk mengetahui berapa persen kesehatan baterai ponsel kamu. Hingga kita bisa mengetahui saran penggantian baterai apakah harus segera dilakukan atau tidak. Tentunya semakin lama kita menggunakan ponsel, maka akan terjadi penurunan kesehatan baterai. Maka dari itu, penting sih untuk melakukan pengecekan ini. Khusus di hp Infinix, Droidinside bakal berikan penjelasannya.

Fitur Cek Kesehatan Baterai Infinix

Ponsel Infinix punya satu aplikasi yang sering dianggap spam sama penggunanya. Emang bener sih, soalnya gak jarang aplikasi ini memunculkan iklan. Namanya adalah aplikasi Phone Master. Layaknya sebuah asisten aplikasi yang berfungsi untuk memberikan info terbaru soal sistem di hp. Aplikasi ini selain berfungsi untuk memunculkan penggunaan data ponsel Infinix, tapi juga bisa memberikan gambaran persentase kesehatan baterai.

Selain menggunakan aplikasi bawaan hp Infinix, ada juga aplikasi pihak ketiga untuk mengecek kesehatan baterai ponsel android. Tapi dengan adanya fitur bawaan ini kamu gak perlu lagi nambah aplikasi lagi. Cukup menggunakan yang ada. Lalu bagaimana cara cek apakah baterai masih sehat atau tidak di hp Infinix kita?

Cara Cek Kesehatan Baterai Infinix

Seperti yang udah ditulis, ada dua jalan setidaknya. Satu pake fitur bawaan hp Infinix via Phone Master. Satu lagi pake aplikasi pihak ketiga yang bisa diinstal dari Play Store. Berikut informasi lengkapnya:

Menggunakan Phone Master

Pada aplikasi bawaan Infinix yang sedikit menjengkelkan ini, ada fitur tambahan yaitu untuk mengecek kesehatan baterai. Kebanyakan ponsel Infinix keluaran tahun 2020 dan lebih baru punya fitur ini di ponsel mereka. Dengan sistem operasi Android 10 dan lebih baru, fitur ini bisa kamu cek di Phone Master. Langkah untuk mengeceknya adalah:

  • Buka aplikasi Phone Master, bisa dibuka dengan usap layar dari bawah ke tengah untuk membuka app drawer/memunculkan semua aplikasi kemudian pilih aplikasi tersebut
  • Setelah Phone Master dibuka, geser layar ke atas
  • Pilih menu Kesehatan Bateri (berada pada menu paling bawah sebelah kanan)
  • Kesehatan Baterai hp Infinix kamu akan muncul disitu
cara cek kesehatan baterai infinix

Apabila menu cek kesehatan baterai Infinix tersebut tidak tersedia di Phone Master. Maka kamu bisa memperbarui aplikasi Phone Master terlebih dahulu. Buka Play Store, kemudian klik bagian atas lalu cari Phone Master. Update/perbarui aplikasi bawaan ponsel Infinix tersebut untuk mendapatkan fitur baru untuk cek kesehatan baterai. Bisa juga dengan update perangkat lunak terlebih dahulu agar fitur tersebut kamu dapatkan di hp.

Menggunakan Aplikasi Accu Battery

Apabila sudah coba update Phone Master bawaan hp Infinix, masih gak ada juga itu menu kesehatan baterai. Maka kamu bisa pake alternatif aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini gak cuma buat cek baterai, tapi juga punya fungsi peringatan pengisian daya. Baterai bisa lebih awet dengan mengikuti aturan batas pengisian. Tapi, yang paling penting cara cek kesehatan baterai Infinix pake aplikasi ini caranya:

  • Buka aplikasi Play Store
  • Klik bagian atas untuk pencarian
  • Ketik: Accu Battery
  • Instal aplikasi Accu Battery
  • Setelah itu, kamu isi daya hp Infinix sampai penuh (100%)
  • Buka aplikasi Accu Battery
  • Gunakan ponsel seperti biasa, hingga berhari-hari
  • Isi daya seperti biasa juga
  • Setelah beberapa hari aplikasi tersebut menganalisis baterai
  • Buka lagi aplikasi Accu Battery
  • Klik menu Kondisi (bawah)
  • Battery Health atau Kesehatan Baterai akan muncul
cek baterai health hp infinix

Cara cek kesehatan baterai Infinix pake aplikasi juga bisa diterapkan di hp lain. Dibutuhkan beberapa hari agar aplikasi Accu Battery menganalisis penggunaan baterai dan pola pengecasan. Barulah muncul persentase kesehatan baterai dari aplikasi. Persentase kesehatan baterai bisa memberitahukan kamu, kalau udah dibawah 60% mungkin ada saran buat segera diganti. Supaya penggunaan ponsel gak terganggu sama semakin sering ngecas.

Penutup

Ada yang mengatakan metode pengecekan kesehatan baterai diatas gak ada yang akurat. Menurut admin tidak ada salahnya untuk mencoba. Balik lagi ke kamu, harus bisa menentukan sendiri apakah baterai hp sudah gak sebaik kayak pertama kali beli dulu. Memang cara-cara diatas tidak seakurat BH (Battery Health) yang ditunjukkan pada produk iOS seperti iPhone. Tapi dengan fitur cek kesehatan baterai Infinix diatas, kamu jadi lebih berhati-hati merawat baterai supaya awet.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.