Cara Merawat Lensa Makro | Droidinside

Cara Merawat Lensa Makro

  • 2 min read
  • Apr 16, 2020
cara merawat lensa makro

Dengan melakukan perawatan yang baik di lensa camera hp maupun lensa makro, kaian bisa mendapatkan hasil yang maksimal saat memotret salah satu objek, lalu bagaimana cara merawat lensa makro atau cara merawat Lensbong yang kamu gunakan untuk object makro.

Lensa Makro adalah lensa yang digunakan untuk memotret objek macro atau objek yang kecil, biasanya lensa macro ini familiar dengan objek hewan kecil seperti semut, kumbang, belalang dll. Tapi fungsinya bukan itu saja lho, lensa ini bisa digunakan untuk objek lainnya, tapi penjelasan diatas hanya penjesalan awam saja.

Setelah kemarin posting seputar makro dari lensbong, aplikasi edit foto makro, nah kali ini tinggal kita mengarah ke perawatan lensa kamera makro, bisa juga kaian sebut cara merawat lensbong atau lensa bongkaran.

Bagaimana caranya mendapatkan Lensbong atau lensa bongkaran? Kalian bisa membeli lensa bekas camera yang rusak lalu memodifikasinya sendiri agar bisa dipasang atau digabungkan di camera ponsel, atau jika tidak ingin ribet kalian bisa membelinya langsung di Online Shop tanpa harus bongkar dan modifikasi

Kisaran harga lensbong dari yang paling murah kaian bisa membeli paket fisheye di asesoris hp terdekat di rumahmu seharga kurang lebih 10rb-15rb , atau bisa juga dibeli di toko online. Harga kedua adalah Lensbong Extreme Jepit seharga 50-70rb di toko online, dan yang paling rekomendasi adalah harga di kisaran 150-170rb karena lensanya sudah besar, jadi kalian bisa explore lagi jika sudah mahir.

Untuk pemula disarankan membeli fisheye dulu atau yang harga 50-70rb dulu, nanti tinggal kamu kreasikan sesuai dengan hobi kamu.

cara merawat lensa makro

Cara Merawat Lensa Makro

Cara merawat Lensbong sama seperti merawat lensa kamera lainnya,hanya saja cara merawat lensa Macro kali ini mengarah ke pemula, jadi hanya cara merawat dan membersikan lensa kamera saja.

  1. Pertama bersihkan lensa kamera mackro dengan kapas atau kain yang halus,  kaaian bisa menggunakan kain halus yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata.
  2. Jikalau masih belum bersih juga atau pembersihakn belum optimal, silahkan gunakan dengan pembersih Lensa atau kalian juga bisa menggunakan pembersih LCD. Usahakan jangan langsung di semprotkan ke lensa, tapi semprotkan ke kain yang bersih lalu usapkan ke kamera.
  3. Jika sudah bersih silahkan gunakan lensa untuk potret objek makro dan setelah kamu selesai menggunakannya, bungkus kembali Lensa makro tersebut supaya tidak terkena debu saat kaian menggunakannya lagi, usahakan pula jangan disimpan di tempat yang lembab, untuk menghindari lensa berjamur.
  4. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar!