2 Cara Melihat Password WiFi Yang Sudah Terhubung Di Android Mudah Dengan Aplikasi | Droidinside

2 Cara Melihat Password WiFi yang Sudah Terhubung di Android Mudah Dengan Aplikasi

  • 3 min read
  • Sep 17, 2020
Cara Melihat Password WiFi yang Sudah Terhubung

Mungkin banyak dari kamu yang penasaran bagaimana cara melihat password wifi yang sudah terhubung sebelumnya di Android kamu bukan. Masih banyak yang belum mengetahui bahwasanya wifi berproteksi yang sudah pernah terhubung pada Android kita, maka password dari wifi tersebut akan disimpan oleh sistem.

Dengan begitu nantinya apabila kamu berada diarea wifi tersebut lagi dan kamu menyalakan koneksi wifi pada Android kamu maka, Android akan otomatis menghubungkannya dengan wifi tersebut tanpa perlu memasukan password ulang.

Teknologi Wifi sudah mencapai pada Wifi 5 Ghz. Kamu perlu tahu karena teknologi ini memberikan kamu kecepatan transfer data yang lebih tinggi ketimbang Wifi generasi sebelumnya. Namun tetap sama, keamanan wifi masih menggunakan metode password yang disimpan pada masing-masing perangkat terhubung.

Cara Melihat Password WiFi yang Sudah Terhubung

Terkadang kita lupa password sebuah wifi. Untuk itu, cara melihat password wifi yang sudah terhubung pada Android, ada beberapa langkah yang dibutuhkan yakni sebagai berikut.

1. Melalui Admin Router

Jika pemilik dari wifi itu merupakan kamu sendiri, maka kamu bisa mengetahui password dari wifi dengan cara mengakses router menggunakan android kamu yang sedang terhubung wifi. Dengan begitu kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk menghidupkan desktop kamu untuk mencek password wifi atau melihat password dibagian bawah router atau membuka catatan kamu, karena kamu bisa menceknya langung menggunakan Android kamu yakni dengan cara

  • Membuka browser pada android kamu
  • Pastikan Android sudah terhubung dengan wifi yang ingin kamu ketahui passwordnya
  • Setelah itu pada halaman browser buka alamat ini 168.1.1
  • Kemudian tinggal kamu isi id dan pasword dari router milik kamu, biasanya jika halaman akses router tidak diubah maka id dan password dari router tersebut yakni admin
  • Setelah itu tinggal kamu cari pada menu bagian pengaturan SSID atau pengaturan lainnya yang memuat informasi dari proteksi wifi tersebut.

Untuk alamat halaman router sendiri bisa berbeda-beda jika alamat diatas tidak bisa kamu bisa mencoba alamat lainnya yakni 192.168.0.1 atau 192.168.2.1

2. Menggunakan Aplikasi Wifi Router Settings (Leon Zhang)

Cara berikutnya akan lebih berguna jika wifi yang ingin kamu cek passwordnya merupakan wifi orang lain yang sudah pernah terhubung dengan Android kamu. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa dengan mudah mengetahui password dari wifi tersebut, caranya yakni

  • Mendownload dan menginstal aplikasi ini terlebih dahulu di Android kamu
  • Pastikan Android sudah terhubung dengan wifi yang ingin kamu ketahui passwordnya
  • Kemudian buka aplikasi yang sudah terdownload dan terinstal
  • Lalu pada aplikasi buka menu Router Settings
  • Tinggal kamu cek aja password dari wifi tersebut pada bagian kolom password disana

Android memiliki sistem keamanan yang cukup mumpuni. Bahkan hanya untuk melihat password wifi yang sudah terhubung saja kamu tidak diperbolehkan. Kalaupun kamu membuka di pengaturan – Wifi dan memilih nama wifi yang tersedia. Hal tersebut tidak akan menunjukkan password wifi yang terhubung.

Kamu malah hanya diijinkan untuk mengganti password pada wifi terhubung tersebut. Ini malah bisa-bisa membuat wifi tidak dapat tersambung lagi karena kesalahan sandi. Intinya kata sandi hanya akan digunakan sekali saja setelah tersambung. Hal ini yang menjadi penyebab utama beberapa ponsel android gagal menghubungkan ulang ke wifi yang telah berubah password. Karena tidak ada informasi untuk mengubah kata sandi dari sistem.

Penutup

Gimana mudah bukan, dengan cara diatas kamu bisa tahu cara melihat password wifi yang sudah terhubung di Android kamu dengan mudah. Dengan begitu kamu bisa menghubungkan wifi dengan perangkat lainnya yang kamu miliki karena kamu sudah mengetahui password dari wifi tersebut. Cara diatas akan sangat berguna terlebih jika kamu pelupa atau ketika kamu lagi ngumpul bareng teman untuk main bareng.

Lalu apakah ada cara lain lagi untuk dapat mengetahui password tersimpan pada android ? Sebenarnya ada, namun cara dibawah ini kurang direkomendasikan. Admin berikan informasinya saja dibawah ini.

Memberi Akses Root

Salah satu cara melihat password wifi yang sudah terhubung adalah memberikan hak akses ke penyimpanan sistem. Jika ini sudah dilakukan, maka hanya dengan membuka folder “etc-data-misc-Wifi”. Pada file wifi tersebut ketika dibuka dengan notepad atau Html viewer akan menunjukkan nama Wifi dan Password.

Untuk akses root sebenarnya tidak disarankan, karena membuka akses ke dalam sistem dapat membahayakan data pengguna dan keamanan sistem.

Tinggalkan Komentar!