Cara Download Subtitle Indonesia Mudah

  • Droidinside
  • Des 31, 2021

Droidinside berbagi cara download subtitle Indonesia untuk film yang ingin kamu tonton. Subtitle merupakan tulisan di bagian bawah layar yang tampil saat menonton film. Subtitle bahasa Indonesia dibutuhkan jika film berbahasa Inggris atau bahasa luar negeri agar kita ngerti apa yang diomongin para pemain.

Subtitle/alih bahasa merupakan sebuah file yang ditonton bersamaan dengan sebuah film, berisi tulisan atau teks terjemahan. Tentunya teks didalamnya memuat bahasa yang dituju untuk yang melihat film agar dimengerti. Ada berbagai situs untuk mengunduh file subtitle bahasa Indonesia dan bahasa lainnya. Sebelum melakukan cara download subtitle Indonesia, simak dulu berbagai sumber tempat mengunduhnya.

Tempat Download Subtitle Indonesia

Berikut ini beberapa situs yang bisa kamu gunakan untuk mengunduh berbagai subtitle, utamanya berbahasa Indonesia. Tersedia juga untuk bahasa lain dan juga menyesuaikan format film yang kamu miliki.

1. Subscene

Tempat download subtitle ini adalah yang paling lengkap dicintai semua penonton film, dimana kamu bisa mencari dalam bahasa manapun. Biasanya film yang belum berkualitas baik sudah tersedia subtitlenya disini. Cari kata “Subscene” di Google untuk bisa membukanya. Karena situs ini sering berganti nama. Pastikan gunakan DNS atau VPN untuk mengaksesnya (subscene.com atau subscene.icu).

2. iSubtitle.org

Film Hollywood dan serial televisi lebih banyak tersedia di tempat ini. Subtitle bahasa Indonesia tersedia disini juga. Meskipun begitu untuk film belum terlalu lengkap.

3. Subs.dog

Disini lengkap juga databasenya untuk film-film yang terkenal maupun kurang terkenal. Hanya saja iklan pop up perlu ditutup beberapa kali ketika kamu ingin melakukan pencarian subtitle. Meskipun cukup lengkap, subtitle disini masih kurang update dibandingkan Subscene.

4. Subdl.com

Tersedia subtitle bahasa Indonesia juga, namun kurang lengkap. Disini juga tidak menunjukkan jenis/kualitas untuk film tertentu, tapi sebagian ada.

5. Idfl.info

Disini sebenarnya lebih mudah untuk mencari subtitle dengan film yang kamu ingin tonton. Situs berbentuk forum ini menyediakan URL untuk mengunduh film dan juga subtitle bahasa Indonesia-nya. Hanya saja kamu perlu mencari pada Thread Subtitle Movies. Kalau melakukan pencarian langsung, kamu harus bikin akun lalu login terlebih dahulu. Subtitle akan diarahkan ke Subscene.

6. Opensubtitle.info

Bisa jadi alternatif dari situs Subscene. Karena bisa diakses tanpa VPN/DNS (untuk provider tertentu) dan update serta mencantumkan jenis film. Cara download subtitle bahasa Indonesia disini gak beda jauh sama Subscene.

7. Lainnya

  • Elsubtitle.com
  • Ytsubtitles.com
  • Yts-subs.com
  • Islandsubs.com (khusus serial TV Korea dan Asia)

Cara Download Subtitle Indonesia

Setelah mengetahui berbagai tempat untuk mendownload subtitle diatas. Selanjutnya adalah cara dalam mengunduhnya. Direkomendasikan untuk menggunakan DNS, VPN, atau Proxy. Karena banyak situs subtitle diblokir oleh pemerintah. Langkahnya (admin menggunakan situs Subscene sebagai contoh):

  • Buka aplikasi Chrome di ponsel kamu
  • Setel DNS pada Chrome menggunakan Cloudflare
  • Setelah selesai, masukkan salah satu alamat di atas pada kotak pencarian (Subscene.com) Chrome bagian atas
  • Masukkan judul film dibagian kotak pencarian situs (biasanya terlihat)
  • Tekan enter pada keyboard atau tombol search pada situs
  • Pilih judul yang sesuai
  • Klik 3 titik pojok kanan atas Chrome
  • Pilih Cari
  • Ketikkan Indonesian, daftar bahasa Indonesia ada di sebelahnya
  • Pilih jenis, kualitas, enkode, sumber situs sesuai film yang kamu miliki
  • Klik Download Indonesian Subtitle
  • File berbentuk ZIP dan perlu diekstrak (misalkan dengan ZArchiver)
cara download subtitle indonesia subscene

Tips Dalam Cara Download Subtitle Indonesia

Sebaiknya kamu ingat saat mengunduh film pada sebuah situs. Karena disana akan memuat jenis, kualitas, enkode, dan sumber situs. Ini akan dicocokan pada Subscene (atau penyedia subtitle lain), jika sudah sesuai memuat informasi film cara download subtitle Indonesia bisa diterapkan. Karena kalau tidak cocok, tulisan akan terlalu cepet atau terlalu lambat alias tidak sesuai dengan karakter film yang lagi ngomong.

Jadi, cara download subtitle Indonesia gak bisa sembarangan. Harus disesuaikan dengan kualitas. Sesuaikan HDTS (jenis), x256 (kualitas), durasi, No Ads, Pahe (sumber situs). Bisa juga melihat keterangan di bagian samping (untuk situs Subscene) terkait film yang cocok dengan subtitle tersebut.

Penutup

Itulah cara download subtitle Indonesia bisa dari komputer atau hp sendiri . Kalau ternyata film gak ada keterangan kualitasnya, download satu persatu lalu dicoba dipasang. Mana yang paling pas berarti yang sesuai. Sebagai tambahan informasi, baca dibawah ini.

Jenis Subtitle

Untuk mengetahui lebih dalam tentang subtitle sebelum kamu mendownloadnya. Pahami dahulu beberapa jenis subtitle yang sering digunakan dalam film-film.

Hardsub

Jenis subtitle ini sudah menempel jadi satu dengan video/film. Karena telah menjadi satu, tulisan atau bahasa-nya tidak dapat diganti. Tulisan yang muncul merupakan bagian dari video yang permanen. Jadi ketika kamu mengunduh subtitle untuk sebuah video, tulisan yang menempel tidak akan bisa tergantikan. Malah subtitle hasil unduh ditumpuk diatas tulisan Hardsub. Umumnya jenis subtitle ini tidak bisa ditambahkan. Jadi download subtitle Indonesia untuk jenis film ini malah membuat nonton kurang nyaman.

Softsub Dan Parendred

Kita akan menggunakan jenis file ini dalam cara download subtitle Indonesia. Film dengan subtitle ini bisa diganti secara fleksibel. Umumnya berbahasa Inggris videonya, namun bisa kita masukkan subtitle bahasa lain. Tulisan subtitle bawaan akan terganti dengan yang baru/kita masukkan tersebut. Tulisan tidak akan menumpuk seperti Hardsub. Jenis file ini umumnya berekstensi: .srt, .ass, .sun dan sejenisnya. Untuk jenis Parendred biasa digunakan pada DVD dan Blu-Ray.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.