3 Cara Cek Garansi Samsung Dengan Mudah (Online) | Droidinside

3 Cara Cek Garansi Samsung Dengan Mudah (Online)

  • 3 min read
  • Feb 23, 2021
cek garansi samsung

Cukup bingung untuk cek garansi Samsung, soalnya admin cek di situs resminya malah muter-muter sendiri. Beda dengan pengecekan garansi Xiaomi yang disediakan secara langsung di webnya. Bahkan tanpa embel-embel harus ngapain, tinggal masukin IMEI dan selesai. Tapi perlu diingat juga, masa garansi Samsung adalah 1 tahun (12 bulan) terhitung sejak pembelian ponsel.

Berbeda dengan Samsung yang memberikan sentuhan berbeda untuk penggunanya dalam pengecekan garansi. Setidaknya kamu harus bikin akun Samsung terlebih dahulu kemudian memverifikasi ponsel kamu. Baru kemudian bisa mengecek garansi di dalam layanan tersebut. Sebenarnya ada untungnya juga sih, jika prosedur itu kamu jalankan bakalan dapat layanan Janji Layanan Perbaikan. Artinya bisa janjian untuk service center terdekat di tempat kamu, tanpa perlu nunggu ketika datang bisa langsung sesuai janji.

Tetapi ada sisi ribetnya, kamu masih perlu melakukan pendaftaran akun di laman https://www.samsung.com/id/support/your-service/main/. Ini akan ribet lagi apabila ada orang yang niat jual Hp Samsungnya. Kamu yang ingin membelinya, perlu juga cek garansi dong. Tentunya malah ribet karena tidak bisa langsung cek dengan mudah dalam waktu yang singkat (misal lagi COD an).

Untuk itu kamu perlu cek garansi Samsung dengan beberapa metode yang lebih mudah. Dilakukan secara online dan tidak melalui proses registrasi.

Cara Cek Garansi Samsung

Sebelum mengetahui proses pengecekan masa garansi Samsung, kamu perlu tahu nomor IMEI Hp yang ingin di cek. Karena ini merupakan salah satu jenis pengenal yang dapat digunakan. Untuk menemukan nomor IMEI dapat dengan:

  • Buka papan panggilan atau telepon. Ketukan *#06# (sebuah kode standar untuk pengecekan IMEI semua ponsel)
  • Atau bisa dengan membuka Pengaturan – Tentang Ponsel – Temukan IMEI pertama
  • Bisa dengan mengecek dusbook bagian belakang atau kertas-kertas di dalamnya

Setelah mengetahui IMEI, catat nomor tersebut (kan gak mungkin ngapalin juga kayaknya). Nomor ini bakalan dimasukkan ke situs web untuk pengecekan IMEI.

1. Cek Garansi Online

Ada berbagai situs yang menyediakan pencegecekan garansi seperti samsungwarrantycheck.com, imei24.com, imeipro.info dan lain sebagainya. Perlu diketahui, situs pengecekan garansi Samsung ini tidak terafiliasi dengan Samsung. Sehingga kamu perlu berhati-hati dan memastikan mempercayakan data ke situs tersebut.

Admin menyarankan situs imei.info saja, meskipun tidak terafiliasi dengan Samsung sekalipun. Akan tetapi informasi yang lebih lengkap bisa kamu dapatkan dari situs tersebut. Langkah cek garansi Samsung yaitu:

  • Buka imei.info dari Chrome ponsel atau browser komputer kamu
  • Masukkan nomor IMEI SIM 1 (nomor IMEI pertama pada situs tersebut) pada Enter IMEI
  • Centang pada I’m not a robot (masukan gambar captcha yang sesuai) hingga centang hijau
  • Klik CHECK
  • Geser ke bawah, temukan dan klik Check SN/ WARRANTY/CARRIER
  • Geser lagi kebawah lalu tekan Check SN & WARRANTY & CARRIER
  • Tunggu beberapa saat
  • Cek pada Estimated Warranty End Date
  • Tanggal tersebut menunjukkan hari terakhir garansi pada ponsel
    cara cek garansi Samsung online

2. Cek Garansi Dengan Menghubungi Call Center Resmi

Apabila kamu kurang percaya dengan cara cek garansi Samsung diatas (karena memang tidak resmi), bisa menghubungi saluran terpercaya. Kontak yang bisa dihubungi adalah:

  • Live Chat kami tersedia 24 Jam di link http://livechat.support.samsung.com/Customer_new/ID
  • Whatsapp: 0818-02155777 (24 jam termasuk hari libur nasional)
  • Telepon: 0800-112-7777 (24 jam mobile device)

Biasanya dengan menghubungi nomor tersebut akan ditanyakan Nama, produk, dan nomor telepon untuk melanjutkan. Bisa dengan bertanya untuk cek garansi Samsung kamu. Siapkan juga nomor IMEI ponsel Samsung yang akan dicek.

3. Datang Langsung Ke Service Center

Lokasi tiap tempat servis resmi bisa kamu cek di https://www.samsung.com/id/support/service-center/ temukan dan datang saja. Biasanya sih, kalau memang ada kerusakan pada ponsel yang masih tergolong baru untuk menggaransikan dengan datang langsung ke Service Center terdekat di kota.

Penutup

Alasan situs imei.info yang admin rekomendasikan adalah cukup bagus dan aktif. Berbeda dengan situs lain sejenis yang bisa mengetahui atau cek garansi Samsung. Tetapi beberapa diantaranya tidak dapat mengecek IMEI ponsel Samsung yang sudah lawas. Jadi databasenya tidak lengkap dan mungkin kurang update. Contoh Samsung Galaxy A70 diatas, IMEI-nya admin cek di samsungwarrantycheck.com tidak tersedia pada database.

Situs tersebut bisa juga kok digunakan untuk melakukan pengecekan garansi ponsel selain Samsung. Lebih simpelnya lagi, ingat-ingat aja bulan pembelian ponsel. Tambahin waktu 1 tahun dari bulan pembelian, jadi itu adalah jangka waktu garansi untuk ponsel tersebut.

Tinggalkan Komentar!