Cara Cek Garansi Oppo Mudah

  • 3 min read
  • Des 18, 2020

Oppo merupakan sebuah brand yang gak kalah juga dalam pelayanan purna jualnya. Dengan cara cek garansi Oppo kamu bisa menikmati berbagai pengalaman terkait perbaikan ponsel tersebut.

Brand dibawah BBK Group ini tidak bisa diremehkan begitu saja dalam hal penjualan. Dengan Market Share yang beberapa kali pernah direbutnya, penjualan produk ponsel pintar ini paling banyak. Jika kita melihat pusat pemasaran ponsel, pasti selalu nangkring dimanapun itu Brand besar Oppo ini.

Tidak hanya handal dalam penjualan dan strategi marketing yang dinilai masif. Layanan after marketnya juga sangat bagus. Pihak Oppo biasanya akan memberikan garansi dan pelayanan selama 1 tahun sejak produk dibeli. Seperti garansi Xiaomi juga, yang bahkan bisa lebih.

Tentunya garansi ini ditujukkan untuk ponsel yang mengalami kerusakan disebabkan oleh bawaan pabrik, bukan karena penggunaan. Apabila ada hal mengganjal pada ponsel Oppo kamu dalam jangka waktu 1 tahun setelah pembelian. Kamu perlu tahu cara cek garansi Oppo dengan cara dibawah ini.

Cara Cek Garansi Oppo

Umumnya kita bisa menghitung saja secara manual, waktu 12 bulan setelah pembelian produk. Atau dengan cara yang cukup mudah yaitu melalui IMEI yang tertera pada ponsel. Lalu dimasukkan ke Web resmi.

Cek IMEI Dan Mencatat/Menyalin

Pertama kamu bisa cek IMEI pada ponsel dengan membuka papan panggilan. Lalu ketikan *#06#. Disana akan muncul nomor registrasi ponsel Oppo kamu. Untuk pengecekan IMEI agar bisa di salin buka Pengaturan – Tentang Ponsel – Status -IMEI. Klik pada IMEI maka akan disalin secara otomatis oleh sistem.

Cara cek garansi Oppo menggunakan informasi IMEI ini. Gunakan IMEI 1 untuk pengecekannya. Sebenarnya juga bisa menggunakan IMEI 2 tetapi kadang hasilnya kurang memuaskan.

Cek Garansi Melalui Web Resmi

  • Buka Browser ponsel kamu, bisa Chrome atau bawaan
  • Buka https://support.oppo.com/id/warranty-check/ , bisa juga dengan Googling dengan kata kunci cara cek garansi Oppo
  • Masukkan nomor IMEI 1 dari hasil pencatatan, atau tekan dan tahan lalu Tempel
  • Masukkan kode verifikasi (klik refresh jika kode tidak muncul)
  • Klik Periksa Sekarang
    mengetahui masa garansi hp oppo

Proses pengecekan garansi memerlukan akses javascript untuk memunculkan kode verifikasi. Jika kamu mengakses dengan browser seperti UC Mini kemungkinan kode tidak muncul.

Rincian informasi yang kamu dapat antara lain Model Produk, Nomor IMEI, dan Tanggal Kadaluarsa. Artinya tanggal dimana masa garansi telah hangus.

Masa Garansi Untuk Apa ?

Jika memang ponsel Oppo kamu tidak ada keluhan sama sekali pada masa garansi ya tentu itu bagus. Ketika ada kesalahan dalam ponsel seperti mati sendiri, sangat panas dalam kondisi tidak wajar, masalah baterai atau terdapat kesalahan yang bukan dari pengguna. Tepat sekali jika kamu membawa ponsel kamu pada masa garansi ke gerai servis resmi.

Pastikan ponsel masih dalam keadaan baik dan tidak ada hal akibat kesalahan pengguna seperti LCD pecah atau terendam air. Hebatnya, di service center Oppo kamu bisa melakukan pembenahan software secara gratis pada masa garansi.

Misalnya ada masalah software setelah update seperti pada Vivo Z1 Pro yang mendapat pembaruan Android 10. Setelah melakukan pembaruan kok baterai menjadi boros, suhu ponsel meninggi tidak wajar, atau masalah lainnya. Kamu bisa melakukan Downgrade Versi OS atau menurunkan versi android secara gratis di pusat servis Oppo. Gimana nggak nyaman banget pakai ponsel Oppo ?

downgrade oppo f9 android 10

Karena beberapa masalah setelah pembaruan bisa diselesaikan dengan mengembalikan ke versi semula. Bawa ponsel Oppo, kardus, surat dan nota pembelian ponsel ke service center Oppo untuk persyaratannya. Selain proses Downgrade OS syarat ini untuk klaim garansi yang lain. Untuk itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui cara cek garansi Oppo.

Penutup

Proses klaim garansi mungkin akan lebih mudah atau lebih sulit. Tergantung bagaimana SOP yang diterapkan tiap tempat tersebut. Ada tempat yang mengharuskan kondisi ponsel sangat baik untuk klaim garansi, namun ada yang kebalikannya.

Kabar baiknya selain untuk cara cek garansi Oppo dan klaimnya, kamu bisa melakukan klaim garansi ponsel Realme di tempat yang sama. Karena kerjasama BBK Group cukup baik hal ini bisa dilakukan. Termasuk juga downgrade versi OS ponsel Realme bisa dilakukan juga di service center Oppo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *