Mengatasi Bug Restart Xiaomi Redmi 9 Series

  • 3 min read
  • Jun 10, 2021
bug restart xiaomi redmi 9 series

Apakah kamu sudah tahu Bug Restart Xiaomi Redmi 9 series? Ini merupakan sebuah masalah yang bikin ribet dan harus menunggu. Droidinside mau ngasih tahu nih, berbagai pengalaman menggunakan ponsel Xiaomi generasi ke 9 ini. Termasuk penyebab masalah dan sedikit solusi yang bisa kamu terapkan.

Bug Restart Xiaomi Redmi 9 Series

Bug ini ditandai ketika kamu mencoba menghidupkan ulang ponsel Xiaomi. Animasi restart biasanya kan layar mati kemudian diikuti tulisan Redmi. Dalam waktu yang tidak lama seharusnya terdapat logo android dibagian bawah layar. Disusul 3 titik warna putih yang berjalan menandakan ponsel akan masuk ke layar utama.

Namun tidak dengan bug yang terjadi. Ponsel terus menerus berada di logo Redmi dan dalam beberapa detik berkedip dan terus berulang. Bahkan logo Redmi ini terus muncul berulang sampai belasan kali baru kemudian secara otomatis ke layar utama. Orang awam mungkin menganggap bahwa ponsel Redmi Seri ke 9 ini mengalami Bootloop atau bahkan Softbrick.

Gejala Bug yang lainnya adalah ketika ponsel Restart atau dihidupkan ulang tiba-tiba masuk ke Recovery Mode. Seperti halnya setelah mengganti Layar Terkecil ke angka yang tidak masuk akal membuatnya menjadi Bootloop.

Setelah masuk ke Recovery Mode, kemudian memilih Reboot. Ponsel memang akan dihidupkan ulang. Namun biasanya Bug Restart Xiaomi Redmi 9 ini membuatnya kembali mengulang ke Logo Redmi atau masuk ke Recovery Mode lagi. Sungguh Bug yang cukup membuat kesal.

Hal ini membuat jengkel penggunanya karena harus menunggu atau melakukan Reboot di Recovery Mode. Gak cuma Redmi 9, ini juga terjadi di Redmi Note 9 dan versi Pro juga (sebagian) Untuk mengatasi Bug Restart Xiaomi Redmi 9 ini apa saja yang harus kamu lakukan?

Cara Mengatasi Bug Restart Xiaomi Redmi 9 Series

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan berdasarkan pengalaman admin agar bisa kembali seperti semula. Sebenarnya tanpa melakukan apapun ponsel Redmi seri ke 9 ini bisa hidup sendiri, namun harus menunggu atau melakukan Reboot berkali-kali sampai ponsel kembali ke layar utama.

Namun menunggu adalah sesuatu yang membosankan dan kurang produktif. Jadi beberapa solusinya:

1. Menekan Tombol Recovery Di Saat Yang Tepat

Sesuai dengan pengalaman admin, saat ada tanda-tanda Logo Redmi terus berulang dan Logo Android di bagian bawah tidak segera muncul lakukan hal ini:

  • Saat muncul Logo Redmi
  • Tekan tombol Power + Volume Bawah selama 3 detik
  • Pastikan tepat saat logo tersebut muncul dan hitung selama 3 detik

Kasus yang admin alami di Redmi Note 9 bisa mempercepat proses Booting ke layar utama. Jadi ketika Logo Redmi berulang 2x saat menghidupkan ulang, langsung pakai cara tersebut. Selanjutnya, biasanya setelah menggunakan trik tersebut di Logo Redmi yang muncul selanjutnya, proses menghidupkan ulang menjadi lebih cepat menuju layar utama.

2. Update Software

Bug Restart Xiaomi Redmi 9 Series murni kesalahan software bawaan. Padahal ponsel masih baru dan ketika dihidupkan ulang masalah tersebut muncul. Kamu perlu update ke versi MIUI yang lebih baru. Kejadian Bug ini sering terjadi pada MIUI 12.0.1 dan setelah pengguna update ke versi 12.0.3 sudah tidak pernah ada masalah tersebut. Untuk update nya gampang:

  • Buka Setelan
  • Tentang Telepon
  • Pembaruan Sistem
  • Unduh Pembaruan
  • Instal lalu tunggu proses memperbarui software ini

Banyak pengguna yang setelah update mengatakan masalah teratasi. Namun masih ada yang mengalami masalah ini meskipun sudah memperbarui software.

3. Menjaga Penyimpanan Internal Lega

Setidaknya sisakan 10-15 persen penyimpanan internal ponsel Xiaomi kamu. Biasanya ketika penyimpanan hampir penuh Bug Restart Xiaomi Redmi 9 series muncul. Ini merupakan kelemahan pada sistem. Sebaiknya menggunakan kartu memori eksternal untuk penyimpanan data/foto.

4. Mematikan Fingerprint

Terkhusus untuk ponsel Xiaomi Redmi 9 dengan versi MIUI awal (belum update) dapat mengatasi Bug dengan mematikan pembukaan kunci dengan Sidik Jari. Fungsi ini juga dapat mengatasi Redmi 9 yang mati sendiri karena kesalahan perangkat lunak sistem.

4. Garansikan Atau Ke Service Center

Produk Redmi Seri ke 9 sampai artikel ini dirilis menurut admin masih masuk ke 15 bulan garansi Xiaomi. Bawa ponsel dan kelengkapan seperti dusbook, nota pembelian. Katakan keluhan yang kamu rasakan terkait Bug Restart Xiaomi Redmi 9 Series ke pelayanan.

Kalau ponsel Redmi kamu masih orisinil dan tidak ada cacat penggunaan biasanya bisa diproses. Beberapa ponsel akan di Flash oleh pelayanan resmi sesuai dengan diagnosis penyakit oleh mereka. Sayangnya kamu perlu meluangkan waktu untuk hal ini, sungguh merugikan waktu buat yang sibuk.

Penutup

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi Bug saat memulai ulang ponsel Redmi seri ke 9. Satu cara lagi kamu bisa coba Reset ponsel Xiaomi ke pengaturan pabrik. Semoga bermanfaat dengan sedikit trik dari admin dan jangan panik ketika Bug tersebut muncul. Kuncinya hanya sabar tapi sepertinya tidak bisa hehehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *