Awas Merubah Resolusi Layar Android Bisa Bikin Bootloop

  • 3 min read
  • Des 27, 2020
merubah resolusi layar android

Dengan merubah resolusi layar Android, merupakan salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk tujuan tertentu. Hal ini untuk tujuan tampilan dan bahkan bisa untuk tujuan gaming. Namun proses ini bisa menyebabkan resiko bootloop. Kok bisa ?

[lwptoc]

Manfaat Merubah Resolusi Layar Android

Resolusi layar pada android merupakan sebuah ukuran banyaknya satuan pixel yang ada pada layar. Pada spesifikasi layar, bisa ditemukan pada dusbook hp atau dari web biasanya kamu akan menemukan 2 angka yang dikalikan. Angka ini biasanya juga menunjukkan luas sebuah layar smartphone. Bisa juga dicek menggunakan aplikasi CPU-Z maupun aplikasi sejenis lainnya.

Resolusi layar seperti halnya 720×1280 dan resolusi lainnya, jika semakin tinggi maka akan berpengaruh pada tampilan yang lebih baik kualitasnya. Hal ini juga mengatur besar tampilan untuk menyesuaikan layar pada android.

Merubah resolusi layar android dapat kamu lakukan. Tujuannya adalah mendapatkan manfaat yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari:

Keperluan Bermain Game

Game FreeFire maupun PUBG sebagai game yang sangat mementingkan tampilan. Pada game tersebut kamu bisa mengubah pengaturan untuk mendapatkan hasil layar dan performa yang terbaik untuk android kamu. Game Free Fire dan PUBG bisa lebih lancar, smooth dan enak dimainkan salah satunya dengan merubah resolusi layar android.

Pada beberapa referensi yang memberikan settingan layar untuk kedua game ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman bermain yang lebih baik. Dengan mengubah resolusi layar, maka beberapa masalah saat bermain game FreeFire bisa dihadapi.

Layar Full HD+ yang disematkan pada ponsel keluaran terbaru Xiaomi Redmi 9 misalnya, memberikan pengalaman yang kurang baik soal efisiensi daya. Layar Full HD+ Realme 6 memiliki resolusi 1080×2400 memberikan masalah pada penggunaan baterai yang sedikit lebih boros karena hanya memiliki daya 4300 mAh.

Untuk itu beberapa user yang lebih menyukai efisiensi baterai, merubah resolusi layar android mereka lebih rendah dari biasanya. Ya, meskipun ada konsekuensi pada tampilan yang kurang baik dari sebelumnya. Karena lebih sedikit pixel yang diproses, lebih kecil kerja GPU dan CPU pada android.

Cara Merubah Resolusi Layar Android

Mengubah resolusi layar android dapat menggunakan beberapa metode. Metode Root dan Non Root, bahkan sampai menggunakan komputer dengan ADB/Command Prompt. Namun untuk cara yang ribet tersebut bisa admin jelaskan pada lain waktu.

Secara umum untuk cara aman untuk mengubah resolusi layar android ada 2. Menggunakan pengaturan untuk merubah resolusi dan dengan mengubah DPI pada android:

1. Mengubah Resolusi Layar Android Pada Pengaturan

Saat membuka Pengaturan kemudian pada bagian Tampilan kamu akan menemukan setelan ini. Ada beberapa ponsel android yang bisa mengubah resolusi layar lewat Pengaturan. Cara ini cukup gampang dan tidak akan mempengaruhi sistem.

Selain pada Pengaturan – Tampilan, untuk memperbesar atau memperkecil resolusi kamu bisa mencari pada menu aksesbilitas. Mengecilkan ukuran tampilan akan mengubah resolusi.

Karena pilihan resolusi yang disediakan pada ponsel tersebut dikenali dengan baik oleh sistem. Sehingga cara ini aman dan tidak akan membuat gagal sistem/bootloop seperti cara selanjutnya.

2. Ubah DPI (Dots Per Inchi) Layar Android

Berbeda dengan cara sebelumnya, cara ini memang tidak menggunakan akses root. Kamu hanya perlu mengaktifkan opsi pengembang yang biasanya dengan mengetuk 7x pada nomor bentukan ponsel android.
menaikkan dpi android

Setelah opsi pengembang aktif, bisa kamu cari disana untuk mengubah DPI pada pilihan Lebar Terkecil. Beberapa android memiliki standar Lebar Terkecil 392 DPI (bisa berbeda pada tiap hp). Angka ini bisa kamu ubah sesuai keinginan kamu namun hal ini tidak direkomendasikan.

Dengan memperbesar Lebar Terkecil android, tampilan pada layar android kamu menjadi lebih kecil. Semua tampilan akan diperkecil dari ikon sampai menu.

merubah dpi android

Pada game Free Fire, merubah Lebar Terkecil menjadi lebih besar akan membuat tampilan game mengecil. Ini akan memperluas pandangan dalam game. Selain itu, gerakan menggunakan analog pada game akan semakin licin. Semakin licin, berarti semakin mudah digerakkan berujung pada semakin enak dalam bermain game.

Bootloop Karena Sembarang Ubah DPI Android

Cara kedua diatas merupakan cara yang sebenarnya tidak direkomendasikan. Karena berhubungan dengan opsi pengembang dan kita tidak tau angka DPI ini jika diubah lebih rendah atau lebih tinggi akan seperti apa.

Beberapa hp android keluaran terbaru dengan spesifikasi menengah kebawah akan bootloop jika ubah DPI android diubah ke angka ~600 ke atas. Mungkin standar DPI yang baik maksimal di 500 DPI. Angka ini jika lebih tinggi akan menyebabkan Hp dengan Layar Full HD+ seperti Redmi 9 mengalami bootloop.

Saat ubah DPI android melebihi standar kemudian di klik Oke, beberapa saat setelahnya layar akan mati. Dan sistem akan mencoba untuk reboot atau menghidupkan ulang. Saat ditunggu, proses booting gagal dan android menunjukkan pilihan untuk Reebot dan Wipe Data.

Atasi Bootloop Karena Ubah DPI Android

Mengubah DPI/Layar Terkecil yang menyebabkan kesalahan fatal pada sistem dapat diatasi dengan mudah. Hanya dengan melakukan Wipe Data pada saat kesalahan sistem terjadi. Atau masuk ke mode recovery pada android untuk melakukan Wipe All Data.

Di bawah ini pada ponsel Xiaomi (Redmi 9, Note 9 dan Note 9 Pro) dengan menggunakan tombol power untuk ketas dan kebawah, dan tombol power untuk memilih:

  • Pilih Wipe Data
  • Pilih Wipe All Data
  • Confirm
    ubah dpi android bikin bootloop

Sistem akan melakukan penghapusan semua data. Jika ada data yang tersimpan pada memori internal, kemungkinan tidak bisa diselamatkan tanpa bantuan komputer.

Jadi jangan sembarangan untuk merubah resolusi layar android atau ubah DPI android. Karena dapat menyebabkan kesalahan sistem sampai pada bootloop.

Penutup

Sebagai tambahan informasi, merubah resolusi layar android pada ponsel Xiaomi lain seperti Redmi Note 8 bisa bermasalah. Tidak hanya masalah Bootlopp, tetapi layar bisa tidak penuh sepert gambar di bawah ini:

layar error setelah ubah dpi android

Solusinya adalah Wipe Cache dan Data seperti langkah diatas. Dengan menekan tombol volume atas dan power bersamaan. Tampilan akan seperti diatas.

58 thoughts on “Awas Merubah Resolusi Layar Android Bisa Bikin Bootloop

    1. Menurut Pengalaman admin, DPI sebesar 420 itu yang masih aman di Redmi Note 9, Note 9 Pro. Mungkin 420 juga aman di ponsel Xiaomi lainnya… Jangan terlalu besar dari standar bawaan ponsel

  1. min kalau wipe data masih tetap sama dengan resolusinya gimana bang, soalnya terlanjur naikin dpi terlalu tinggi dan saat selesai memakai dpi lupa untuk mengembalikannya dan kata sandi salah karena tombol sandinya kebesaran dan angka nya hilang

    1. Terima kasih telah berkunjung dan bertanya…

      Admin pengen tahu dulu tipe hp kamu apa ?
      Email dan kata sandi di Hp masih ingat kan ?

      Coba lakukan Wipe Data lagi, wipe juga cache jika ada pilihan di HP nya.
      Kalau tetap masih bisa mungkin solusinya harus di Flash.

      Soalnya kalau di Xiaomi, Wipe Data via recovery bawaan biasanya juga mengembalikan DPI seperti pada artikel.

    1. Jangan segitu bro.. Nanti bootlove lho Redmi 9C kentang kamu hehehe…
      Mentokin di 500 dpi aja.
      Beda lagi besarnya dpi pas ponsel R9C kamu udah diupgrade versi MIUI nya.
      Mending jangan lebih dari 100 dpi dari standarnya bro..

      OK?
      Makasih udah mampir dan ninggalin sendal

      1. Bang punya aku udh upgrade versi miui nya ap bisa di naikkin dpi ny HP redmi 9 c dpi 581 kalau naikin lagi bisa gk bang

  2. Jadi tadi otak-atik dpi
    Google, uc browser, ampe beberapa aplikasi klo di buka lag trus nutup
    Gimana tuh bang?

  3. Om. saya coba setting DPI di samsung M30 tetapi setelah ganti LCD. impactnya multitouch error. saya sudah lakukan wiping cache dan factory reset namun resolusi layar tidak kembali seperti semula. mohon pencerahannya.

    1. terima kasih udah mampir dan bertanya kak. Apakah LCD Samsung m30 nya ori atau hanya yang dijual murah ? Sepertinya yang dijual murah tidak kompatibel dengan setelan mesinnya. Solusinya adalah Flash, bisa didowngrade versi firmwarenya atau versi yang sama. Bisa dilakukan sendiri tapi akan lebih baik coba ke Servis Centernya, kayaknya bisa gratis. Kalaupun berbayar dibawah 150k (CMIIW). Bisa tanya dulu ke Servis Centernya. Atau ke tukang Flash Hp terpercaya.

  4. Mau nanya. Hp saya Vivo y12i
    Dpi 360 saya coba 300 aman nga..? Makasih sebelumnya.

    1. Model Hp lawas, keluaran dibawah tahun 2017. Android dibawah Nougat memang belum ada setelan untuk ubah dpi kakak.
      Terima kasih sudah mampir.

    1. Di beberapa versi Software bisa. Tapi layarnya jadi kepotong. Ada juga yang lancar di beberapa versi Software lainnya. Mendingan gak usah tinggi-tinggi. 500-600 udah cukup untuk ponsel Realme

    1. baiknya kalau turun dari standar mending besarin ukuran font aja. Itu nanti takutnya malah layarnya kepotong, tombol navigasi jadi gak tenggelam

  5. nanya min, tadi seperti yang mimin jelasin “Jika ada data yang tersimpan pada memori internal, kemungkinan tidak bisa diselamatkan tanpa bantuan komputer.” nah, berarti bisa dong min diselamatin data di memory internal,? dan gimana caranya min.?

    1. Prosesnya rumit dan hanya expert yag bisa. Dan ada syaratnya, hp udah di root pasang TWRP yang sebelumnya udah di UBL. Saat masih belum diapa-apakan, beberapa konter ada yang bisa nawarin untuk back up data. Itu melalui proses UBL, dan berbayar karena softare yang dipake konter tersebut berbayar. Jadi gak semua konter bisa. User biasa juga kemungkinan bakalan gak bisa.

  6. Bang saya REALME C 3 DPI nya mentok di 960 suka mati sendiri Ampe harus di muat ulang 2 kali apakah masih aman

    1. Tidak berpengaruh kak. Hanya saja untuk tampilan Ikon jadi lebih kecil. Kalau buat game, bagian Controller jadi lebih enak karena mengecil

  7. Min kalo redmi 9 pke dpi 460 , misalnya saya sudah pakai dpi itu lalu upgrade versi hp aman ngga?

    1. Jarang banget kak untuk pengguna Vivo Y20 mengganti DPI ponsel mereka. Baiknya tidak lebih dari sebesar 200 dari yang standar kak. Terima kasih semoga selamat hp nya.

  8. Min mau tanya kalo realme c21y aman ga ya ganti ganti dpi, biasanya sehabis saya main game saya ganti lgi dpinya ke 360. apakah aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *