Awas Merubah Resolusi Layar Android Bisa Bikin Bootloop | Droidinside

Awas Merubah Resolusi Layar Android Bisa Bikin Bootloop

  • 3 min read
  • Sep 18, 2020
merubah resolusi layar android

Dengan merubah resolusi layar Android, merupakan salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk tujuan tertentu. Hal ini untuk tujuan tampilan dan bahkan bisa untuk tujuan gaming. Namun proses ini bisa menyebabkan resiko bootloop. Kok bisa ?

Manfaat Merubah Resolusi Layar Android

Resolusi layar pada android merupakan sebuah ukuran banyaknya satuan pixel yang ada pada layar. Pada spesifikasi layar, bisa ditemukan pada dusbook hp atau dari web biasanya kamu akan menemukan 2 angka yang dikalikan. Angka ini biasanya juga menunjukkan luas sebuah layar smartphone. Bisa juga dicek menggunakan aplikasi CPU-Z maupun aplikasi sejenis lainnya.

Resolusi layar seperti halnya 720×1280 dan resolusi lainnya, jika semakin tinggi maka akan berpengaruh pada tampilan yang lebih baik kualitasnya. Hal ini juga mengatur besar tampilan untuk menyesuaikan layar pada android.

Merubah resolusi layar android dapat kamu lakukan. Tujuannya adalah mendapatkan manfaat yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari:

Keperluan Bermain Game

Game FreeFire maupun PUBG sebagai game yang sangat mementingkan tampilan. Pada game tersebut kamu bisa mengubah pengaturan untuk mendapatkan hasil layar dan performa yang terbaik untuk android kamu. Game Free Fire dan PUBG bisa lebih lancar, smooth dan enak dimainkan salah satunya dengan merubah resolusi layar android.

Pada beberapa referensi yang memberikan settingan layar untuk kedua game ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman bermain yang lebih baik. Dengan mengubah resolusi layar, maka beberapa masalah saat bermain game FreeFire bisa dihadapi.

Menurunkan Kinerja Sehingga Menghemat Baterai

Layar Full HD+ yang disematkan pada ponsel keluaran terbaru Xiaomi Redmi 9 misalnya, memberikan pengalaman yang kurang baik soal efisiensi daya. Layar Full HD+ Realme 6 memiliki resolusi 1080×2400 memberikan masalah pada penggunaan baterai yang sedikit lebih boros karena hanya memiliki daya 4300 mAh.

Untuk itu beberapa user yang lebih menyukai efisiensi baterai, merubah resolusi layar android mereka lebih rendah dari biasanya. Ya, meskipun ada konsekuensi pada tampilan yang kurang baik dari sebelumnya. Karena lebih sedikit pixel yang diproses, lebih keci; kerja GPU dan CPU pada android.

Cara Merubah Resolusi Layar Android

Mengubah resolusi layar android dapat menggunakan beberapa metode. Metode Root dan Non Root, bahkan sampai menggunakan komputer dengan ADB/Command Prompt. Namun untuk cara yang ribet tersebut bisa admin jelaskan pada lain waktu.

Secara umum untuk cara aman untuk mengubah resolusi layar android ada 2. Menggunakan pengaturan untuk merubah resolusi dan dengan mengubah DPI pada android:

1. Mengubah Resolusi Layar Android Pada Pengaturan

Saat membuka Pengaturan kemudian pada bagian Tampilan kamu akan menemukan setelan ini. Ada beberapa ponsel android yang bisa mengubah resolusi layar lewat Pengaturan. Cara ini cukup gampang dan tidak akan mempengaruhi sistem.

Selain pada Pengaturan – Tampilan, untuk memperbesar atau memperkecil resolusi kamu bisa mencari pada menu aksesbilitas. Mengecilkan ukuran tampilan akan mengubah resolusi.

Karena pilihan resolusi yang disediakan pada ponsel tersebut dikenali dengan baik oleh sistem. Sehingga cara ini aman dan tidak akan membuat gagal sistem/bootloop seperti cara selanjutnya.

2. Ubah DPI (Dots Per Inchi) Layar Android

Berbeda dengan cara sebelumnya, cara ini memang tidak menggunakan akses root. Kamu hanya perlu mengaktifkan opsi pengembang yang biasanya dengan mengetuk 7x pada nomor bentukan ponsel android.

Setelah opsi pengembang aktif, bisa kamu cari disana untuk mengubah DPI pada pilihan Lebar Terkecil. Beberapa android memiliki standar Lebar Terkecil 392 DPI (bisa berbeda pada tiap hp). Angka ini bisa kamu ubah sesuai keinginan kamu namun hal ini tidak direkomendasikan.

Dengan memperbesar Lebar Terkecil android, tampilan pada layar android kamu menjadi lebih kecil. Semua tampilan akan diperkecil dari ikon sampai menu.

merubah dpi android

Pada game Free Fire, merubah Lebar Terkecil menjadi lebih besar akan membuat tampilan game mengecil. Ini akan memperluas pandangan dalam game. Selain itu, gerakan menggunakan analog pada game akan semakin licin. Semakin licin, berarti semakin mudah digerakkan berujung pada semakin enak dalam bermain game.

Bootloop Karena Sembarang Ubah DPI Android

Cara kedua diatas merupakan cara yang sebenarnya tidak direkomendasikan. Karena berhubungan dengan opsi pengembang dan kita tidak tau angka DPI ini jika diubah lebih rendah atau lebih tinggi akan seperti apa.

Beberapa hp android keluaran terbaru dengan spesifikasi menengah kebawah akan bootloop jika ubah DPI android diubah ke angka ~600 ke atas. Mungkin standar DPI yang baik maksimal di 500 DPI. Angka ini jika lebih tinggi akan menyebabkan Hp dengan Layar Full HD+ seperti Redmi 9 mengalami bootloop.

Saat ubah DPI android melebihi standar kemudian di klik Oke, beberapa saat setelahnya layar akan mati. Dan sistem akan mencoba untuk reboot atau menghidupkan ulang. Saat ditunggu, proses booting gagal dan android menunjukkan pilihan untuk Reebot dan Wipe Data.

Atasi Bootloop Karena Ubah DPI Android

Mengubah DPI/Layar Terkecil yang menyebabkan kesalahan fatal pada sistem dapat diatasi dengan mudah. Hanya dengan melakukan Wipe Data pada saat kesalahan sistem terjadi. Atau masuk ke mode recovery pada android untuk melakukan Wipe All Data.

Di bawah ini pada ponsel Xiaomi (Redmi 9, Note 9 dan Note 9 Pro) dengan menggunakan tombol power untuk ketas dan kebawah, dan tombol power untuk memilih:

  • Pilih Wipe Data
  • Pilih Wipe All Data
  • Confirm
    ubah dpi android bikin bootloop

Sistem akan melakukan penghapusan semua data. Jika ada data yang tersimpan pada memori internal, kemungkinan tidak bisa diselamatkan tanpa bantuan komputer.

Jadi jangan sembarangan untuk merubah resolusi layar android atau ubah DPI android. Karena dapat menyebabkan kesalahan sistem sampai pada bootloop.

Tinggalkan Komentar!