Cara Mudah Atur Penyimpanan Whatsapp Web Di PC | Droidinside

Cara Mudah Atur Penyimpanan Whatsapp Web di PC

  • 2 min read
  • Okt 14, 2020
atur tempat penyimpanan whatsapp web

Dimanakah penyimpanan Whatsapp Web berada? Bagi kamu yang suka menggunakan komputer/pc untuk menjalankan Whatsapp disandingkan dengan android kamu, pasti juga akan mengambil file berupa gambar atau suara dari pesan lewat browser. Lalu dimanakah file-file terdownload tersebut berada?

Penyimpanan Whatsapp

File yang kamu unduh dari chat dengan akun seseorang maupun dari grub akan disimpan oleh aplikasi Whatsapp ke penyimpanan. Jika kamu sudah biasa menggunakan Whatsapp versi aplikasi di ponsel android pasti kamu sudah mengetahui tempat file berupa gambar, video, suara dan lainnya pada penyimpanan internal.

File yang tersimpan oleh Whatsapp bisa langsung dibagikan menjadi status atau untuk dikirimkan ke teman atau grub. Jadi perlu diingat-ingat untuk tempat penyimpanan file penting ini.

Penyimpanan Whatsapp Di Android

Paling sering kalau video atau foto yang baru saja diunduh dari Whatsapp, biasanya langsung nangkring di galeri. Jadi mudah untuk mencarinya. Kalau tidak menemukan, tinggal cari pada File Manager/File Saya/ Manager File di:

” Penyimpanan Internal – Whatsapp – Media “

Untuk dokumen berupa file zip, ppt, word dan sejenisnya berada pada folder Whatsapp Document. Dan file gambar, Whatsapp Image dan lainnya akan dikelompokkan sesuai dengan folder dan jenisnya.

Penyimpanan Whatsapp Web

Jika kamu menggunakan PC atau komputer untuk menggunakan Whatsapp Web biasanya akan membuka Browser terlebih dahulu. Dengan Chrome, Mozilla, atau Safari kamu membuka situs Whatsapp Web kemudian scan kode Qr melalui aplikasi di android.

Membuka melalui Web berarti menaruh penyimpanan Whatsapp ke komputer yang digunakan tersebut. Biasanya saat membuka Whatsapp Web, kamu akan mendapati foto akan secara otomatis terunduh. Karena pada Web kamu mengakses menggunakan Wifi.
Entah koneksi lemot atau cepat, tetap akan mengunduh jenis gambar secara otomatis berada pada aplikasi Browser (cache) dan belum tersimpan dalam bentuk file. Untuk mengunduh gambar, klik tanda panah ke bawah kemudian klik download.

File lainnya bisa didownload secara manual dengan menekan tombol download. Kalau gambar sudah terunduh, bisa langsung diklik untuk dilihat. Lalu bagaimana untuk mengetahui dimana penyimpanan Whatsapp Web dari file yang sudah didownload ?

Atur Tempat Penyimpanan Whatsapp Web Di PC

Secara umum tempat penyimpanan Whatsapp Web di PC untuk hasil unduhan filenya ada di folder downloads. Jika kamu menggunakan Mozilla Firefox, Chrome, dan Safari untuk membuka Whatsapp Web maka file ada di:

Local Disk C – Users – “Nama PC/Komputer” – Downloads

Ini adalah folder tempat download default/standar untuk semua file dari Web. File gambar, video, dan file lainnya pada folder yang sama dan tidak dipisahkan sesuai jenis file.

Jika menggunakan browser bawaan Windows seperti Microsoft Edge mungkin sedikit berbeda, kamu akan ditanyakan untuk disimpan di mana file tersebut setiap mendownload. Admin hanya menyebutkan beberapa browser yang direkomendasikan karena aman menggunakan Whatsapp versi Web.

Kamu bisa mengatur tempat penyimpanan Whatsapp Web di PC melalui browser masing masing. Biasanya pada pengaturan/settings kemudian temukan save file to atau downloads. Pilih tempat penyimpanan yang diinginkan.

Untuk browser Chrome, cara atur tempat penyimpanan Whatsapp Web Di PC:

  • Buka Chrome
  • Klik 3 titik pojok kanan atas
  • Pilih Settings
  • Klik Advanced
  • Klik Downloads
  • Pada Location, klik Change
  • Pilih folder tempat download yang kamu inginkan di PC

penyimpanan whatsapp web pc chrome

Agar kamu bisa memilih tempat download secara manual, pada setiap klik mengunduh /download file klik/gulir untuk mengaktifkan Ask Where To Save Each File Before Downloading (pada Location).

Keuntungannya kamu bisa menyimpan satu- satu ke tempat yang kamu inginkan setiap waktu mengunduh. Kelemahannya cara ini malah ribet jika mengunduh banyak file setiap satu waktu. Harus klik untuk tempatnya.

Tinggalkan Komentar!