Atasi Masalah Redmi 9 Mati Sendiri | Droidinside

Atasi Masalah Redmi 9 Mati Sendiri

  • 2 min read
  • Sep 14, 2020
atasi redmi 9 mati sendiri

Produk dari Xiaomi ini memiliki masalah yaitu Seri Redmi 9 mati sendiri. Padahal ini produk masih terbilang baru, namun entah mengapa bisa masalah ini terjadi. Hal ini disebabkan oleh software salah satunya.

Masalah Redmi 9

Xiaomi Redmi 9 adalah generasi penerus seri Redmi 8 sebelumnya. Dengan mengandalkan Quad Camera yang disematkan dengan dukungan baterai 5020 mAh membuat ponsel ini sangat layak untuk diborong jika dibandingkan dengan ponsel sejenis pada rentang harga yang sama juga.

Ponsel dengan dukungan Radio tanpa kabel headset ini mengalami beberapa masalah. Redmi 9 mati sendiri menjadi masalah yang mungkin tidak sedikit pengguna yang mengalaminya. Kadang juga Redmi 9 mendadak mati sendiri ini bisa terjadi beberapa kali dalam penggunaan sehari.

Beberapa user yang mengeluhkan masalah ini sebenarnya juga heran. Padahal penggunaan ponsel yang masih tergolong baru ini tidak digunakan untuk pekerjaan berat yang memaksa performa. Masalah ponsel yang menggunakan Android 10 dengan antarmuka MIUI 11 ini bisa dipastikan karena kesalahan/bug pada software.

Bug Fingerprint Sebagai Masalah Redmi 9

Redmi 9 mati sendiri karena murni bug dari software. Sejak pertama kali dipakai, ponsel ini bisa mati sendiri yang bahkan belum instal tambahan aplikasi lain. Penyebabnya adalah bug pada Fingerprint atau sidik jari. Bug ini dari MIUI 11 yang sampai post ini diterbitkan belum juga mendapatkan update/penyegaran.

Hal ini dibuktikan dengan seringnya Redmi 9 mati sendiri pada saat ingin membuka kunci dengan Fingerprint. Ponsel tiba-tiba mati sendiri dan restart sendiri. Saat mati, dicharge tidak bisa dan dihidupkan tidak bisa. Barulah menunggu beberapa menit ponsel akan meminta reboot atau menghidupkan ulang sendiri.

Masalah tidak hanya itu, tiba-tiba saja layar hang dan tidak bisa digunakan dan mati sendiri. Masalah ini terjadi pada Redmi 9 yang diberikan Fingerprint untuk unlock atau buka kunci nya.

Atasi Redmi 9 Mati Sendiri

1. Menghapus Sidik Jari/Fingerprint Untuk Buka Kunci Redmi 9

Untuk mendapatkan keamanan yang optimal, sidik jari sebenarnya cukup penting saat ini. Bahkan ponsel entry level sudah dibekali dengan fitur ini. Tapi bagaimana lagi untuk menghindari bug software yang menyebabkan ponsel ini bermasalah.

Untuk menghapus sidik jari pada Redmi 9 langkah-langkahnya:

  • Buka Setelan
  • Pilih Sandi & Keamanan
  • Pada kunci layar, pilih Buka Kunci Dgn Sidik Jari
  • Masukkan pola anda
  • Klik pada Sidik Jari yang tersimpan
  • Klik Hapus Sidik Jari

Cukup banyak user yang memberikan pengalaman setelah menghapus sidik jari masalah mati mendadak sudah tidak ditemukan lagi. Tentunya, kamu harus menggunakan metode kunci layar yang lain terlebih dahulu seperti Pola atau Sandi Angka agar tetap aman.

2. Reset Pengaturan Pabrik

Proses ini dapat menghapus semua data yang ada pada ponsel kamu. Langkahnya:

  • Buka Setelan
  • Pilih Tentang Telefon
  • Cadangkan & Setel Ulang
  • Pada Data Pribadi klik Hapus Semua Data (reset ke pabrikan)
  • Klik Semua Berkas di Telefon

Cara ini juga dapat mengatasi masalah Redmi 9 mati sendiri. Karena ponsel ini memiliki prosesor baru, bisa dimungkinkan aplikasi tidak kompatibel dengannya. Sehingga terjadi hang atau mati mendadak.

3. Tunggu Update Selanjutnya

MIUI 12 yang ditunggu oleh pengguna Redmi 9 tidak kunjung datang. Tidak seperti seri Note dan Pro yang sudah resmi ada. Update terbaru akan tersedia secara Over The Air melalui setelan- tentang telefon. Diharapkan pada pembaruan kedepan masalah ini dapat teratasi.

4. Bawa Ke Service Center Terdekat

Jika masih 15 bulan sejak pertama kali beli, kamu bisa coba garansikan. Pada SC kamu bisa menceritakan keluhan yang dirasakan pada penggunaan. Mungkin saja kamu bisa mendapatkan unit baru atau hanya mendapatkan saran dari SC untuk mengatasi hal ini. Jangan lupa membawa perlengkapan Hp beserta kardus dan nota pembelian saat mengunjungi tempat servis resmi.

Sambil menunggu update, kamu bisa melakukan penghapusan sidik jari atau reset ke pengaturan pabrik. Jika memang tidak tahan dengan masalah mati sendiri ini, ya bawa ke Service Center.

Dan terus tunggu update dari admin terkait update Redmi 9.

 

Tinggalkan Komentar!