Atasi Masalah Layar Realme 6 | Droidinside

Atasi Masalah Layar Realme 6

  • 3 min read
  • Okt 15, 2020
atasi masalah layar realme 6

Beberapa pengguna mengalami masalah layar Realme 6. Entah apa yang menyebabkan ponsel yang termasuk ponsel range mid ini memiliki beberapa masalah pada displaynya. Apa saja ulasan dan cara mengatasinya?

Salah satu ponsel Realme penantang Xiaomi Redmi Note 9 Pro yang dikabarkan berdebu ini, juga sedikit memiliki masalah pada touchscreen ataupun layarnya.
Produk dari BBK Group ini menawarkan spesifikasi layar FHD+ dengan layar IPS yang memiliki Refresh Rate 90 Hz. Seharusnya dengan spesifikasi layar yang mengusung angka refresh cukup tinggi ini memiliki kekuatan atau keawetan yang bagus. Namun ternyata tidak, beberapa pengguna masih saja mengalami masalah layar Realme 6.

Beberapa Masalah Layar Realme 6

Masalah Layar Berbayang Dan Screen Bleeding

Sejauh ini ada beberapa istilah masalah yang dirasakan oleh user Realme 6. Berhubungan dengan layar secara fisik yaitu Burn In, Screen Retention, Screen Bleeding dan istilah-istilah lainnya yang menunjukkan hal yang sama.

Secara umum layar berbayang, admin menyebutnya seperti itu. Burn In terjadi pada layar Amoled, sedangkan Screen Retention merupakan istilah pada layar IPS. LCD atau layar menunjukkan terdapat bayangan tampilan yang sebelumnya dibuka.

Semisal, kamu membuka aplikasi youtube sebelumnya agak lama kemudian membuka aplikasi facebook. Maka pada bagian putih menunjukkan gambar berbayang aplikasi youtube. Hal ini mungkin sedikit mengganggu.

Pada awalnya masalah layar Realme 6 berbayang ini hanya sangat sedikit munculnya. Namun, lama kelamaan pada penggunaan yang sama akan semakin parah. Semakin lama dapat semakin mengganggu pandangan user. Berikut ini salah satu masalah layar berbayang yang dialami beberapa pengguna yaitu layar berbayang:

layar realme 6 burn in

Selanjutnya, ada masalah Screen Bleeding yang menurut admin muncul warna putih dibagian pinggir layar pada saat menggunakan tampilan hitam. Seperti pada gambar di bawah ini:

realme 6 layar screen bleeding

Menurut admin, kedua istilah ini tidak usah dibedakan. Beberapa hal yang menyebabkan masalah layar Realme 6 tersebut. Menurut pengalaman, yang harus dihindari diantaranya:

  • Penggunaan kontras layar tinggi (85%-100%) dalam waktu yang lama yang merupakan penyebab utama masalah layar Realme 6
  • Penggunaan layar di bawah sinar matahari dalam waktu lama
  • Membuka tampilan tertentu dengan background putih dalam waktu yang cukup lama

Masalah Delay Touch dan Ghost Touch

Entah apa yang merasuki brand yang terkenal memberikan harga cukup murah untuk spesifikasi yang lumayan ini. Ada istilah, bukan Realme kalau tidak Delay Touch. Layar tidak tertekan dengan tepat meskipun kamu sudah menekan tepat waktu. Ada jeda antara penekanan jari dengan respon layar.

Ghost Touch lebih ngeri lagi, bahkan saat kamu tidak melakukan apa-apa tiba-tiba saja layarnya menekan sendiri pada titik-titik tertentu. Bahkan lebih dari 1 titik. Kedua masalah ini sangat terasa jika kamu menggunakan aplikasi yang membutuhkan ketukan seperti aplikasi Kendang/Drum dan untuk bermain game juga.

Salah satu penyebab dari masalah layar ini adalah software Realme yang memang kurang baik dalam menghandle ketukan. Selain itu, kondisi ponsel yang panas juga menyebabkan terjadinya Delay dan Ghost Touch.

Atasi Masalah Layar Realme 6

Realme 6 dirilis masih pada tahun yang sama, yaitu 2020. Sudah pasti ponsel ini masih dalam jangkauan garansi. Jadi jika kamu mengalami masalah layar Screen Retention seperti dijelaskan di atas, kamu bisa mengatasinya.

Bawa Unit Ke Service Center Realme Atau Oppo

Kamu bisa memilih untuk membawa ponsel Realme yang layarnya bermasalah ke tempat service resmi Realme atau Oppo. Garansi Realme adalah 12 bulan sejak pertama dari toko pembelian.

Jika masih masa garansi, datang dan bawalah Realme 6 kamu dengan membawa Bukti Pembayaran dan Kartu Garansi. Untuk berjaga, bawa saja sekalian dusbooknya.

Unit ponsel tidak akan diganti baru, namun akan diganti LCD nya. Tentu saja jika telah tersedia unit LCD pada service center tersebut. Kamu akan dihubungi jika unit telah tersedia. Jika tempat servis pada keadaan sepi, lama penggantian kurang lebih hanya 1 jam.

Untuk biaya penggantian part nya, tidak dikenai tambahan alias gratis. Kamu tidak perlu khawatir untuk membayar sesuatu.

Namun, penggantian ini penuh dengan syarat. Apabila terjadinya masalah layar Realme seperti Screen Retention/berbayang dikarenakan kesalahan penggunaan, tidak akan diterima garansinya. Tapi hal ini akan jarang, karena layar ponsel yang masih mulus/bagus secara fisik akan diterima garansinya.

Untuk masalah pelayanan after sales, Realme cukup bisa diandalkan kok. Tapi untuk masalah Delay Touch, ini mungkin masalah software yang akan diperbaiki Realme kedepan.

Tinggalkan Komentar!