Atasi Kamera Redmi Note 9 Pro Berdebu | Droidinside

Atasi Kamera Redmi Note 9 Pro Berdebu

  • 3 min read
  • Sep 06, 2020
kamera redmi note 9 pro berdebu

Banyak kasus kamera Redmi Note 9 Pro berdebu dialami pengguna. Entah apa yang merasuki QC Xiaomi yang memproduksi lini seri Mid End generasi penerus Redmi Note 8 Pro ini.

Penyebab Kamera Redmi Note 9 Pro Berdebu

Yang menjadi sorotan utama penyebab ada debu didalam kamera adalah Quality Control di pabrik Redmi. Karena banyak sekali lini produksi dibarengi dengan masifnya pengguna yang mengeluhkan produk ini berdebu didalam kamera. Biasanya kamera berdebu ini dialami oleh pengguna yang mendapatkan produk dengan Batch bulan 5,6,7 tahun 2020. Cek di dusbook Note 9 Pro kamu dibagian belakang pojok bawah kanan terdapat angka (misal 2020.05 artinya Batch bulan 5). Untuk produk dengan Batch tersebut rawan kemasukan debu.

redmi note 9 pro batch debu

Saat produk pertama kali dibeli, dalam ruang kamera masih bersih. Penggunaan biasa selama beberapa minggu kemudian tiba-tiba muncul kotoran berwarna putih. Namun yang menjadi pertanyaan bukan hanya kotoran debu putih yang masuk ke dalam ruang kamera Redmi Note 9 Pro. Bahkan terdapat serabut kain bisa masuk kedalamnya. Soalnya ada yang berwarna biru ataupun merah ikut meramaikan ruang kameranya.

kamera redmi note 9 pro kemasukan debu

Percobaan yang cukup mencengangkan dilakukan pengguna pada produk bernama Joyeuse ini adalah dengan meniup kamera dari luar. Dalam beberapa saat setelah kamera ditiup, ruang kamera berembun. Ini bisa indikasi bahwa proses produksi Note 9 Pro mengalami cacat/kurang baik.

Ruang kamera yang berdebu mungkin disebabkan oleh terdapat celah pada sisi-sisi tertentu. Sehingga debu atau benda kecil lain dapat masuk. Debu yang masuk umumnya bisa dihitung saat pertama muncul. Namun jika dibiarkan berlama-lama akan bisa menutupi kaca di depan lensa kamera.

Penggunaan Kamera Redmi Note 9 Pro yang Berdebu

Pada saat awal kamera kemasukan debu dalam jumlah sedikit, penggunaan kamera sama sekali tidak mengalami masalah. Debu biasanya menempel pada kaca cover kamera disebelah samping. Dan jarang ada yang menempel langsung pada lensa kamera. Jika jumlah debu sudah sangat banyak yang menutupi keseluruhan cover kamera barulah berdampak pada jepretan kamera menjadi tidak jernih.

4 ruang kamera Redmi Note 9 Pro kesemuanya dapat kemasukan debu atau benda kotor lain. Baik itu lensa kamera utama, macro, lensa wide dan lensa depth bisa berdebu.

Yang menjadi hal lucu yang perlu digarisbawahi adalah hanya seri Pro dari produk Redmi ke 9 yang berdebu. Untuk model Redmi Note 9 biasa yang sama sama memiliki fitur radio nirkabel ini malah aman-aman saja ruang kameranya. Padahal versi Pro harganya juga terpaut hampir 1 jutaan dari versi biasa. Otomatis untuk kualitas produknya harus lebih baik jika dibandingkan dengan masalah kamera berdebu ini.

Segera cek deh Redmi Note 9 Pro kamu apakah ada debu nya di dalam kamera? Jika kamu mengalami masalah ini, tenang saja.

Atasi Kamera Redmi Note 9 Pro Berdebu

Karena produk ini masih terbilang baru, dan rata-rata garansi resmi Xiaomi adalah 15 bulan kamu tak perlu khawatir. Untuk kasus kamera Note 9 Pro berdebu akan digantikan dengan unit baru.

Ganti Unit Baru ke Mi Authorized Service Center

Karena mungkin murni kesalahan QC untuk kasus ini, kamu perlu mengurus Note 9 Pro kamu:

  • Datang ke Mi Authorized Service Center (Xiaomi) terdekat di Kota kamu
  • Bawa Kelengkapan HP (Dusbook, Kabel dan Charger, Nota Penjualan)
  • Sampaikan keluhan ke Teller
  • Unit akan diperiksa dan akan diganti baru

Memang untuk urusan ini, Xiaomi jempolan deh. Dia berani ngasih garansi ganti unit baru masalah kamera Redmi Note 9 Pro berdebu. Tapi perlu diperhatikan untuk software dan hardware produk Note 9 Pro yang mau diganti harus masih bagus. Harus masih bersegel dan tidak dimodifikasi dengan root atau UBL (Unlock Boatloader).

redmi note 9 pro batch debu

Tapi kamu juga perlu tetap cek unit dari batch bulan berapa kamu mendapatkan ganti. Karena beberapa pengguna mendapatkan ganti unit dengan Batch produksi yang masih sama antara 5,6, dan 7. Beberapa pengalaman pengguna baru, pada Batch produksi 8 sudah tidak mengalami masalah kamera berdebu.

Refund Untuk Penggantian Unit ke 2

Pada user yang telah mengalami penggantian unit baru dan masih mengalami kamera kemasukan debu untuk produk ke 2, maka pihak Xiaomi melalui Service Center mereka akan memberikan Refund atau pengembalian dana ke konsumen. Jadi tidak perlu khawatir jika kamu kecewa dengan produk ini, kamu bisa membeli produk lain pada penggantian dengan dana penuh.

Untuk saat ini masih sedikit pengguna yang mengalami produk kedua berdebu pada kamera. Namun sudah ada juga pengguna yang mengalami refund atau dana yang dikembalikan. Dana yang dikembalikan menurut admin bisa digunakan untuk membeli Note 9 Pro baru dengan batch produksi 8 atau yang paling baru (jika kamu beruntung). Atau bisa juga turun ke Redmi Note 9 biasa saja yang lanjay heheh.

Penggantian unit bisa menunggu beberapa hari tergantung ketersediaan barang di Service Center kota kamu tempat klaim garansi. Untuk pengembalian uang menunggu sekitar 3 hari.

redmi note 9 pro batch debu

Menggunakan Pelindung Kamera/Hardcase Dengan Penutup Kamera

Jika ternyata service center jauh, dan kamu tidak ada waktu senggang untuk memeriksakan kamera Redmi Note 9 Pro. Untuk berjaga-jaga, kamu bisa menggunakan pelindung kamera yang tersedia banyak di Toko Online atau penjual aksesoris hp lengkap terdekat. Namun, hal ini tidak dapat menjamin 100% kamera Note 9 Pro kamu tidak kemasukan debu.

Tinggalkan Komentar!