3 Aplikasi Cek Spesifikasi Android

  • 3 min read
  • Des 12, 2020
aplikasi cek spesifikasi android

Untuk mengetahui seluk beluk daleman Hp bisa dengan mudah menggunakan aplikasi cek spesifikasi android. Spesifikasi menjadi hal yang sangat penting bagi sebagian orang karena dinilai dapat membantu mobilitas atau pekerjaan mereka.

Beberapa user menggunakan aplikasi untuk melihat spesifikasi android untuk tujuan tertentu. Semisal mengetahui lebih dalam prosesor dan besarnya ram pada android mereka. Meskipun secara spesifikasi yang ditulis pada kardus, atau selebaran sudah terlihat. Namun memegang ponsel pintar dan mengecek dengan aplikasi bisa lebih bagus. Misalnya prosesor sebuah ponsel adalah Mediatek Helio G85. Ketika dilihat melalui aplikasi ternyata arsitekturnya menggunakan ARM Cortex A75 dan ARM Cortex A55 yang dipadu.

Apabila mengetahui spesifikasi yang lebih mendalam, kita mengerti ponsel ini untuk bekerja berat maupun ringan menggunakan arsitektur yang mana. Bagi para opreker android, akan sangat terbantu untuk mengetahui untuk mengirit baterai harus dilakukan modifikasi bagian mana.

Selain hardware, aplikasi cek spesifikasi android dapat pula melihat kelengkapan perangkat lunak. Seperti dukungan WideVine L1 sebagai sebuah standar untuk menonton video dengan kualitas HD pada Netflix misalnya. Karena HP nya mahal-mahal ternyata kok malah tidak mendukung streaming film kualitas bagus, hal ini cukup penting. Untuk mengetahuinya, apa saja aplikasi untuk melihat spesifikasi ponsel android ?

Beberapa Aplikasi Cek Spesifikasi Android

Daftar aplikasi dibawah ini seluruhnya dapat kamu unduh secara gratis. Melalui Playstore, umumnya apk ini tidak terlalu besar ukurannya. Aplikasi akan memberikan informasi secara tertulis dan tidak melakukan pengujian seperti Antutu dan lainnya. Berikut aplikasinya:

1. CPU-Z

Sampai tulisan ini diterbitkan, aplikasi cek spesifikasi android ini memiliki ukuran kurang dari 2 MB. Menurut admin aplikasi yang dikembangkan oleh CPUID ini paling banyak di download mungkin karena paling ringan. Aplikasi ini terus update karena menyesuaikan dengan jumlah ponsel android yang baru rilis maupun yang sudah lama. Kamu dapat mengetahui spesifikasi SoC (prosesor lengkap dengan kecepatan, nama, besar RAM, resolusi layar dan lain sebagainya ), informasi sistem (versi android, versi kernel, versi google), sensor dan baterai.

Selain kelebihan yang cukup ringan dan terdapat fitur validasi yang bisa digunakan, aplikasi ini juga memiliki kekurangan. Jika CPU Z belum memiliki update database ponsel android maka pembacaan spesifikasi akan mengalami masalah/eror. Misalnya kapasitas baterai yang tercantum pada CPU-Z dan spesifikasi tertulis dari website ponsel resmi dapat berbeda. CPU-Z tidak dapat memunculkan dukungan WideVine L1, kamera dan aplikasi terinstal merupakan kelemahan aplikasi ini yang kurang lengkap.

2. Device Info HW

Aplikasi cek spesifikasi android kedua ini memiliki tampilan yang sama dengan CPU-Z. Terdapat Tab yang bisa di swipe kekanan dan kekiri untuk pengalaman pembacaan spesifikasi dan sistem yang cukup menarik.

Device Info memiliki fitur pembacaan yang lebih lengkap daripada CPU-Z. Keseluruhan spesifikasi dan sistem pada CPU-Z ada disini. Ditambah dengan informasi pada sistem berupa kerapatan layar, versi Java JM, zona waktu, bahasa, refresh rate dan lain sebagainnya. Selain itu aplikasi ini bisa memunculkan Codecs yang terpasang pada ponsel seperti dukungan WideVine L1.

Aplikasi juga bisa melakukan pengetesan layar untuk warna LCD, multitouch, dan gambar sentuhan. Kelemahan aplikasi ini dilengkapi oleh aplikasi nomor 3.

3. AIDA 64

Melengkapi aplikasi cek spesifikasi android sebelumnya, terdapat informasi versi openGL dan versi GPU lengkap. Terdapat informasi dukungan AES, NEON, PMULL, SHA1, SHA2 dan lainnya. Sistem files yang digunakan juga bisa terbaca oleh aplikasi seperti Buddy Info, Character Block, Host dan lainnya yang sangat berguna untuk developer aplikasi maupun developer ROM costum. Spesifikasi pembacaan kamera sangat lengkap bisa kamu temukan pada aplikasi ini, sehingga butuh akses ke kamera.

Kelemahan yang dimiliki pada AIDA64 adalah tidak ada fitur pengetesan layar. Tampilan yang dimiliki aplikasi berbeda dengan 2 aplikasi sebelumnya. Kamu harus memilih satu persatu menu spesifikasi. Tidak bisa geser layar kekanan atau kekiri, terlihat lebih kaku.

Penutup

Kelemahan paling utama dari keseluruhan aplikasi cek spesifikasi android diatas adalah adanya iklan. Karena gratis, mungkin ini salah satu penyebabnya. Meskipun begitu, kamu bisa membayar aplikasi untuk menghilangkan iklan. Iklannya cukup ngeri, tiba-tiba menuhin layar. Saran admin saat mengakses aplikasi-aplikasi ini matikan saja koneksi internet ponsel kamu.

aplikasi untuk melihat spesifikasi android

Jika spesifikasi yang ingin kamu cari kurang lengkap pada salah satu aplikasi. Kamu bisa menginstal aplikasi lain untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *