Mengetahui Hp Mendukung Nonton Netflix HD

  • 2 min read
  • Nov 28, 2020
Nonton Netflix HD

Pecinta film seperti kamu tidak akan bisa melewatkan waktu untuk nonton Netflix HD. Namun, untuk nonton kualitas HD pada aplikasi streaming film tersebut ada syaratnya. Setidaknya ponsel kamu harus mencakup dukungan Widevine L1. Apa maksud dari dukungan ini ? Simak informasi dari admin dibawah.

Dukungan WideVine Untuk Nonton Netflix HD

WideVine adalah sebuah teknologi yang mendukung keamanan aliran data video dari produsen ke konsumen dengan skema enkripsi dan keamanan perangkat keras. Jadi bisa dikatakan pada saat kamu nonton video di Netflix dengan kualitas HD, data yang mengalir dari server ke Hp kamu telah diamankan.

Karena aman, sudah pasti sistem ini menjaga aliran data video agar tidak dapat disalin secara ilegal. Teknologi ini yang menangkal segala jenis pembajakan. WideVine merupakan sebuah properti dari DRM (Digital Rights Management) yang bertujuan untuk mengontrol distribusi software dan konten multimedia sebagai sebuah hak cipta yang perlu dilindungi dari kegiatan ilegal seperti pembajakan.

Teknologi ini tidak hanya disematkan pada ponsel pintar. Penjelajah web seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox menggunakannya. Pada televisi pintar Android TV dan produk Google lainnya juga menggunakan ini sebagai sarana menjembatani konten original dari sang pemilik.

Netflix Menggunakan Dukungan WideVine L1 Untuk Pemutaran HD

WideVine menggunakan 3 jenis sertifikasi: L1, L2, dan L3 (L=level). Agar konten original dapat dinikmati, android kamu harus tersertifikasi dengan hal ini. Secara umum, android dapat mendukung sertifikasi L1 dan L3. Untuk konten video HD diperlukan sertifikasi L1.

Salah satu aplikasi yang menggunakan WideVine ini adalah Netflix. Untuk dapat menikmati video dengan kualitas yang tinggi yaitu High Definition (HD) sertifikasi L1 harus terpasang di android kamu. Nah, bagaimana cara mengetahui HP mendukung nonton Netflix HD ?

Cara Mengetahui HP Mendukung Nonton Netflix HD

Sudah jelas dikatakan di atas, untuk melakukan streaming video HD kita butuh sertifikasi L1 sebagai dukungan WideVine yang disematkan pada ponsel kita. Langkah mengetahui nya adalah:

  • Instal aplikasi DRM info
  • Buka aplikasi, geser ke bawah temukan Widevine CDM
  • Lihat Security Level apakah L1

Jika android kamu setelah dicek tercantum level keamanan L1 maka ponsel kamu mendukung nonton Netflix HD. Ponsel kamu sudah tersertifikasi WideVine L1.

dukungan widevine l1

Adapun apabila tertulis L3, bisa dipastikan ponsel kamu tidak mendukung untuk melakukan streaming video HD di Netflix. Ponsel tersebut hanya dapat digunakan untuk menonton video kualitas biasa (SD).

Selain menggunakan aplikasi DRM info, kamu juga bisa mengetahui dukungan WideVine ini pada aplikasi Device HW Info. Instal aplikasi dan buka aplikasi tersebut. Pada Tab Codec, dibagian bawah kamu akan menemukan level keamanan ponsel.

Penutup

Itulah sebuah cara untuk mengetahui HP mendukung nonton Netflix HD. Pada beberapa ponsel, meskipun pada spesifikasi tercantum WideVine L1, tidak semua benar-benar mendukung fitur HD di Netflix.

Pada beberapa kasus ponsel seperti Redmi Note 9, tertulis L1 namun tidak dapat menonton video Netflix kualitas HD. Pada Poco F1 juga demikian, namun dukungan ini kemudian menjadi tersedia setelah ponsel tersebut melakukan pembaruan sistem.

Selain Netflix, banyak aplikasi yang membutuhkan sistem manajemen hak cipta WideVine L1. Amazon Prime, Iflix, HBO Go dan Viu beberapa diantaranya. Apabila sudah tahu, sekarang kamu bisa nonton film drama Korea (misalnya) di aplikasi dengan kualitas HD .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *