Mengatasi Aplikasi Berbahaya Terdeteksi Play Protect

  • Droidinside
  • Apr 26, 2022

Pembaruan terbaru dari Google Play Protect memunculkan notifikasi aplikasi berbahaya terdeteksi. Pesan ini muncul dalam bentuk pop up di bagian layar ketika tidak melakukan apa-apa. Ada juga yang tiba-tiba muncul uninstal aplikasi berbahaya. Apakah notifikasi ini bisa dihilangkan? Droidinside memberikan informasinya untuk kamu.

Keamanan Terbaru Google Play Protect

Setiap kali kita instal aplikasi dari Play Store, sebelum aplikasi bisa dibuka. Maka akan ada layar berisi tulisan “Memindai” aplikasi oleh Google Play Protect. Fungsi pemindaian ini untuk mengetahui apakah sebuah aplikasi mengandung virus, malware, atau potensi yang dapat membahayakan ponsel atau tidak. Juga aplikasi-aplikasi yang bisa mencuri data penggunanya hingga yang MOD sekalian.

Google Play Protect ini akan selalu diperbarui secara otomatis (default). Sehingga setiap ancaman model baru pada aplikasi yang terinstal juga pastinya sudah diantisipasi oleh sang “Antivirus Android Bawaan” tersebut. Artinya kalau mau instal aplikasi yang ada virusnya, notifikasi aplikasi berbahaya terdeteksi akan muncul. Hal ini juga menyebabkan instalasi aplikasi di Android 11 mengalami kegagalan akibat keamanan yang cukup ketat.

masalah pemberitahuan uninstal aplikasi berbahaya

Kondisi tersebut juga diperkuat dengan kerjasama Play Protect dengan ESET, Zimperium dan Lookout membentuk App Defense Alliance. Perusahaan penyedia antivirus dan keamanan awan tersebut bakalan membuat kamu makin susah untuk instalasi aplikasi Mod dan membiarkan aplikasi berbahaya terus ada pada ponsel android. Lalu apakah bisa tetap instal aplikasi Mod dan menghilangkan tulisan aplikasi berbahaya terdeteksi? Tipsnya dibawah ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Berbahaya Terdeteksi Google Play Protect

Beberapa langkah sederhana bisa kamu lakukan untuk sekedar menghilangkan notifikasi yang muncul dan mungkin mengganggu. Akan tetapi konsekuensi kembali ke kamu yang menggunakan aplikasi tersebut. Tapi si Play Protect ini juga kadang salah persepsi (salah mendeteksi) dimana kita bahkan pake aplikasi Ori di Play Store, eh masih aja kedetek berbahaya. Berikut cara mengatasinya:

Cara Menghilangkan Pesan Uninstal Aplikasi Berbahaya (Dan Terdeteksi)

Langkahnya yaitu kamu perlu menonaktifkan proteksi Google Play Protect. Jadi meskipun kamu instal aplikasi berbahaya, maka notifikasi gak akan muncul lagi. Aplikasi tetap berjalan biasa tanpa ada peringatan lagi. Langkahnya yaitu:

  • Buka aplikasi Play Store
  • Klik gambar akun di Pojok Kanan Atas
  • Pilih menu Play Protect
  • Klik tombol Gear (Pojok Kanan Atas)
  • Ketuk Pindai Aplikasi Dengan Play Protect menjadi Off/mati
  • Ketuk pada Tingkatkan Deteksi Aplikasi Berbahaya menjadi Off
menghilangkan uninstal aplikasi berbahaya android

Setelah dinonaktifkan, sekarang kamu tidak akan menemukan peringatan aplikasi berbahaya terdeteksi baik berupa pesan pop-up maupun di bilah pemberitahuan. Perlu diingat, cara ini akan menghilangkan kemampuan Play Protect untuk memindai aplikasi yang baru diinstal. Play Protect juga tidak akan memindai aktivitas aplikasi mencurigakan dan berbahaya di ponsel android. Jadi Do Your Own Risk. Tidak direkomendasikan mematikan pengamanan aplikasi bawaan Google ini. Hanya buat kamu yang paham, ngerti dan yakin saat mau instal aplikasi memastikan dia aman.

Tidak Menggunakan Aplikasi MOD

Whatsapp MOD nih yang sering banget kena senggol Google Play Protect membuat notifikasi aplikasi berbahaya muncul. Ya memang aplikasi modifikasi ini sudah pasti mengandung beberapa hal yang tidak diawasi oleh Google. Mending gak usah pake aplikasi modifikasi sekalian biar aman. Hanya buat kamu yang yakin aman aja boleh menggunakannya.

Menghapus Data Aplikasi Google Play Service

  • Buka Setelan/Pengaturan
  • Cari pengelola aplikasi di ponsel android kamu yang memunculkan semua daftar aplikasi
  • Klik aplikasi Layanan Google Play (Google Play Service)
  • Hapus Semua Data (Hapus Penyimpanan)
  • Hidupkan ulang ponsel kamu

Cara mengatasi aplikasi berbahaya terdeteksi oleh Play Protect karena kesalahan sistem bisa diterapkan. Karena Play Protect kadang ngawur, Whatsapp original kok kedetek berbahaya. Kamu perlu membersihkan komponen aplikasi Play Service tersebut. Banyak juga nih user yang mengalami masalah notifikasi uninstal aplikasi berbahaya dan juga uninstal aplikasi berbahaya.

Tapi kalau memang dalam aplikasi Whatsapp kamu berbagi file apk yang berbahaya, maka bisa jadi benar si Play Protect mendeteksi hal tersebut.

Beberapa langkah untuk mengatasi masalah notifikasi Aplikasi Berbahaya Terdeteksi diatas bisa kamu coba satu persatu. Pastikan kamu instal aplikasi terpercaya agar tidak ada masalah yang menyerang ponsel pintar.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.