Mengatasi Gagal Instal Aplikasi Di Android 11

  • 3 min read
  • Jul 23, 2021
gagal instal aplikasi di android 11

Kamu yang udah update ke OS terbaru, apakah mengalami gagal instal aplikasi di Android 11? Sistem operasi android terbaru ini punya kelebihan yang admin sangat sukai yaitu Keamanan. Segi yang dikuatkan ini berimbas ke kamu yang mau instal aplikasi dari luar Play Store jadi agak bermasalah atau gak bisa.

Instalasi aplikasi yang gagal di Android 11 yang sumbernya dari luar Play Store biasanya ditandai dengan pesan Kesalahan Verifikasi. Atau lengkapnya Gagal Instalasi Aplikasi, Paket tidak dapat diinstal karena kesalahan verifikasi. Dalam bahasa inggris ditandai dengan Verification Did Not Success.

Melakukan instalasi aplikasi GCAM juga gagal setelah update ke Android 11. Keamanan yang ditingkatkan dan berbagai variabel yang berubah membuat kamu perlu sedikit mengutak-atik berbagai setelan pada ponsel kamu.

Cara Mengatasi Gagal Instal Aplikasi Di Android 11

Untuk kamu yang ingin memasang aplikasi pihak ketiga seperti diunduh dari APKPure, QOOApp, APKMirror atau dikirim dari temenmu tidak bisa sembarangan dilakukan di Android 11. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi gagal instal aplikasi di Android 11 dengan notifikasi pesan Kesalahan Verifikasi.

1. Mengaktifkan Perizinan Instal Aplikasi Tidak Dikenal

Jika kita masih menggunakan sistem operasi Android 9 dan 10, jika instalasi aplikasi tidak bisa dilakukan karena belum diizinkan dari Sumber Yang Tidak Dikenal maka akan muncul pesan tersebut bahkan sebelum proses berjalan. Biasanya berisi pesan notifikasi aplikasi tidak diizinkan menginstal aplikasi dari sumber ini. Akan ada tombol untuk membuka setelan dan bisa mengaktifkan perizinan.

Berbeda dengan Android 11 yang pada saat instalasi aplikasi (pada beberapa kasus) sama sekali tidak menunjukkan pesan untuk memberi izin instal dari sumber yang tidak dikenal. Proses instalasi berjalan begitu saja dan muncul pesan Kesalahan Verifikasi.

Langkah untuk mengatasi gagal instal aplikasi di Android 11 yaitu dengan:

  • Buka setelan aplikasi di ponsel kamu (klik pada pencarian di bagian atas atau ikon kaca pembesar ketikkan
  • Aplikasi)
  • Pilih aplikasi yang digunakan untuk instalasi dari sumber tertentu. Misal dari File Manajer/File Saya, Chrome dimana letak file berada
  • Pilih pada Perizinan
  • Aktifkan untuk Instal Sumber Tidak Dikenal aplikasi terpilih
    mengatasi verification failed android 11
  • Cobalah lagi untuk instal aplikasi bersumber luar Play Store

Beberapa ponsel lain, untuk mengaktifkan perizinan Aplikasi Sumber Tidak Dikenal ada di Pengaturan – Perangkat & Privasi. Sebagian lagi ada di Pengaturan – Keamanan & Privasi. Lainnya pada Pengaturan – Biometrik dan Keamanan.

Izinkan penginstalan dari sumber tidak dikenal, instal aplikasi yg tdk dikenal juga merupakan menu-menu pada android pada umumnya. Sumber tidak dikenal juga. Aktifkan atau tambahkan aplikasi dimana kamu akan melakukan instalasi.

2. Hapus Pembaruan Aplikasi Layanan Google Play

Cara gagal instal aplikasi di Android 11 selanjutnya adalah menurunkan versi keamanan Google. Dalam hal ini aplikasi Google Play Service ikut andil dalam proses instalasi. Kamu perlu menghapus pembaruan aplikasi ini, langkahnya:

  • Buka Pengaturan/Setelan di ponsel android
  • Cari Pengaturan Aplikasi pada pencarian di bagian atas (ikon kaca pembesar ketikkan Aplikasi)
  • Buka daftar semua aplikasi baik itu sistem maupun terinstal
  • Cari aplikasi Google Play Service atau Layanan Google Play
  • Pilih Uninstal Pembaruan/ Hapus Pembaruan/ Uninstall Update lalu Oke
  • Lakukan instalasi aplikasi lagi di ponsel dengan Android 11 milikmu
    mengatasi gagal verifikasi aplikasi android 11

Biasanya setelah Layanan Google Play dihapus pembaruannya, gagal instal aplikasi di Android 11 sudah bisa teratasi. Jika memang belum teratasi atau masih muncul Kesalahan Verifikasi saat melakukan instal, kamu perlu update lagi aplikasi Layanan Google Play ke versi terbaru, caranya:

  • Buka aplikasi Chrome kamu
  • Masukkan dan kunjungi
  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.gms
  • Setelah itu buka dengan Play Store
  • Klik pada Perbarui/Update
  • Aplikasi Google Play Service di ponsel kamu sudah update
  • Restart/Hidupkan ulang ponsel android lalu cobalah instal aplikasi lagi

Pastikan juga pas kamu memperbarui atau hapus Google Play Service, tutorial pertama yaitu mengizinkan sumber tidak dikenal di atas harus sudah diaktifkan. Sehingga gagal instal aplikasi di Android 11 bisa dilakukan dengan lancar.

Penutup

Ada cara rumit yang lain untuk mengatasi instalasi aplikasi di Android 11 gagal yaitu dengan akses Root. Tentunya gak direkomendasikan admin sih. Lebih baik pake cara yang aman saja seperti diatas.

Jika memang instalasi aplikasi masih tetap gagal juga, berarti ada masalah dengan APK yang ingin kamu instal. Sepertinya memang tidak cocok dipasang di Android 11. Bisa saja mengandung Malware/Virus atau mungkin menyalahi aturan perizinan Android 11 yang sedemikian ketat. Meskipun begitu, fitur Android 11 juga cukup keren lho, kamu harus tahu terlepas dari kekurangan yang menyebabkan masalah diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *