Aplikasi Android Wajib Untuk Mahasiswa

  • 3 min read
  • Jan 25, 2021
aplikasi android wajib untuk mahasiswa

Halo penggiat tugas dan SKS, droidinside punya info aplikasi android wajib untuk mahasiswa. Berbagai tugas mata kuliah memang menjadi hal wajib yang harus kamu selesaikan. Disamping dosen yang punya karakteristik tersendiri yang harus diikuti. Kamu harus tahu beberapa aplikasi yang mungkin dapat meringankan berbagai tugas berat kamu sebagai mahasiswa.

Selain meringankan, dapat juga menunjang produktivitas kamu sebagai pelajar. Dapat digunakan di waktu luang maupun pada saat berjalannya kegiatan perkuliahan daring maupun luring.

Selain tugas utama yang bermacam rupa saat kamu kuliah. Tidak ada salahnya untuk menginstal aplikasi android wajib untuk mahasiswa dibawah ini. Admin sertakan juga beberapa kegunaannya, dan pastinya aplikasi tersebut bisa kamu temukan di Play Store maupun terdapat kesamaannya di penyedia aplikasi pihak ketiga.

8 Aplikasi Android Wajib Untuk Mahasiswa

1. Aplikasi Pembaca PDF (Sejenis WPS Office, Polaris Office, EzPDF Reader)

Aplikasi penunjang ini akan membantu kamu membuka file PDF. File ini biasanya berisi materi atau jurnal penting terkait perkuliahan. Selain pembacaan PDF, file berbentuk Power Point, Excel, maupun Word dapat dibuka dengan WPS Office. Jika sudah terlalu banyak membuka file PDF, aplikasi ini perlu dihapus datanya agar melegakan penyimpanan.

2. Aplikasi Edit Office (Microsoft Office: Word, Excel, Power Point)

Untuk dapat mengedit file Office dengan cepat sebelum dikumpulkan, aplikasi android wajib untuk mahasiswa ini sangat membantu. Semisal ada sedikit revisi sebelum ngeprint atau dikumpulkan ke dosen. Meskipun agak ribet mengedit dokumen di android, setidaknya dapat mengedit secara portabel jika tidak ada waktu maupun laptop.

3. Aplikasi Sumber Jurnal Dan Karya Ilmiah (Researcher, Academia.edu)

Seringkali kita diberi tugas membuat makalah. Dosen terkadang memberikan minimal jumlah halaman sebuah makalah. Jika kamu kekurangan sumber daya tulisan kamu dapat mencari inspirasi tulisan dari aplikasi Academia.edu. Disana terdapat banyak makalah dari berbagai mahasiswa yang dapat digunakan untuk tambahan isi makalah.

Melalui aplikasi Researches, kamu bisa mencari berbagai jurnal dari 16 ribu peneliti. Berbagai paper berbentuk jurnal berbahasa inggris selain dapat menambah sumber untuk makalah kamu. Hal ini dapat membantu mencari sumber penelitian untuk skripsi atau tesis sesuai dengan bidang kuliah yang ditekuni.

4. Aplikasi Perpustakaan Bahan Bacaan (iPusnas, Perpustakaan Online Kampus)

Beberapa kampus terkenal memberikan akses ke perpustakaan online. Mahasiswanya biasanya diberi akses terkait perpustakaan khusus setiap kampus. Selain dapat mengakses publikasi penelitian alumni, disini kamu dapat mengakses buku offline yang tersedia di rak perpustakaan.

iPusnas sebagai pembanding maupun tambahan bacaan yang menyediakan buku secara gratis. Namun mungkin sumber bacaan ini kurang lengkap dan mendalam untuk mencari materi bacaan atau materi untuk tulisan makalah/skripsi.

5. Aplikasi To Do List (Tugas dan Catatan)

Aplikasi android wajib untuk mahasiswa yang satu ini tidak boleh dilupakan. Biasanya setiap android dengan antarmuka bawaan seperti MIUI, Zen UI, One UI dan berbagai UI merek lainnya menyediakan aplikasi tugas/To Do List. Jika tidak ada maupun fiturnya kurang kamu bisa temukan aplikasi sejenis di Play Store.

To Do List menjadi hal utama apa saja yang harus kamu lakukan tiap hari mengikuti jadwal mata kuliah dan kegiatan kampus lain. Dengan aplikasi ini, kamu tidak akan kelupaan untuk menyelesaikan daftar kegiatan yang harus dilakukan.

6. Aplikasi Terjemahan (Google Lens, Terjemahan, dan Oxford Dictionary)

Selain untuk penerjemahan secara ringan menggunakan Google Translate. Aplikasi Kamus Oxford, akan memberikan petunjuk cara pengucapan, sinonim yang membantu kamu memperbanyak kosa kata bahasa inggris. Akan bagus untuk kamu dalam menulis makalah atau tugas dengan presentasi dalam bahasa inggris.

7. Kamus Bidang Kuliah (Kamus Kesehatan, Geologi, Pemrograman, Kedokteran dan lain-lain)

Semisal kamu kuliah jurusan kesehatan, kamu perlu instal kamus kesehatan yang membantu menambah perbendaharaan kata tentang jurusan kuliah kamu. Sebenarnya lucu juga jika ada istilah yang tidak kamu ketahui pada jurusan kuliahmu. Aplikasi android wajib untuk mahasiswa ini akan membantu menghindari salah jurusan yang biasa dialami. Dengan mengenal istilah pada pelajaran mungkin membantu kamu mencintai jurusan kamu.

8. Aplikasi Penghitung Statistik (Kalkulator, Statistik, Statistical Analyzer)

Terkhusus mahasiswa akhir yang bingung dengan penelitian. Judul apa, bagaimana perhitungannya dan lain sebagainya. Aplikasi statistik ini dapat membantu kamu menentukan jumlah sampel penelitian, perhitungan angka validitas, dan reliabilitas instrumen penelitian. Karena statistik bagi sebagian mahasiswa adalah momok karena perhitungan yang bikin pusing.

Penutup

Berhubungan dengan mata kuliah dan jurusan yang begitu beragam. Aplikasi android wajib untuk mahasiswa diatas mungkin kurang berguna bagi jurusan tertentu. Namun bisa juga aplikasi android wajib untuk mahasiswa di atas sangat berguna untuk lain jurusan.

Beberapa aplikasi sangat dibutuhkan untuk mahasiswa dengan jenjang perkuliahan S1 dimana harus melakukan penelitian untuk skripsinya. Meskipun ada tugas akhir untuk jenjang di bawahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *