Android 11 Samsung Galaxy A51 Keluh Kesah Kelebihan Kekurangannya

  • 3 min read
  • Apr 16, 2021
android 11 samsung galaxy a51

Android 11 Samsung Galaxy A51 sudah resmi meluncur pada ponsel Mid End dengan brand yang terkenal dengan layar Super Amolednya ini. Smartphone dengan Fingerprint pada layar ini sebelumnya telah lahir dengan Android 10.

Bulan maret 2021 lalu, mendapatkan pembaruan ke Android 11. Sudah pasti ponsel ini akan membawa fitur Android Generasi ke 11 ini. Apa saja kelebihan dan kekurangan yang dirasakan oleh pengguna setelah mereka memperbarui ke Android 11 ? Simak infonya dari Droidinside.

Informasi Update Android 11 Samsung Galaxy A51

Galaxy A51 memiliki antarmuka ONE UI 2.5 jika di update terakhir sebelum berpindah sistem operasi. Android 11 di ponsel Samsung A series membawa antarmuka ONE UI 3 secara Official sudah keluar bahkan untuk ponsel region Indonesia. ONE UI 3.0 hadir pertama kali ketika ponsel ini mendapat peningkatan ke Android 11 dan yang paling baru sudah sampai ke ONE UI 3.1 pada Galaxy A51.

Untuk fitur yang disematkan pada ONE UI 3.0 rilis pada bulan Februari ini sudah pasti tidak akan jauh dari dengan apa yang ada pada Android 11. Begitupun versi 3.1 yang merupakan pembaruan keamanan dan perbaikan bug.

Update dilakukan secara On The Air atau ponsel mendapatkannya langsung dari server dan diperbarui melalui Updater di Pengaturan. Sampai artikel ini dirilis, belum semua pengguna A51 mendapatkan update OTA ini. Tunggu waktu saja, dan keseluruhan pengguna pasti akan mendapatkannya. Karena beberapa informasi yang beredar, ONE UI 3.1 akan hadir pada bulan Mei 2021 alias berangsur-angsur dan akan serentak pada waktu tersebut.

Fitur ONE UI Versi 3

Karena naik ke Android 11 yang baru, pasti akan ada pembaruan tampilan dan fitur-fiturnya. Berita baiknya, fitur Samsung Flagship Galaxy S21 akan diturunkan ke adik-adiknya dan pada ponsel Mid End Samsung juga. Android 11 Samsung Galaxy A51 ini sudah pasti akan disematkan fitur Flagship layaknya versi ONE UI 2 sebelumnya.

Berikut ini beberapa fitur yang bakalan di sematkan di Android 11 Samsung Galaxy A51:

  • Fitur penghapus objek. Layaknya spot healing tool pada Photoshop, kamu bisa memperbaiki foto dengan menghapus objek yang tidak penting.
  • Sentuhan Autofocus dan Auto Exposure. Dapat mempermudah pemilihan fokus dan menyetel kecerahan layar sehingga dapat menangkap gambar dengan pencahayaan yang baik
  • Multi Mic Recording. Sebuah fitur perekaman video dengan beberapa mikrofon. Jadi kamu bisa merekam video sambil merekam suara dari perangkat Samsung lain seperti Galaxy Buds Pro dan Buds Live dengan konektivitas Bluetooth
  • Auto Switch. Fitur Android 11 Samsung Galaxy A51 ini membuat kamu dapat berganti output suara device Samsung lainnya seperti Galaxy Buds dan Speaker Bluetooth dan speaker A51 kamu sendiri serta colokan Jack Audio hanya lewat jari tanpa perlu melepasnya.

Kelemahan (Bug) Dan Kelebihan Android 11 Samsung Galaxy A51

Droidinside mengambil beberapa informasi dari Forum Samsung Mobile, Grup Facebook dan dari user langsung kawan admin. Untuk dapat memberikan penuturan beberapa kelemahan maupun kelebihan yang mereka rasakan setelah update.

Kelemahan (Bug)

  • Baterai sedikit boros, Screen On Time sebelumnya 16 jam menjadi hanya 13 jam. Ini maklum terjadi karena ada penyesuaian sistem untuk beberapa hari selang waktu penggunaan akan normal kembali.
  • Konektivitas bluetooth agak bermasalah, kadang-kadang terputus dan untuk pengguna Headset Bluetooth suaranya sumbang (besar sebelah) terkadang
  • Folder Android – Data gak bisa diakses (kosong). Yang ini sudah jelas karena murni fitur keamanan dari Android 11.
  • Aplikasi Kalkulator selalu menutup. Bisa diatasi dengan update aplikasi ini melalui Galaxy Store.
  • Aplikasi tidak bisa menutup dari Recent Apps. Saat tombol ini ditekan, kita bisa menutup sebuah aplikasi dengan swipe ke atas. Beberapa aplikasi sudah ditutup dari Recent Apps tapi masih saja nongol lagi ketika tombol ini ditekan lagi. Ini mungkin bug yang akan diperbaiki du pembaruan selanjutnya.
  • Fitur Split Screen jadi aneh. Saat pada mode ini dimana aplikasi terbagi menjadi 2 layar, tombol Home Screen tidak dapat terbuka. Biasanya kita buka fitur Split Screen, aplikasi akan ada dibagian atas. Kemudian kita bisa menekan tombol Home untuk membuka aplikasi lain menjadi jendela kedua. Ini tidak dapat dilakukan, saat Split Screen aktif kita harus memilih aplikasi dari Panel Samping saat itu juga. Saat diaktifkan, Youtube bakalan pause videonya.

Kelebihan

  • Baterai jadi awet atau beberapa pengguna merasakan gak ada beda di Android 11 Samsung Galaxy A51 mereka
  • Fitur Double Tap To Sleep. Nah, akhirnya Samsung ngasih juga ini yang bisa kamu akses melalui Pengaturan – Gerakan Dan Gestur. Tap 2x untuk membuat ponsel terkunci dan sleep hadir juga di ONE UI 3.1
  • Performa lebih baik. Beberapa dari pengguna yang bermain Genshin Impact jadi lebih Smooth dan lebih jarang patah-patah di versi 6 Gb
  • Kecerahan layar utama dengan layar kunci sama. Karena sebelumnya pada layar kunci lebih redup
  • Tampilan lebih baru. Kalau yang ini wajib lah, masak up versi android gak ada perbedaan ikon sih. Panel notifikasi, menu homescreen, tombol volume punya tampilan yang baru
  • Rasakan pengalaman privasi dan kontrol media di Android 11 ini, cukup membantu kamu untuk penggunaan sehari-hari atau pekerjaan

Penutup

Itulah beberapa informasi kelebihan dan kekurangan mereka yang merasakan Android 11 Samsung Galaxy A51. Tips untuk update via OTA adalah gunakan koneksi data seluler yang bagus dengan kuota yang cukup sekitar 2 -3 Gb. Proses unduh Firmware saat update terkadang mengalami kendala, kamu bisa mengulanginya terus sampai lancar.

Setelah mengetahui beberapa fitur di atas, pastinya kamu akan ngiler dengan berbagai tambahan dan kelebihan yang dimiliki. Tapi yang gak suka kelemahannya ya tinggal jangan update dulu lah. Stay Tune aja di Droidinside, untuk update Bug dan Fix dari Android 11 Samsung Galaxy A51 yang satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *