Fitur Baru Samsung Galaxy A51 Setelah Update | Droidinside

Fitur Baru Samsung Galaxy A51 Setelah Update

  • 3 min read
  • Okt 22, 2020
samsung galaxy a51 setelah update

Fitur apa saja yang akan kamu dapatkan pada Samsung Galaxy A51 setelah update ? Apakah pembaruan ini membawa dampak yang lebih baik atau malah membawa beberapa kekurangan?

Samsung Galaxy A51

Ponsel besutan Samsung yang satu ini masuk pada pangsa pasar mid-end. Dengan harga sekitar 4 jutaan (baru) ponsel ini mengusung layar super Amoled sebesar 6,5 Inchi berbekal Chipset Exynos 9611. Dukungan keamanan layar Gorilla Glass 3, dan menggunakan fitur sidik jari dibawah layar tidak salah ponsel ini menjadi pilihan berat untuk tidak dimiliki.

Hadir sejak lahir mengusung Android 10 dengan antarmuka khas Samsung, yaitu One UI 2.0 yang bisa di update ke One Ui 2.5 menawarkan antarmuka yang tidak kalah dengan ponsel lainnya Jika dibandingkan dengan Galaxy A50 nya masih menggunakan One Ui 2.0, ada fitur keyboard Samsung pada One UI 2.5 yang langsung dapat mencari video populer dari aplikasi Youtube.

Pembaruan merupakan sebuah fitur yang digadang-gadang selalu diberikan oleh Samsung. Untuk setiap ponsel seri Galaxy, Samsung memberikan penawaran dukungan pembaruan sampai 3 update android bahkan untuk seri A yang terkenal murah sekalipun. Lantas apa saja yang kamu dapatkan pada Samsung Galaxy A51 setelah update?

Samsung Galaxy A51 Setelah Update

Update pada ponsel Samsung biasanya ditandai dengan pembaruan Patch diikuti dengan Bulan. Hampir setiap bulan terlihat Galaxy A51 terus mendapatkan pembaruan yaitu Patch bulan April, Juni, September, Oktober tahun 2020.

update terbaru samsung A51

Update Patch Keamanan April

Patch April merupakan update yang paling besar ukurannya sejak ponsel pertama diluncurkan, dengan ukuran sekitar 1,3 Gb berikut beberapa fitur baru yang akan kamu dapatkan:

  • Fitur baru peningkatan Emoji AR yang telah ditambahkan
  • Pada Galeri akan ada pengelompokkan gambar maupun video yang sesuai, dengan dukungan penggabungan Album berbeda menjadi satu
  • Keyboard Samsung ditambah dengan fitur terjemahan dari berbagai bahasa, pencarian emoji, dan terdapat fungsi Undo/Redo dengan mengusap keyboard dengan 2 jari kekiri/kekanan
  • Quick Share atau berbagi cepat bisa kamu lakukan layaknya fitur bawaan milik Android 10
  • Music Share akan mempermudah kamu berbagi lagu yang sedang diputar dengan Bluetooth

Pada Patch April beberapa pengguna mengeluhkan penggunaan Keyboard Samsung menjadi Lag atau kurang responsif. Membuka kunci dengan sidik jari diikuti dengan kedipan layar (flicker). Kedua masalah ini ternyata dapat diatasi dengan Patch keamanan bulan selanjutnya atau restart pengaturan pabrik.

Selanjutnya ada masalah Samsung Galaxy A51 setelah update pada perekaman layar yang menjadi hilang setelah update dan tidak bisa berjalan dengan baik. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan penghapusan pembaruan pada aplikasi. Buka Setelan – Aplikasi – Samsung Gambar (Samsung Capture) – klik Hapus/ Hapus Instalan Pembaruan. Selanjutnya buka Aplikasi Galaxy Store – Cari Samsung Capture (Gambar Samsung) – Instal atau lakukan update. Maka masalah tersebut akan terpecahkan.

Update Patch Juni

Pada update ini kamu hanya akan mendapatkan pembaruan yang tidak terlalu mencolok. Yaitu perbaikan bug, peningkatan keamanan terbaru, peningkatan kestabilan perangkat dan peningkatan fitur yang sebelumnya ada. Sejauh update ini, hanya ada 2 keluhan yaitu baterai sedikit boros dan paksa mode gelap mengalami masalah.

Baterai menjadi sedikit lebih boros ini dirasakan sedikit saja pengguna Samsung Galaxy A51 setelah update. Umumnya ini adalah pembiasaan sistem setelah melakukan update. Boros yang dimaksud oleh pengguna adalah relatif karena penggunaan bermain game dan pada tempat yang sinyalnya susah.

Pada saat kamu mengaktifkan opsi/pilihan Pengembang di Galaxy A51, ada sebuah fitur Paksa Mode Gelap yang bisa diaktifkan. Fungsinya adalah memaksa semua tampilan menjadi mode gelap hingga ke dalam aplikasi. Bug yang ada adalah ketika fitur ini diaktifkan maka sidik jari/fingerprint tidak akan terbaca dengan baik. Untuk itu, mode developer adalah untuk orang yang mengerti saja, jangan ikutan mengaktifkan mode ini.

Update Patch Oktober

Berikut ini beberapa informasi hal baru pada Samsung Galaxy A51 setelah update Patch Oktober:

  • Fitur baru mendeteksi kekuatan wifi (slow, normal, fast, very fast) pada Informasi Kualitas Sinyal melalui menu wifi dan fitur meminta password akan muncul
  • Samsung Keyboard akan mendukung spit pada mode landscape
  • Pesan SOS sebagai salah satu panggilan darurat Android akan tersedia
  • Peningkatan stabilitas kamera

Penutup

Agar kamu bisa mendapatkan berbagai fitur dari Samsung Galaxy A51 setelah update, kamu bisa membuka pengaturan – pembaruan perangkat lunak. Simak terus disana dan mungkin update an selanjutnya bisa menyelesaikan berbagai masalah bug ponsel kamu.

Tinggalkan Komentar!