Android 11 Di Realme 6 Pro Kekurangan Dan Kelebihan

  • 3 min read
  • Sep 20, 2021
android 11 di realme 6 pro

Droidinside berbagi cerita update Android 11 di Realme 6 Pro, yang merupakan ponsel yang masih up to date sampai saat ini. Android 11 membawa segudang fitur baru yang mungkin masih asing ditelinga pengguna android. Tapi yang namanya update pasti ada kekurangan maupun kelebihannya. Disini informasi tentang hal tersebut admin sajikan, supaya kamu makin yakin buat update atau malah jadi ragu untuk melakukannya.

Informasi Update Android 11 Di Realme 6 Pro

Dilansir dari berbagai sumber, rilis update untuk Realme 6 Pro dengan Android 11 telah muncul sejak awal September 2021 lalu. Mungkin butuh waktu beberapa minggu lagi untuk bisa secara serentak semua pengguna ponsel ini mendapatkannya.

Jika belum mendapatkan yang stabil, bisa jadi salah satu dari kamu termasuk dalam pengguna Beta atau percobaan. Karena beberapa pengguna ponsel ini sebagian sudah mendapatkan pembaruan baik untuk versi Realme 6 Pro. Bahkan beberapa pengguna di negara ini ada yang telah update ke Android R sejak bulan Juli. Namun rumor beredar, bahwa Realme 6 tidak kebagian update Android 11 ini.

Mengusung antarmuka yang telah diperbarui, Realme UI 2.0 membawa kesan kreatif dalam sosial dan produktif. Sudah pasti berbagai fitur menarik yang ada pada antarmuka tersebut disematkan ke Android 11 di Realme 6 Pro. Sebagian pengguna mungkin tidak bisa merasakan perbedaan yang signifikan, karena belum banyak mengeksplorasi.

Bagaimana Cara Update Android 11 di Realme 6 Pro ?

Saat artikel ini dirilis, firmware atau file untuk unduhan update ke Android 11 secara offline belum ada. Kamu bisa terus cek laman https://www.realme.com/id/support/software-update lalu cari Realme 6. Ketika informasi sudah tertulis Realme 2.0 berarti sudah Android 11. Unduh file tersebut, pindahkan ke penyimpanan internal diluar folder lalu klik file. Proses update akan dilakukan.

Atau bisa melalui Over The Air dengan cek pembaruan. Buka Setelan ponsel Realme 6 Pro, kemudian pilih menu Pembaruan Perangkat Lunak. Klik unduh sekarang lalu instal sekarang. Ini membutuhkan baterai diatas 70% biar aman dan kuota yang banyak.

Update OTA Android 11 di Realme 6 Pro diawali dengan versi RMX2061_11_C.17 yang mungkin bisa berbeda untuk tiap pengguna. Ukuran update cukup fantastis sekitar 3,5 GB memberikan gambaran akan ada banyak komponen baru dilihat dari besarnya file.

Kelebihan Dan Kekurangan Setelah Update

Admin selalu menyarankan untuk melakukan Reset/Wipe Data ponsel setelah melakukan pembaruan ke versi Android yang lebih baru. Karena sistem dan aplikasi tidak perlu menyesuaikan lagi. Dengan hp lebih fresh, akan lebih sedikit kekurangan yang dirasakan.

Berikut kekurangan yang dirasakan pengguna setelah update ke Android 11 di Realme 6 Pro. Untuk berbagai ekor, dari pertama update hingga beberapa ekor memberikan beberapa masalah diantaranya:

  • Baterai menjadi lebih boros, untuk beberapa minggu pertama penggunaan. Setelah itu ada yang berangsur kembali seperti biasa
  • Permasalahan saat bermain game: sinyal tidak stabil, ngelag/nge frame, masih terdapat Ghost Touch, patah-patah
  • Masalah penyimpanan: musik tidak bisa diputar di latar belakang, file obb di folder Android – Data tidak bisa dibuka, memindahkan file di galeri tidak bisa dilakukan.
  • Kendala jaringan tidak muncul setelah update (bisa diselesaikan dengan matikan ponsel lalu pasang ulang kartu, hidupkan kembali)
  • Setelah udpdate hp jadi panas
  • Keluaran suara menjadi agak cempreng, seperti perlu disetel ulang Dolby
  • Video gerak lambat mengalami Bug kedip-kedip

Gak cuma kekurangan aja yang ada sih Android 11 di Realme 6 Pro. Masih tetap ada harapan kebaikan yang didapat para penggunannya. Fitur Android 11 memiliki tingkat keamanan yang cukup baik, sehingga kedepannya masalah aplikasi aneh yang terinstal sendiri tidak terjadi lagi. Salah satu masalah yang membuat orang bisa kebobolan data pribadi termasuk siftnya sensitif seperti kode OTP.

Manfaat ini mereka rasakan setelah melakukan Reset ulang atau kembali ke pengaturan pabrik setelah update. Beberapa kelebihan tersebut beberapa yaitu:

  • Kontrol volume yang lebih lengkap, kamu bisa berpindah output suara dengan lebih mudah. Misalnya ada headset dan terhubung speaker bluetooth, kamu bisa memilih salah satu dari keduanya dalam mengeluarkan suara. Berpindah tidak ada masalah dan cepat.
  • Tambahan fitur yang ada di Android 11 pada umumnya
  • Sebagian pengguna malah merasa ada peningkatan untuk bermain game yang lebih berat seperti COD dan PUBG.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *