Amankah Hapus Data Google Play | Droidinside

Amankah Hapus Data Google Play

  • 3 min read
  • Sep 26, 2020
amankah hapus data google play

Bagi kamu yang memiliki banyak aplikasi, hapus data Google Play Store dan Google Play Service mungkin bisa jadi solusi atas besarnya penyimpanan. Tapi apakah cara ini memang aman?

Hapus Data Aplikasi

Dalam beberapa artikel yang pernah admin ungkapkan, menghapus data aplikasi merupakan sebuah cara untuk melonggarkan penyimpanan yang penuh. Data Google Chrome merupakan salah satu aplikasi yang mungkin bisa kamu hapus. Soalnya aplikasi browsing dari Google ini seringkali menyebabkan penyimpanan penuh.

Selain itu, menghapus data beberapa aplikasi seperti pemutar video, pembaca pdf, dan aplikasi sharing file juga aman dilakukan. Umumnya aplikasi-aplikasi ini dihapus karena sering dipakai sehingga penyimpanannya membengkak dan berdampak pada penuhnya ruang bebas memori.

Umumnya aplikasi-aplikasi yang aman datanya dihapus adalah mereka yang tidak membutuhkan koneksi internet. Sehingga dimungkinkan tidak menggunakan akun yang tertaut seperti akun Google ataupun Email. Jadi akan aman hapus data tersebut tanpa perlu ragu login.

Namun, semua akan aman jika aplikasi yang tertaut akun dihapus datanya. Hanya tinggal mengingat-ingat ID login dan Password. Kelemahannya hanya jika lupa dan tidak mengetahui untuk recovery kata sandinya.

Lalu bagaimana dengan hapus data Google Play ?

Data Aplikasi Google Play

Bagi kamu yang banyak menginstal aplikasi seperti Game pada Android kesayangan pasti akan berhadapan dengan problem penyimpanan yang besar. Semakin banyak menginstal aplikasi, maka data aplikasi Google Play Store dan Google Play servis akan semakin besar.

Apabila android kamu cenderung baru, bisa dipastikan juga semakin besar penyimpanan aplikasi Google Play yang dibutuhkan. Semakin sering aplikasi/Game, dimainkan maka data aplikasi tersebut semakin besar. Biasanya game yang menjadi penyebab besarnya penyimpanan Google Play.

Coba saja kamu punya 2 game, seperti PUBG dan FreeFire atau Mobile Legend saja. Bisa dipastikan jika kamu sering memainkan game ini dengan rentang 2-6 jam sehari, ukuran Google Play kamu pasti hampir mencapai Setengah Gb.

Hapus data aplikasi Google Play pasti akan membuat penyimpanan ruang sedikit lega. Aplikasi Google Play merupakan sebuah aplikasi yang tertaut dengan akun Google atau Gmail. Apakah aman hapus data Google Play?

Amankah Hapus Data Google Play

Hapus Data Google Play adalah Aman. Aplikasi ini masih tetap bekerja normal apabila kamu menghapus penyimpanan datanya. Meskipun Google Play mengatur aplikasi maupun Game dengan akun yang tertaut. Aplikasi/Game masih berdiri sendiri dalam mengatur file-filenya.

Dengan menghapus data kedua aplikasi (Play Store dan Play Service) maka kamu akan mendapatkan sedikit hingga banyak ruang yang lebih lega. Ruang lega ini akan memperlancar saat kamu bermain game. Lagging pada game maupun beberapa masalah saat bermain game dapat diselesaikan dengan menghapus data aplikasi ini. Seperti masalah gagal login, tidak bisa masuk game karena ada isu pada akun tertaut dan lainnya.

Efek Hapus Data Google Play

Berikut admin berikan dalam bentuk poin-poin jika kamu melakukan pembersihan terhadap aplikasi ini:

  • Setelah kamu menghapus data Google Play Store dan Google Play Services, aplikasi tersebut akan merefresh dan kembali pada ukuran aslinya. Selanjutnya ukuran aplikasi akan semakin besar seiring kamu terus bermain Game lagi
  • Aplikasi Google Play akan melakukan download pembaruan secara otomatis. Beberapa game membutuhkan versi Google Play Service yang terbaru. Terkadang juga Google Play service tidak akan memperbarui diri sesuai dengan keadaan ponsel Android
  • Sebagian Game akan kembali mendownload Patch. Beberapa game memberikan data cache pada Google Play Service. Sehingga saat kamu membuka game setelah hapus data, game akan login lagi. Beberapa game akan mendownload data/patch lagi
  • Sebagian game yang terdampak akan logout. Maka kamu perlu masuk kembali dengan akun kamu ke game.

Penutup

Hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin hapus data aplikasi Google Play adalah dengan mengingat keseluruan akun dan Password yang dibutuhkan untuk login Game maupun aplikasi. Sehingga tidak ada masalah untuk masuk ke Game.

Menyiapkan data atau kuota internet untuk Google Play yang melakukan pembaruan data ataupun mendownload ulang data penting yang terhapus. Selain itu, kuota ini juga dibutuhkan untuk game yang kembali mendownload Patch atau Data.

Tinggalkan Komentar!