Setel Alarm Baterai Penuh Saat Ngecas Hp | Droidinside

Setel Alarm Baterai Penuh Saat Ngecas Hp

  • 3 min read
  • Okt 08, 2020
atur alarm baterai penuh

Ada beberapa cara yang bisa digunakan sebagai alarm Baterai penuh saat melakukan pengecasan. Hal ini akan membantu agar baterai Hp kamu awet dan tidak mudah rusak.

Mengisi Baterai Hp Dan Serba-Serbinya

Melakukan pengisian baterai hp yang benar merupakan hal yang diperdebatkan banyak orang. Apakah itu charging dimulai sejak Hp memasuki sisa daya 30% atau bisa dicharge kapan saja itu menjadi pilihan banyak orang.

Ada yang melakukan pengisian daya sampai penuh bahkan ditinggal tidur, karena percaya fitur cut/ pemutusan pengisian daya yang dimiliki hp. Ada yang tidak percaya fitur ini sehingga harus benar-benar charge sampai 100 persen dan langsung cabut.

Mengecas Hp agar awet juga dilakukan dengan charger dan kabel original. Menghentikan penggunaan saat diisi dayanya, dan bahkan mematikan ponsel juga merupakan beberapa tips agar baterai tidak cepat rusak.

Bagi kamu yang suka dengan model pengisian baterai tepat 100 persen kemudian cabut, kamu bisa mencoba beberapa cara seperti alarm baterai penuh. Bagaimanakah cara agar pengisian baterai tepat penuh dengan alarm ?

Cara Peringatan Alarm Baterai Penuh

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memberikan peringatan pengisian daya baterai Hp telah penuh. Cara manual dipadu dengan cara yang otomatis dan dengan budget sampai tidak menggunakan budget admin berikan tips nya disini.

Menggunakan Peralatan Dengan Budget

Kamu bisa menggunakan alat seperti stop kontak dengan timer yang digital maupun analog. Alat ini bisa kamu beli di toko Online dengan rentang harga 60 ribu sampai 200 ribuan.

Alat ini akan memutus daya pada colokan yang digunakan untuk mengisi daya baterai Hp sesuai dengan waktu yang ditentukan. Misalnya, waktu diatur selama 2 jam 10 menit merupakan lama pengecasan Hp secara umum. Maka akan bisa menambah awet baterai karena tidak over charging.

Kelemahan dari metode cut pengisian daya dengan rentang waktu ini adalah kamu harus menghitung secara manual berapa lama waktu yang digunakan untuk mengisi daya ponsel kamu tepat 100%. Misalnya, kamu harus hitung manual dari 20% baterai ponsel mulai dicolok ke charger dan menghidupkan stopwatch. Cek terus waktu sampai ponsel terisi tepat 100%.

Setelah ketemu rumusnya untuk pengisian daya ini. Kamu bisa atur waktu alarm baterai penuh tetapi bukan alarm sih, lebih ke stopkontak otomatis mematikan daya. Hasil pengukuran bisa berbeda-beda jika ponsel digunakan. Mending ponsel tidak digunakan saja sehingga pengisian bisa lebih cepat.

Menggunakan Aplikasi (Tanpa Budget)

Aplikasi rekomendasi dari admin adalah AccuBattery. Hanya berukuran sekitar 4 Mb an, kamu bisa membuat peringatan alarm baterai penuh. Aplikasi ini tidak membutuhkan akses root dan disediakan secara gratis (meskipun terdapat paket pembelian didalamnya). Kamu bisa mencari dan instal di Playstore.

Aplikasi juga memiliki fitur untuk cek kesehatan baterai dan tips dalam pengisian baterai. Dengan menunjukkan informasi pengisian daya terhadap life cycle (masa penggunaan baterai) yang sangat berguna.

Kamu tidak hanya bisa set alarm baterai penuh (100 persen), namun kamu juga bisa mengatur alarm sampai berapa persen alarm berbunyi memberikan peringatan. Misalnya kamu ingin set sampai 80% saja, setelah proses instal aplikasi selesai kamu bisa langsung geser aja ke berapa persen alarm berbunyi.

peringatan pengisian daya penuh

Proses instalasi Hp jangan posisi dicharge, untuk kalibrasi. Setelah kalibrasi selesai tinggal cas aja. Dan tentukan alarm charge nya. Saat alarm berbunyi, tinggal lepas kabel charger. Jadi secara manual kamu mencabut chargernya.

Kelemahan aplikasi ini adalah notifikasi alarm baterai penuh berupa nada yang pendek. Sehingga mungkin kurang terdengar jika ditinggal tidur atau aktifitas dengan suara bising.

Menggunakan Alarm Hp Sendiri Secara Manual (Tanpa Budget)

Cara terakhir ini hampir sama dengan cara pertama. Yaitu tentukan waktu berapa lama untuk pengisian daya ponsel kamu sampai 100 persen. Setelah didapat, kamu set alarm waktu yang dibutuhkan untuk pengisian penuh dibanding waktu saat mencolokkan charger. Alarm juga bisa kamu sesuaikan dengan lagu keinginan kamu.

Setelah alarm berbunyi, cabut charger dari stopkontak. Cara ini memang merupakan sebuah kelemahan karena dilakukan secara manual dan butuh pengukuran waktu.

Tinggalkan Komentar!