Mengatasi Youtube Vanced Error 400

  • Droidinside
  • Mar 19, 2022

Droidinside memberikan tips mengatasi Youtube Vanced Error 400. Notifikasi ini muncul ketika kita membuka aplikasi Youtube tanpa iklan tersebut. Error tersebut membuat aplikasi Vanced mengalami kendala tidak bisa dibuka dengan normal. Bahkan saat dibuka, layar jadi putih saja dengan kode Error 400 dengan pesan “Ada Masalah Dengan Server”. Apa saja penyebab dan solusi permasalahan tersebut? Berikut dibawah ini ulasannya.

Penyebab Masalah Youtube Vanced Error 400

Tepat setelah beberapa hari viral tutupnya Youtube Vanced kemarin, Error tersebut bermunculan dirasakan oleh pengguna aplikasi Youtube modifikasi tersebut. Masalahnya, Error tersebut membuat kita gak bisa dengan normal menjalankan aplikasi. Sebut saja, pas lagi dibuka langsung muncul angka 400 di layar dengan warna background putih. Atau memainkan sebuah video juga masih bisa, namun Error 400 muncul dibagian bawah video tempat dimana komentar dan jumlah like berada. Tapi gak sedikit juga sih dari para pengguna yang sama sekali tidak mengalami masalah tersebut. Admin sendiri tidak mengalami masalah Youtube Vanced Error 400.

youtube vanced masalah server 400

Penyebab utamanya sudah jelas karena layanan Youtube Vanced yang sudah tutup. Bahkan pada situs resminya, aplikasi ini sudah tidak tersedia. Kemungkinan dampak utamanya menjadi tidak bisa dibuka dan memunculkan kode Error 400. Dampak lainnya ada pada koneksi dengan akun Google yang login via MicroG aplikasi. Meskipun Vanced sudah tidak tersedia, namun layanan aplikasi yang bisa skip iklan endorse ini masih dipertahankan kok. Kamu masih bisa menikmati versi paling baru dari aplikasi ini hingga 2 tahun kedepan sejak tutup kemarin. Artinya Error tersebut masih bisa diperbaiki agar bisa dibuka kembali. Bagaimanakah caranya?

Cara Mengatasi Youtube Vanced Error 400

Beberapa langkah dibawah ini perlu kamu simak dengan seksama. Karena ada beberapa poin yang mungkin tidak boleh dilakukan yang akan menyebabkan Youtube Vanced kamu malah gak bisa dipake sama sekali. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan:

Hapus Data Aplikasi Youtube Vanced Saja

Solusi mengatasi Youtube Vanced Error 400 ini cukup pas dan banyak pengguna yang berhasil. Dengan menghapus data aplikasinya saja, lalu membukanya kembali sudah bisa dipastikan Error 400 bisa diatasi. Langkahnya:

  • Buka Pengaturan
  • Setelan Aplikasi
  • Membuka seluruh daftar aplikasi
  • Pilih Youtube Vanced
  • Hapus Data
mengatasi youtube vanced tidak bisa dibuka

Kita ketahui bersama kalau instal Youtube Vanced versi Non-Root itu ada beberapa komponen aplikasi seperti Vanced Manager dan MicroG. Kamu hanya diperbolehkan menghapus data aplikasi Vanced-nya saja. Apabila aplikasi lain yang masuk dalam komponen Vanced kamu hapus, bisa jadi Youtube Vanced kamu malah jadi Error dan gak bisa dibuka sama sekali. Perlu berhati-hati dengan aplikasi yang instalasinya memang agak ribet tersebut.

Cara tersebut bisa diterapkan pada semua versi Vanced. Bahkan versi lawas Vanced milik admin gak kena Error sama sekali. Pengguna yang masih menggunakan versi lawas juga ada yang bisa teratasi setelah melakukan cara tersebut.

Update Versi Aplikasi Youtube Vanced Terbaru

Melalui aplikasi Vanced Manager, kita bisa melihat versi aplikasi Vanced dan MicroG. Aplikasi manajerial tersebut membantu kamu melakukan pembaruan versi Vanced dan MicroG. Semakin baru aplikasi, maka semakin bagus fitur yang dimilikinya. Youtube Vanced Error 400 salah satunya disebabkan oleh aplikasi yang kurang update ke versi yang paling baru. Karena Vanced sendiri bilang dukungan untuk versi terakhir hingga 2 tahun. Kamu bisa langsung update dengan cara:

  • Tutup aplikasi Youtube Vanced
  • Buka aplikasi Vanced Manager, jangan tutup aplikasi selama proses update
  • Klik terlebih dahulu MicroG, tekan tombol Update (ikon keatas), dan tunggu hingga selesai
  • Kemudian, Update untuk Youtube Vanced (versi paling baru 17.03.38)

Setelah di update, Vanced kamu bisa bertahan selama 2 tahun sejak pertengahan Maret 2022. Tidak disarankan uninstal atau hapus data aplikasi Vanced Manager. Ini bisa membuat aplikasi Vanced kehilangan fungsi normalnya. Apalagi untuk Xiaomi dengan Optimisasi MIUI hidup dapat menghambat instalasi Vanced. Dimungkinkan kalau dihapus, bisa bikin Vanced dan MicroG tidak berjalan lancar.

Menggunakan Youtube Vanced Tanpa MicroG

Mengatasi Youtube Vanced Error 400 ini bisa diatasi dengan melakukan uninstal MicroG dari Vanced Manger termasuk Vanced-nya juga. Setelah itu kamu mengunduh aplikasi Youtube Vanced yang berdiri sendiri. Bisa kamu cari di Google, dengan kata kunci Youtube Vanced apk no root. Instalasi Vanced akan mudah dilakukan karena hanya 1 saja.

Tapi ada kelemahan dari Vanced tanpa Manager dan MicroG. Kamu gak bisa login akun Google di Vanced tersebut. Yah, jadi gak bisa nonton video yang dibatasi umur dan dicekal pada negara tertentu dong. Ya begitulah adanya kekurangan yang ada jika tidak ada layanan MicroG.

Penutup

Pada akhirnya, kamu sepertinya harus berubah ke alternatif pengganti aplikasi Youtube Vanced. Jika memang masih terus Error di hp kamu. Dan juga ketika kamu ingin login akun Google, beberapa kasus sudah tidak bisa lagi di Vanced. Semoga solusi mengatasi Youtube Vanced Error 400 tersebut bermanfaat untuk kamu.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.