Tips Mengatasi Whatsapp Pulihkan Riwayat Chat Terus Menerus

  • 3 min read
  • Apr 10, 2021
pulihkan riwayat chat

Apakah ponsel pintar kamu mengalami masalah pulihkan riwayat chat di Whatsapp ? Biasanya ditandai dengan notifikasi Whatsapp Bermasalah diikuti keterangan Terjadi Kesalahan Dengan Riwayat Chat Anda.
Beberapa kasus ini terjadi pada beberapa ponsel lewat keluhan para pengguna. Seperti di Asus Zenfone Max Pro M1, Xiaomi Redmi Note 8, dan paling banyak di Realme Narzo series dari temuan admin.

Droidinside punya beberapa tips biar kejadian tersebut tidak terulang lagi. Beberapa diantaranya mungkin mudah dilakukan, sampai kamu perlu setel ponsel kamu ke pengaturan pabrik.

Cara Mengatasi Whatsapp Pulihkan Riwayat Chat Terus-Menerus

Whatsapp akan menyimpan berbagai riwayat Chat dalam bentuk file secara Offline pada folder Internal – Whatsapp – Databases. Kamu bisa menemukannya seluruh cadangan akan dilakukan sesuai dengan pengaturan di aplikasi Whatsappnya.

Ketika Whatsapp bermasalah dan menunjukkan kesalahan pada riwayat Chat, beberapa mungkin disebabkan karena file pada folder tersebut. Langkah untuk menyelesaikannya tinggal,

  • Buka aplikasi Whatsapp atau notifikasi terkait
  • Klik pada Pulihkan
  • Tunggu proses pemulihan pesan
  • Whatsapp kamu bisa digunakan lagi

Namun terkadang, masalah pulihkan riwayat chat Whatsapp terus menerus terjadi. Ada yang sampai 4 – 8 kali dalam periode waktu tertentu. Untuk itu, langkah untuk mengatasi dan mengantisipasi agar tidak terjadi lagi:

1. Mematikan Pencadangan

  • Buka aplikasi Whatsapp
  • Ketuk ikon 3 titik di pojok kanan atas
  • Setelan
  • Chat
  • Cadangan Chat
  • Cadangkan ke Google Drive
  • Ubah menjadi Jangan Pernah atau Hanya Ketika Saya Mengetuk “Cadangkan”

Beberapa masalah riwayat chat ini disebabkan sinkronisasi tidak berjalan lancar sehingga muncul notifikasi tersebut. Bisa juga karena kartu yang digunakan tidak mendukung untuk sinkronisasi layaknya masalah pencadangan kontak sering error di kartu Three.

Jika kamu mengaktifkan pilihan ini, chat kamu tidak akan dicadangkan atau hanya ketika kamu mengetuknya. Gunakan koneksi Wifi yang cukup cepat saat melakukannya. Kelemahannya adalah kamu perlu manual melakukannya.

2. Jangan Hapus File Di Databases Whatsapp

Seringkali menghapus file di Database akan memberikan tambahan penyimpanan. Akan tetapi ketika masalah pulihkan riwayat Chat ini muncul, jangan harap chat yang tersimpan pada sistem tersebut dapat kembali. Untuk berjaga-jaga memang penting untuk tidak menghapusnya.

Ada juga pengguna menghapus file pada Database ini dapat memunculkan masalah pada aplikasi bertema hijau ini. Kalau memang gak penting, ya boleh lah dihapus file di folder ini.

3. Update Aplikasi Whatsapp

Masalah pulihkan riwayat chat yang muncul terus menerus dapat kamu selesaikan dengan memperbarui aplikasi ini. Dapat dimungkinkan karena banyak fitur baru pada chat Whatsapp versi lebih tinggi mempengaruhi pencadangan chat Whatsapp versi lebih rendah. Untuk keamanan dan mendapatkan Fix Bug (tambalan pada error) update aja aplikasi Whatsapp kamu ke versi paling baru ketika sudah keluar di Play Store.

4. Memperbarui Software/Sistem Android

Contoh kasus, pada Realme Narzo pada versi Software b.47 beberapa usernya mengalami masalah dalam cadangan chat. Kemudian mereka yang mengupdatenya ke versi b.49 cukup banyak yang tidak lagi mengalaminya. Namun masih ada saja yang mendapati mereka harus memulihkan chat lagi.

Akan tetapi mungkin untuk pembaruan selanjutnya tidak terjadi masalah lagi. Tapi sepertinya masih butuh waktu untuk patch pembaruan terbaru dari Realme lagi.

5. Uninstall Whatsapp Hingga Reset Ke Pengaturan Pabrik

Melakukan instalasi ulang aplikasi pesan ini pada beberapa kasus dapat mengatasinya. Beberapa diantaranya coba menghapus Cache dan Data aplikasi Whatsapp.

Jika masih belum fix juga, kamu bisa mereset ponsel android untuk mengatasi pesan notifikasi pulihkan riwayat chat yang muncul terus menerus sebagai jalan terakhir. Ya memang data penyimpanan akan hilang dan kamu bakalan instal Whatsapp lagi.

Hal ini perlu dilakukan untuk memberantas aplikasi tersembunyi dan mencurigakan yang melakukan penyadapan aplikasi Whatsapp beserta file sistemnya. Karena beberapa pengguna mungkin tidak ngerti dan tidak sengaja menginstal aplikasi berbahaya yang dapat mencuri data.

Penutup

Memang dengan memulihkan kembali riwayat chat, semua pesan akan kembali muncul. Akan tetapi solusi pulihkan riwayat chat tersebut memakan waktu. Kalau kamu jomblo dan isi chatnya cuma dikit paling pemulihan chat nggak bakalan lama. Beda lagi mereka yang udah bekerja dan menggunakan Whatsappnya untuk kerjaan, pasti cukup lama back up chat nya. Semoga diatas dapat memberikan solusi.

6 thoughts on “Tips Mengatasi Whatsapp Pulihkan Riwayat Chat Terus Menerus

  1. Realme narzo saya masih mengalami masalah ini sampai skrg pada posisi versi software b.61

    Tolong bantuan solusinya

    1. Jika masih error mungkin saran admin, perlu pakai Whatsapp versi MOD kakak. Bisa diunduh lewat pencarian Google.
      Padahal sudah update ponsel ke versi yang lebih baru ya? Kemungkinan besar ada sesuatu yang salah dengan ponsel Narzo (karena banyak yang mengalaminya di ponsel ini).

        1. Pake aja kak. Tapi pastikan yang paling baru. Cek di grub facebook juga. Temen-temen pake WA mod yang mana untuk cek keamanannya. Sejauh ini temen-temen admin pake WA mod malah aman-aman saja.

  2. kak, di hp redmi note 8 pro itu kenapa ya, udh sampe disetelan pabrik pun wa nya masih pemulihan terus, udh ikutin langkah2 nya yg diatas jg ttp aja. itu kenapa ya kak?

    1. Terima kasih kak udah mampir baca artikel kami. Saran dari admin, coba pindah hp dulu kak (jika ada) untuk mengecek apakah masih pulihkan chat terus menerus. Jika sudah tidak, maka ada masalah di hp kakak. Khususnya penyimpanan, bisa jadi EMMC hampir mau jadi lemah. Jadi penyimpanan chat ponsel tidak stabil.

      Jika memang pas ganti hp masih pulihkan terus, sepertinya nomor kakak harus segera dicek. Kemungkinan perlu diganti, bisa jadi nomornya terindikasi oleh Whatsapp digunakan untuk hal yang tidak baik oleh orang lain.

      Solusi lain, coba kosongkan semua chat termasuk menghapus semua cadangan chat di Drive. Mulai aplikasi WA dengan isi yang kosong.
      Semoga tips ini bisa membantu kak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *