Mengatasi Volume Naik Turun Sendiri Xiaomi Dengan Mudah

  • 3 min read
  • Sep 26, 2021
volume naik turun sendiri xiaomi

Apakah kamu mengalami volume naik turun sendiri Xiaomi milikmu? Ini merupakan salah satu bug atau kesalahan software setelah melakukan update atau pembaruan perangkat lunak. Admin sendiri juga heran sih kenapa bug ini bisa terjadi. Kalau gak dibahas ya mungkin cukup lucu juga karena jumlahnya tidak sedikit yang mengalaminya.

Sebut saja masalah volume naik turun sendiri Xiaomi ini terjadi dalam dua bentuk. Yang pertama, volume turun atau naik disertai dengan volume bar muncul. Lainnya volume naik atau turun sendiri tanpa ada pemberitahuan alias volume bar tidak muncul. Sistem melakukan pengubahan volume sendiri yang mungkin terjadi karena ada sesuatu yang tidak benar. Lalu bagaimana ya kira-kira cara untuk mengatasinya?

Cara Mengatasi Volume Naik Turun Sendiri Xiaomi

Umumnya volume naik atau turun sendiri ini terjadi setelah melakukan pembaruan ke versi MIUI yang lebih tinggi. Sering juga terjadi setelah update ke Android 11. Dengan antarmuka MIUI 12.5 beberapa diantaranya juga menunjukkan hal yang sama.

Cara-cara dibawah bisa kamu terapkan untuk mengatasi masalah tersebut. Sebagian memang harus melakukan kebiasaan dan ada juga yang harus melakukan pembersihan ponsel.

Menggunakan Mode Hening Dalam Waktu Yang Lama

Cara pertama adalah dilakukan untuk beberapa hari. Yaitu dengan mengaktifkan mode Hening atau Jangan Ganggu. Langkahnya dengan membuka panel Akses Cepat yang dibuka dengan usap layar dari atas ke bawah. Ketuk pada Hening atau Jangan Ganggu.

Selain mengaktifkan mode hening, kamu bisa juga menjadikan semua volume menjadi 0 atau mati. Baik untuk alarm, notifikasi, dan media. Tekan tombol volume, kemudian ketuk 3 titik dibagian bawah. Turunkan semua volume jadi 0.

Ubah Volume Jadi Sangat Kecil

Ini cara yang sudah diterapkan sama beberapa pengguna yang mengalami bug volume naik turun sendiri Xiaomi milik mereka. Kita bisa mengubah volume media sesuka kita pada MIUI 12 keatas. Meskipun pada posisi volume 0 kemudian kita tekan tombol volume atas (+), akan menambah beberapa persen dari keseluruhan volume.

Namun kita bisa menurunkannya lagi secara manual pada volume media tersebut. Sehingga volume tidak masuk standar menggunakan tombol alias lebih kecil. Karena ketika volume tersebut apabila dikurangi dengan tombol akan langsung menjadi 0. Matikan volume, tambah dengan 1 kali tekan tombol volume. Kemudian kurangi sampai paling kecil.

Beberapa kasus malah membuat bug suara naik turun menjadi sehat kembali. Entah apa yang ternyata membuat tutorial ini bisa mengembalikan bug. Ketika penyakit kambuh, cara ini bisa diterapkan untuk mengatasinya.

Menggunakan Perangkat Seperti Headset Atau Bluetooth

Cara mengatasi volume naik turun sendiri Xiaomi setelah update bisa dicoba untuk menggunakan perangkat audio. Seperti colokkan Headset, atau audio dengan Bluetooth. Tentunya untuk waktu yang tidak singkat sampai bug tersebut menghilang. Gunakan aplikasi untuk berpindah antar perangkat baik speaker bawaan maupun output Bluetooth atau headset pada tutorial untuk mengatasi logo headset di ponsel Xiaomi yang tidak bisa menghilang.

Update Lagi Atau Factory Reset

Jika kamu mengalami bug suara ini, segera update ke versi yang terbaru jika kamu mau sih. Umumnya versi selanjutnya saat pengguna mengalami bug bisa teratasi (setelah diperbarui). Pilihan ini sebenarnya juga bukan yang terakhir. Apalagi melakukan pengembalian ke pengaturan pabrik untuk mengatasi volume naik turun sendiri Xiaomi. Meskipun begitu kamu gak perlu melakukannya karena paling ribet.

Meskipun begitu, direkomendasikan untuk Factory Reset setelah kamu melakukan update pada versi MIUI manapun baik versi 11, 12 atau hanya minor update pada ekor tertentu. Kalau admin sih melihat urgen atau tidaknya sih. Kalau memang gak terlalu mengganggu, ya disabarin aja. Kalau memang ini sangat penting, menghapus seluruh sistem kemudian mulai instalasi aplikasi seperti semula lagi bisa dipilih.

Penutup

Ada juga pengguna yang pasrah aja, dan menggunakan ponsel seperti biasa karena tidak terlalu mengganggu. Hanya dengan menggunakan ponsel secara rutin dan restart berkali-kali berkenaan dengan lamanya waktu penggunaan, volume naik turun sendiri Xiaomi bisa teratasi dengan keajaiban atau kesabaran saja.

Semoga beberapa cara diatas bisa mengatasi masalah Xiaomi kamu. Beberapa cara diatas adalah berhubungan dengan Software. Jika memang Hardware/tombol volume ponsel kamu bermasalah, cobalah untuk memperbaikinya ke tempat service terpercaya dikota kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *