Verifikasi Dua Langkah Whatsapp

  • 3 min read
  • Mar 15, 2021
verifikasi dua langkah whatsapp

Selain dapat mencegah di hack, apa saja sih maksud dari verifikasi dua langkah Whatsapp ? Mendengar istilah tersebut pasti kamu akan langsung berpikir tentang keamanan.

Ya memang benar, verifikasi dua langkah merupakan sebuah fitur yang tersedia untuk tujuan keamanan. Hal ini pasti sudah sering kamu dengar di berbagai platform maupun aplikasi.

Otentikasi Multi Faktor

Verifikasi dua langkah merupakan model keamanan yang termasuk dalam otentikasi multi faktor. Sebuah metode yang digunakan oleh perangkat elektronik dimana pengguna memberikan akses pada sebuah situs atau aplikasi menggunakan beberapa bukti (multi-faktor).

Bukti sebagai sebuah tanda pengenal untuk masuk ini dimiliki oleh pengguna. akan tetapi tidak hanya kata sandi. Karena multi faktor dalam hal ini otentikasi dua faktor atau verifikasi dua langkah membutuhkan 2 jenis pengetahuan yang hanya diketahui oleh pengguna.

Untuk seseorang pengguna yang ingin masuk ke sumber daya seperti aplikasi, jaringan dan perangkat membutuhkan sebuah otentikasi. Seperti otentikasi satu faktor biasanya hanya 1 kata sandi saja. Hal ini kurang aman karena hanya butuh satu bukti saja dalam mengetahui keaslian identitas pengguna.

Seperti pada aplikasi Whatsapp, otentikasi 1 faktor yang digunakan adalah kode OTP yang dikirim melalui nomor telepon. Untuk dapat masuk ke aplikasi ini, kode sms yang diterima kemudian dimasukkan ke aplikasi Whatsapp.

Manfaat Menggunakan Verifikasi Dua Langkah Whatsapp

Kode yang dikirim ke nomor telefon sebagai langkah untuk masuk ke aplikasi Whatsapp sebenarnya mungkin cukup aman. Karena hanya dengan nomor telepon yang ada di ponsel pemiliknya lah yang bakalan tahu kode ini. Dan kode OTP ini biasanya akan otomatis terbaca oleh Whatsapp ketika nomor yang digunakan ada di 1 ponsel dengan aplikasinya.

Anggap saja benteng pertahanannya hanya 1 karena hanya menggunakan sebuah otentikasi. Ibarat pintu, hanya membutuhkan 1 kunci untuk membukanya. Berbeda apabila menggunakan 2 otentikasi, jumlah pertahanan akan meningkat. Setidaknya ada 2 kunci yang digunakan dimana hanya kamu yang tahu.

Karena kode OTP Whatsapp dikirim via SMS saja dan hanya satu-satunya, ketika ditembus oleh peretas akan cukup mudah. Dengan menggunakan verifikasi dua langkah Whatsapp kamu akan mendapatkan keuntungan:

  • Terhindari dari serangan Hacker yang ingin membajak Whatsapp (WA)
  • Mencegah Whatsapp terblokir oleh sistem jika ada pembajakan
  • Mencegah peretas yang menggunakan info akun WA untuk meretas Bank
  • Dan mencegah peretasan nomor Whatsapp teman/orang lain

Karena membutuhkan lebih dari satu cara selain kode OTP yang dikirim di Whatsapp. Padahal kode ini hanya pengguna yang tahu. Akan tetapi ada saja orang yang memang ingin mengambil alih nomor Whatsapp kamu.

Misalnya ada orang yang mengaku dari pihak Bank, Alfa/Indo mart, atau bahkan mengaku dari pihak Whatsapp sekalipun. Yang meminta kode OTP dari SMS untuk dikirim ke mereka. Ini cukup sering terjadi pada pengguna yang mungkin kurang paham terkait kode OTP ini.

Kalau verifikasinya hanya 1 langkah dengan OTP saja, saat kode tersebut sudah ada di tangan orang lain maka kandaslah nomor Whatsapp kamu. Berbeda jika kamu mengaktifkan verifikasi dua langkah, kalau cuma OTP yang didapat tanpa ada tanda pengenal lain seperti pin dan Email, maka tidak akan mudah untuk bisa mendapatkan nomor Whatsapp kamu.

Whatsapp menggunakan 2 hal yang memastikan itu adalah benar kamu. Lewat PIN dan Email saat kamu masuk ke aplikasi Whatsapp. Sewaktu-waktu kamu akan diminta kode PIN saat menggunakan Whatsapp. Dan saat berpindah ke ponsel baru, email dan PIN ini dibutuhkan juga sehingga kamu harus menghafal keduanya.

Cara Aktifkan Verifikasi Dua Langkah Whatsapp

Fitur keamanan 2 faktor ini telah tersedia sejak tahun 2017 yang lalu. Namun mungkin belum banyak yang menggunakannya. Kamu bisa mulai dari sendiri untuk melindungi akun sosial media berlogo hijau ini. Langkah aktifkan verifikasi dua langkah Whatsapp melalui:

  • Buka aplikasi Whatsapp di ponsel kamu
  • Ketuk ikon 3 titik di pojok kanan atas
  • Pilih Setelan
  • Akun
  • Verifikasi Dua Langkah
  • Klik Aktifkan di bagian bawah
  • Masukan 6 kode yang harus dihafal untuk membuka Whatsapp
  • Konfirmasi dengan memasukkan kode lagi
  • Masukkan email yang kamu pilih untuk Whatsapp
  • Konfirmasi dengan memasukkannya lagi
  • Verifikasi dua langkah akan aktif
    cara login wa dengan verifikasi 2 langkah

Ketika verifikasi dua langkah Whatsapp sudah aktif dalam beberapa waktu, Whatsapp akan meminta kode PIN yang telah kamu simpan. WA bisa memintanya kapanpun dan terjadi secara acak. Umumnya muncul saat aplikasi tidak digunakan dalam beberapa jam dan ketika kamu membukanya.

Hal ini akan sangat memperkokoh keamanan akun Whatsapp kamu. Ketika ada orang yang berhasil mendapat kode OTP dari SMS itu tidak cukup. Dia juga harus tahu pin dan email yang digunakan untuk proteksi. Sehingga kasus Whatsapp dibajak orang atau dihack tidak akan terjadi lagi. Yang penting jangan teledor memberikan akses OTP, PIN ataupun email ke orang yang tidak dipercaya.

Penutup

Salah satu kelemahan mengaktifkan verifikasi dua langkah Whatsapp adalah adanya tambahan kode baru. Kamu harus menghafal kode PIN dan email. Tentunya email kamu juga perlu tahu passwordnya untuk masuk. 6 digit PIN mungkin cukup mudah dihafal, akan tetapi perlu dicatat ke media lain seperti buku agar tidak lupa.

Pada akhirnya verifikasi dua langkah Whatsapp, untuk keamanan aplikasi ini kuncinya adalah pada penggunanya. Model verifikasi hanyalah sebuah jalan atau perangkat yang dapat digunakan untuk mengamankan. User juga dituntut untuk tidak menyebar informasi rahasia ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *