Tips Upgrade Kartu 4G Telkomsel Diwakilkan

  • 3 min read
  • Okt 19, 2021
upgrade kartu 4g telkomsel diwakilkan

Pernahkah kamu upgrade kartu 4G Telkomsel diwakilkan waktu ke Grapari? Artinya kamu bukan pemilik kartu sendiri atau kamu memberikan kuasa ke orang lain untuk mengurus perubahan kartu dari 3G menjadi 4G.

Biasanya kalau kita sendiri yang melakukan Upgrade, hanya membutuhkan kartu tanda pengenal (KTP, SIM, NPWP) dan setidaknya Fotocopy KK (Kartu Keluarga). Keduanya digunakan untuk melakukan registrasi ulang ketika proses upgrade kartu dilakukan di gerai Telkomsel. Lalu bagaimana dengan cara mengubah kartu Telkomsel menjadi 4G dengan meminta bantuan orang lain? Droidinside memberikan beberapa langkah dan syarat yang harus kamu penuhi.

Cara Upgrade Kartu 4G Telkomsel Diwakilkan

Ada beberapa syarat yang harus disiapkan sebelum datang ke Grapari atau Gerai Telkomsel di kota kamu. Karena kalau tidak lengkap kamu mungkin tidak akan dilayani. Tapi beberapa kasus kamu mungkin perlu mendapatkan sesuatu dari Gerai Telkomsel terlebih dahulu agar selanjutnya bisa dilengkapi.

Syarat Untuk Upgrade Kartu 4G Telkomsel Diwakilkan

  • KTP Asli pemilik kartu
  • KTP Asli yang mewakilkan
  • Kartu SIM yang ingin di upgrade ke 4G
  • Fotocopy Kartu Keluarga pemilik kartu
  • Surat Kuasa dengan Materai 10.000
  • 3 Nomor yang terakhir dihubungi nomor yang akan diupgrade

Bentuk Surat Kuasa

Beberapa Gerai Tsel punya standar sendiri untuk syarat upgrade kartu 4G Telkomsel diwakilkan. Jadi kamu perlu datang dulu kesana, kemudian menyampaikan bahwa kamu akan melakukan upgrade. Jika Gerai punya model surat kuasa sendiri, bisa kemudian memintanya.

Ketika admin melakukan upgrade kartu di Gerai Telkomsel di kota Wonogiri, disana memiliki model surat kuasa sendiri. Yang kemudian harus ditulis manual dengan tanda tangan dan materai dari kedua belah pihak. Berikut ini gambar surat kuasa yang dimaksud, bisa kamu contoh ketika ingin melakukan upgrade kartu 4G Telkomsel diwakilkan:

surat kuasa upgrade kartu 4g telkomsel

Kamu juga bisa membuat surat kuasa sendiri yang dicari pada Google. Paling penting adalah disana terdapat:

  • Tanggal waktu
  • Identitas pemberi kuasa (pemilik kartu)
  • Identitas yang diberi kuasa (yang datang ke gerai)
  • Maksud untuk melakukan Upgrade Kartu 4G
  • Materai yang ditanda tangani oleh pemberi kuasa
  • Tanda tangan yang diberi kuasa

3 Nomor Yang Terakhir Dihubungi

Nomor yang telah dihubungi tersebut syaratnya adalah pernah melakukan Telepon menggunakan pulsa. Jadi bukan telepon dari Whatsapp atau aplikasi lainnya. Nomor terakhir ini harus menjawab telepon. Siapkan 3 nomor tersebut yang bisa dicek pada Log Panggilan. Dimana panggilan masuk atau keluar dengan durasi tertentu bisa dipilih.

Jika kamu tidak ada 3 nomor yang terakhir dihubungi. Minta bantuan 3 nomor teman atau orang lain. Nomor tersebut bisa ditelepon atau si pemilik kartu bisa menerima telepon dari 3 nomor lain. Syaratnya adalah menerima telepon setidaknya 1 detik. Sudah cukup jadi syarat nomor yang terakhir atau sering dihubungi.

Proses Upgrade Kartu 4G Telkomsel Diwakilkan

Sebelum berangkat, pastikan kontak dari kartu SIM sudah disimpan ke memori lain, karena kartunya akan diganti fisiknya. Kunjungi Gerai Telkomsel terdekat di kota kamu untuk melakukan hal ini. Bawa persyaratan yang telah disebutkan diatas. Mengambil nomor antrian, tunggu hingga dipanggil. Sampaikan bahwa kamu ingin upgrade kartu 4G dengan membawa surat kuasa dari pemilik kartu.

Jika nomor dalam kartu SIM belum disimpan, Counter atau petugas Grapari akan membantu kamu membackup seluruh kontak. Ditunggu saja proses yang dilakukan oleh petugas. Karena persyaratan sudah lengkap, kamu mungkin tidak ditanya-tanya lagi sama petugas. Semuanya berjalan dengan lancar ketika upgrade kartu 4G Telkomsel diwakilkan.

Beberapa pengalaman admin waktu melakukan upgrade ke 4G kartu Telkomsel, untuk biayanya cukup bervariasi. Jika kartunya AS dan Simpati setelah upgrade dikenai biaya sebesar Rp 50.000,- sebagai administrasi dengan bonus kuota 15 Gb selama satu bulan. Untuk kartu Hallo yang merupakan kartu Pasca Bayar, tidak dikenai biaya apapun (studi kasus di Grapari Telkomsel Kabupaten Wonogiri). Akan lebih ribet jika syarat tidak dipenuhi dan kamu harus bolak balik, sehingga tutorial ini dibuat.

Penutup

Setelah proses mengubah kartu Telkomsel dari 3G menjadi 4G di Gerai dilakukan, sinyal 4G tidak akan langsung muncul. Setidaknya membutuhkan proses 2×24 jam atau 2 hari sampai kartu bisa muncul sinyal 4G nya. Selama itu, seringlah melakukan Restart/Hidupkan Ulang ponsel dalam beberapa selang waktu. Bisa juga dengan mode pesawat, membantu proses peningkatan jaringan kartu menjadi 4G.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *