Ulasan Seputar Jenis Lensa Kacamata dan Fungsinya

  • 2 min read
  • Des 26, 2020

Kehadiran kacamata  saat ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kondisi penglihatan yang menurun ataupun sekedar untuk melindungi mata. Karena kegunaannya ini, hampir semua orang memiliki kacamata untuk mendukung aktivitas yang dilakukan. Pada kacamata terdapat dua komponen yang membentuknya, yaitu frame atau bingkai kacamata dan lensa kacamata.

Untuk rangka atau bingkai kacamata bisa dipilih sesuai dengan selera masing-masing atau mengikuti tren yang sedang berlaku. Namun beda dengan lensa, dimana tidak bisa diubah sesuai dengan selera. Kamu harus menyesuaikan dengan anjuran kebutuhan kondisi penglihatan saat ini. dengan adanya lensa, maka bisa terasa manfaat lensa itu sendiri untuk membantu penglihatan.

Ulasan Seputar Jenis Lensa Kacamata dan Fungsinya

Ulasan Seputar Jenis Lensa Kacamata dan Fungsinya

Untuk kebutuhan kacamata, ada berbagai macam lensa yang kerap digunakan. Sebaiknya ketahui jenis-jenis lensa yang kerap digunakan agar bisa mencari kacamata yang sesuai dan nyaman digunakan untuk kebutuhanmu. Berikut ini beberapa jenis lensa kacamata dan fungsinya yang perlu kamu ketahui, yaitu:

Lensa tunggal (single vision lens).

Dinamakan lensa tunggal karena memiliki satu titik fokus saja. Lensa jenis ini digunakan untuk kacamata miopi (negative) dan hipermetropi (positif). Single vision lens memiliki fungsi untuk membantu memperbaiki penglihatan mata untuk satu ukuran saja, yaitu jarak jauh atau jarak dekat.

Lensa bifokal (bifocal lens).

Bi memiliki arti dua, sehingga lensa bifokal adalah lensa yang memiliki dua titik fokus. Lensa jenis biasa digunakan untuk membantu penglihatan jarak jauh maupun dekat. Sehingga ketika menggunakan kacamata dengan lensa bifokal akan memungkinkan penggunanya untuk bisa melihat dengan jelas secara bersamaan untuk jarak dekat maupun jauh. Untuk lensa bifokal biasanya satu titik fokus bagian bawahnya digunakan untuk memperjelas saat membaca atau untuk rabun dekat.

Lensa progresif (progressive lens).

Lensa progresif memiliki dua titik fokus, sama seperti lensa bifokal. Hanya saja pada lensa progresif tidak memiliki jarak atau garis pembatas di titik fokus untuk melihat pada jarak jauh maupun titik fokus untuk melihat jarak dekat. Selain itu pada lensa progresif juga sudah dilengkapi dengan titik fokus untuk membantu melihat jarak sedang. Sehingga ketika digunakan lensa jenis ini lebih nyaman. Lensa progresif bisa disebut juga dengan lensa trifocal.

Lensa transisi (transitions lens).

Lensa jenis ini memiliki keunikan karena bisa berubah warna seperti pelangi karena sifat cahaya yang terpolarisasi. Saat digunakan di dalam ruangan, lensa akan berwarna bening layaknya kacamata baca. Namun ketika digunakan di luar ruangan maka akan secara otomatis berubah menjadi gelap seperti sunglasses yang bisa melindungi mata dari sinar UV. Sehingga bagi kamu yang membutuhkan kacamata yang bisa digunakan untuk beraktivitas di dalam dan luar ruangan, lensa transisi sangat cocok untuk kebutuhanmu. Terutama jika pengguna memiliki riwayat sensitif dengan cahaya matahari.

Itu tadi beberapa jenis lensa kacamata berikut dengan fungsinya. Setelah mengetahui berbagai jenis lensa tersebut, maka akan memudahkan kamu dalam mencari kacamata yang tepat. Untuk mendapatkan produk kacamata yang tepat, pastikan kamu berbelanja di tempat yang sudah terpercaya. Optik  SATURDAYS bisa menjadi rekomendasi tempat membeli kacamata yang terbaik saat ini. Selain melayani pembelian secara online, SATURDAYS juga melayani pembelian secara offline di gerainya yang mengusung konsep kafe dengan lokasi di beberapa mall besar di Jakarta.

Sebagai brand kacamata lokal yang baru berdiri sejak tahun 2017 silam, SATURDAYS mampu memberikan garansi kualitas. Hal itu terbukti dari desainnya yang kekinian dan material pembuatnya yang berkualitas karena diimpor langsung dari luar negeri. Dari segi pelayanan pun juga sangat memuaskan, sehingga membuat konsumen nyaman saat berbelanja. Menariknya lagi, brand kacamata dengan owner Rama Suparta ini juga melayani Home Try-On, yaitu layanan pesan kacamata diantar ke rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *