Tips Menghemat Belanja Bulanan

  • Droidinside
  • Nov 30, 2021

Dalam urusan belanja kebutuhan merupakan hal yang dianggap mudah akan tetapi perlu adanya hal-hal yang diperhatikan. Mulai dari pemasukan sampai dengan seberapa banyak pengeluaran yang perlu dilakukan. Berikut tips dalam menghemat belanja bulanan.

pexels fauxels 3184666

Tips Menghemat Belanja Bulanan

Membuat rencana keuangan

Ini adalah salah satu faktor penting yang memang sebaiknya dilakukan saat kamu ingin mengatur keuangan. Apalagi, jika kamu tergolong orang yang cenderung boros dan tidak bisa menghentikan nafsu berbelanja atau membeli hal-hal yang tidak perlu. Tentukan budget untuk masing-masing kebutuhan di setiap bulannya. Sebagai contoh, budget untuk makan, budget untuk membeli kebutuhan bulanan, atau budget tertentu, misalnya membeli hadiah untuk orang terdekat di hari ulang tahunnya.

Dengan begitu, kamu bisa mengira-ngira berapa pengeluaran pasti di bulan tersebut dan menahan keinginan untuk membeli benda-benda yang tak perlu agar tetap bisa menabung.

Mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan

Tidak hanya merencanakannya saja, pada prakteknya, kamu juga harus mencatat setiap pengeluaran, baik yang kecil maupun yang besar. Meski sudah melakukan perencanaan, tentu terkadang ada saja pengeluaran tak terduga yang sebelumnya tidak terpikirkan. Untuk itu, catat setiap pengeluaran dan pemasukan yang kamu dapatkan setiap bulan. Hal ini akan membantu kamu mengevaluasi pengeluaran yang mungkin tidak perlu. Dengan begitu, di bulan berikutnya, kamu bisa lebih berhati-hati saat hendak mengeluarkan uang. Untuk mengurangi biaya pengeluaran salah satu upaya tips hemat yaitu membeli dengan potongan harga, seperti melalui Belanja Kebutuhan Online

Hindari berhutang

Sebisa mungkin hindari segala hutang dan cicilan yang memang tidak benar-benar mendesak. Saat ini, kebiasaan mengambil cicilan kartu kredit sudah semakin marak di kalangan orang dewasa. Padahal, jika tidak digunakan dengan bijak, kamu bisa kelimpungan membayar tagihan kartu kredit setiap bulannya. Daripada berhutang atau membayar cicilan, lebih baik menabung hingga bisa membeli barang tertentu dengan lunas. Apalagi jika barang tersebut tidak harus segera dibeli, seperti tas, sepatu, dan gadget tertentu, padahal milikmu masih bagus dan bisa digunakan.

Hal ini tentu berbeda dengan mengambil cicilan rumah atau mobil yang memang bisa digunakan dalam jangka panjang dan memang dibutuhkan. Oleh karena itu, lebih baik pikirkan dengan matang saat hendak menggunakan kartu kredit.

Salah satu upaya dalam menghemat ongkos dalam pengeluaran belanja yaitu dengan membeli kebutuhan online dan dapat menghemat waktu. Karena aplikasi belanja online selalu buka dan ready 24/7

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.