Tips Menggunakan Live Wallpaper Xiaomi

  • 2 min read
  • Jan 08, 2021
live wallpaper Xiaomi

Live Wallpaper Xiaomi, apakah kamu sudah pernah mendengar akan hal ini ? Layaknya istilah yang digunakan, wallpaper sebagai gambar yang dipasang pada layar depan ponsel ini hidup.

Biasanya kita mengenal gambar diam untuk mengisi layar depan ponsel. Namun wallpaper ini hidup, artinya selalu bergerak layaknya video. Hal ini akan menambah kesan hidup saat memandang latar belakang ikon-ikon aplikasi yang ada.

Fitur Live Wallpaper Xiaomi

Saat pertama kali dikenalkan Windows 7 lebih dari 1 dekade lalu pada komputer/pc. Mengusung ide untuk menggunakan wallpaper bergerak karena kecanggihan tampilan tersebut. Hal ini juga tersedia pada ponsel Xiaomi dimana gambar bergerak dapat digunakan untuk menghiasi layar.

Sayangnya secara resmi, fitur Live Wallpaper Xiaomi tidak tersedia untuk ponsel dengan sistem Operasi Marshmallow disertai antarmuka 10 kebawah. Hanya ponsel Xiaomi yang lahir dengan MIUI 10 keatas yang dapat mengaktifkannya. Hal ini dimungkinkan karena kemampuan ponsel sebelum-sebelumnya belum mampu memuat wallpaper bergerak dengan mulus.

Adapun di Google banyak beredar cara menggunakan wallpaper bergerak untuk MIUI 10 kebawah. Dengan jalan masih diperlukan aplikasi pihak ketiga yang mungkin akan membuat ribet.

Ponsel dengan MIU 10 keatas sudah dapat menikmati fitur ini dengan sangat mudah. Belum lagi ada tambahan Super Wallpaper yang disematkan Xiaomi pada antarmuka MIUI 12.

Super Wallpaper Xiaomi

Hampir sama seperti Live Wallpaper, perbedaannya Xiaomi memberikan paket gambar bergerak yang berbeda dari biasanya. Fitur yang bisa diakses MIUI 12 ini memungkinkan kamu menggunakan sebuah latar gambar keren berupa planet-planet.

Cara kerja Super Wallpaper Xiaomi hampir sama dengan Live Wallpaper. Yaitu sebuah animasi gambar yang bergerak Looping. Loop atau berputar (kembali ke awal) karena format gambar seperti layaknya file Gif yang kita kenal. Video dalam layar akan diputar lalu kembali dari awal lagi itulah wallpaper ini dapat memukau mata.

Cara Menggunakan Live Wallpaper Xiaomi

Untuk memanjakan mata dan mengatasi rasa bosan terhadap wallpaper yang biasa saja kamu bisa mencobanya. Pastikan ponsel Xiaomi memiliki aplikasi MI Theme (Tema) yang terbaru. Seluruh proses ini menggunakan kuota data, karena preview/melihat maupun mengunduh tema.

Akan lebih mudah jika menggunakan ponsel Xiaomi dengan MIUI 11 atau 12 dengan sistem operasi Android 10. Langkahnya:

  • Buka Tema
  • Klik ikon Gambar di bagian bawah tengah
  • Klik Wallpapers (kincir angin bergerak)
  • Kamu akan melihat/preview Hot Live Wallpapers
  • Pilih gambar bergerak yang kamu inginkan
  • Klik Unduh Wallpaper (dapat mendengar background suara di bagian pojok kanan atas)
  • Tunggu iklan jika ada, kemudian tutup saja
  • Klik Terapkan
  • Kamu bisa menyetel sebagai Layar Utama (Wallpaper) maupun Layar Kunci (Stand By) atau keduanya
    ubah live wallpaper xiaomi

Cara ini lancar di MIUI 11 keatas. Ada begitu banyak pilihan wallpaper bergerak. Namun beberapa diantaranya mengharuskan kamu untuk menonton iklan terlebih dahulu untuk mengunduhnya. Kamu bisa mengunduh Live Wallpaper Xiaomi ini tanpa perlu login akun MI. Wallpaper ini akan tersedia pada Tema – Ikon Profil – Wallpaper – Wallpaper Bergerak Saya.

Cara Menggunakan Super Wallpaper Xiaomi

Super Wallpaper hanya hadir pada MIUI 12 ponsel Mi 10 (Lite dan Pro), Mi 9 (9T dan Pro), Redmi K20, Mi 8 (dan Pro), Mi Mix 3 dan beberapa ponsel Poco. Karena diperuntukkan untuk ponsel Xiaomi dengan kategori Mid – End berlayar Amoled.

Sebenarnya hampir sama seperti Live Wallpaper Xiaomi, perbedaanya hanya pada jenis tampilan wallpapernya. Versi Super memiliki ukuran yang cukup besar dan bertema planet, dan juga lebih keren sih heheh. Berikut caranya:

  • Buka Setelan
  • Pilih Wallpaper
  • Pilih Super Wallpaper
  • Pilih antara Home (planet bumi) atau Red Planet (Mars)
  • Pilih untuk jenis Always On, Layar Kunci, maupun Home Screen (layar utama)
  • Klik Terapkan
    menggunakan super wallpaper xiaomi

Penutup

Layar utama yang bergerak mengkonsumsi daya lebih banyak dari wallpaper gambar biasa. Perlu diperhatikan untuk kamu yang ingin menggunakannya. Kamu bisa mengaktifkan suara juga. Entah itu Super maupun Live Wallpaper Xiaomi, fitur dari MIUI ini sangat berguna mempercantik tampilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *