Tips Kirim File Dengan Bluetooth | Droidinside

Tips Kirim File Dengan Bluetooth

  • 3 min read
  • Sep 11, 2020
Kirim File Dengan Bluetooth

Meskipun sudah sangat jarang digunakan, ada tips kirim file dengan bluetooth agar mendapatkan kemudahan dalam penggunaannya. Karena hanya dengan perangkat nirkabel ini kamu akan mendapatkan kemudahan mentransfer file.

Kirim File Dengan Bluetooth

Mengapa Bluetooth?

Bluetooth sebenarnya tidak ketinggalan jaman lho. Bahkan perangkat Headset atau pemutar musik sekarang ini mengandalkan bluetooth untuk saling terhubung. Perangkat Smart Watch atau jam pintar dewasa ini juga dapat digunakan dan dihubungkan dengan smartphone kamu melalui bluetooth.

Sampai sekarang pun smartphone masih tetap dibekali bluetooth pada setiap produknya. Padahal sudah ada jaringan WLAN/Wifi yang bahkan lebih cepat dibandingkan dengan teknologi nirkabel satu ini. Alasannya memang untuk tujuan yang berbeda bluetooth masih digunakan sampai sekarang.

Untuk mengirim sebuah file pada android, keduanya hanya perlu saling menghidupkan bluetooth dan dengan mudah bisa berkirim file. Namun ada kendala yang biasanya dirasakan yaitu kecepatan transfer yang kurang baik.

Bluetooth 5

Tapi tenang saja, bluetooth yang merupakan perusahan dari Bluetooth Special Interest Group ini terus mengembangkan perangkat nirkabel ini. 3 dekade sejak terhitung diperkenalkan teknologi nirkabel ini sekarang sudah sampai pada Bluetooth 5.2 pada awal tahun ini dirilis. Kecepatan transfer bluetooth terbaru ini bahkan menyamai kecepatan berbagi data menggunakan WIFI.

Kecepatan transfer data melalui WIFI di android sekitar 2-3 Mbps secara umum. Ini adalah kecepatan saat kamu berkirim file dengan Hotspot Wifi melalui aplikasi Share it, Share me, Asus Link dan lain aplikasi berkirim file sejenisnya.

Bagi kamu yang perangkatnya belum sampai teknologi Bluetooth 5.0 ada saran dari kami. Agar kirim file dengan bluetooth nirkabel ini bisa lancar dan tidak gagal.

Tips Kirim File Dengan Bluetooth

Agar kamu tetap nyaman dalam menggunakannya perlu beberapa point penting yang diperhatikan. Karena kemudahan yang diberikan, yaitu kamu gak perlu instal aplikasi pihak ketiga, nggak perlu matiin data internet seribet pakai aplikasi Share it dan teman-temannya:

Kirim File Berukuran < 5 MB

Karena keterbatasan kecepatan transfer data, perlu kamu ingat tidak lebih dari 5 MB data untuk dikirim via bluetooth. Kalau lebih dari itu, ya ada tambahan waktu. Gunakan waktu secara efisien dengan cara ini. Kamu tidak perlu tambahan waktu untuk menyelesaikan tugas ini. File hasil kirim bluetooth di android biasanya tersimpan dalam 1 folder bernama bluetooth di penyimpanan internal. Jadi cukup mudah untuk mencari.

File yang dikirim bisa dalam bentuk apa saja. Namun perlu kamu ketahui untuk berkirim file .apk biasanya akan gagal dengan bluetooth. Jadi kompres dahulu file tersebut menjadi zip atau rar baru dikirim.

Matikan WIFI dan Hotspot Saat Kirim Dengan Bluetooth

Perangkat bluetooth lawas menggunakan standar sinyal 2,4 Ghz seperti layaknya sinyal WIFI. Apakah kamu juga pernah merasakan kirim file bluetooth gagal? Ini dikarenakan sinyal bluetooth terganggu oleh sinyal WIFI yang memiliki frekuensi yang sama.

Agar kirim dengan bluetooth lancar, gunakan Wifi 5 Ghz sebagai sebuah standar teknologi wireless yang lebih baru. Frekuensi Wifi 5 Ghz berbeda dengan bluetooth. Sehingga saat berkirim file dengan bluetooth tidak akan terganggu. Sebagai tambahan, kamu tidak perlu mematikan data internet untuk berkirim file melalui teknologi bluetooth ini.

Sandingkan/Pair Perangkat Bluetooth

Meskipun secara mudah kamu bisa langsung kirim file melalui bluetooth, namun penyandingan ini penting. Agar mengirim file bluetooth lebih cepat dan aman kamu perlu melakukan ini. Jika terdapat banyak android yang menghidupkan perangkatnya, kamu tentu bisa salah kirim. Android kamu juga akan lebih cepat mengenali tanpa harus memindai lebih lama.

Maksimalkan Jarak Penggunaan Bluetooth

Secara umum ponsel memiliki bluetooth kelas 2. Sebuah piranti yang memiliki jangkauan 10 meter untuk kirim file dengan Bluetooth. Di tempat kerja yang terhubung antar perangkat, kamu bisa maksimalkan jarak terima bluetooth ini tanpa harus berjalan mendekat ke perangkat penerima.

Atasi Kirim File Bluetooth Gagal di Laptop

Laptop seringkali dibekali dengan bluetooth juga. Agar saat berkirim file tidak gagal kamu harus perhatikan WIFI yang ada disekitarmu. Saran dari admin, ketika ingin mengirim file dengan bluetooth ke laptop. Matikan wifi yang terhubung ke laptop maupun android. Sebab ini faktor utama gagalnya mengirim file. Kalaupun bisa dengan menghidupkan wifi, proses transfer file akan cukup lambat jika dibandingkan dengan mematikan wifi.

kirim bluetooth gagal

Pastikan juga, laptop kamu benar-benar memiliki hardware bluetooth dengan driver yang tepat. Bila perlu, sandingkan dahulu laptop dengan bluetooth android kamu. Karena proses gagal kirim file bluetooth bisa terjadi sebaliknya juga

Tinggalkan Komentar!