Tips Hilangkan Tulisan Logging Di Oppo

  • 3 min read
  • Jan 29, 2021
tulisan logging di oppo

Apakah kamu pernah mengalami bar notifikasi ada tulisan Logging di Oppo ? Salah satu ciri yang menunjukkannya yaitu terdapat tulisan Logging di dekat bar sinyal ponsel. Tepatnya di paling kiri bar sinyal (jika menghidupkan wifi/hotspot ada disebelah kirinya.

Masalah ini hanya mengganggu pandangan saja sih, tapi apakah benar ? Dan sebenarnya apa maksud dari tulisan Logging di hp Oppo ini ?

Fitur Feedback Toolkit Di Hp Oppo

Salah satu hal yang menyebabkan terdapat tulisan yang sedikit mengganggu pandangan di bar status ini, datang dari Logkit milik Oppo. Logkit merupakan sebuah piranti untuk pencatatan Log berbagai hardware pada ponsel. Pencatatan atau Log yang terjadi pada hardware untuk mengetahui berbagai bug atau kesalahan ketika aplikasi yang menjalankan hardware tersebut berjalan.

Jika dilihat secara singkat, Log sebagai catatan ini adalah hal yang berkaitan dengan Developer atau pengembang. Dimana user biasa mungkin kurang mengerti. Namun barang yang mencatat ini cukup penting untuk mengetahui kinerja sebuah hardware. Umumnya Log Kit pada ponsel Oppo dinonaktifkan atau tidak muncul. Namun ada beberapa pengguna yang mengalami munculnya tulisan Logging di Oppo mereka.

Logkit akan memantau beberapa aktivitas saat ponsel digunakan. Jika pada android yang lebih lawas, Logkit bahkan dapat melakukan fungsi screenshot ponsel. Jadi beberapa terdahulu dengan OS Kitkat misalnya, ada yang tiba-tiba menangkap layar sendiri. Hal ini dilakukan oleh Logkit di latar belakang dengan tujuan merekam berbagai aktivitas yang berhubungan dengan hardware, dalam hal ini layar. Logkit berhubungan dengan Bug atau kesalahan yang terjadi pada sistem membuat aplikasi Crash atau pengguna tidak dapat menggunakannya.

Jika kamu menemukan tulisan ini di Status Bar (dekat sinyal) atau bagian atas layar. Berarti fungsi Log diaktifkan. Bahkan hal ini terjadi tidak sengaja oleh pengguna. Bisa saja setelah update perangkat lunak, tulisan ini bisa keluar sendiri.

Perbedaan Logkit di ponsel Oppo adalah diramu dalam bentuk Feedback Toolkit. Feedback Toolkit Oppo merupakan fungsi yang memberikan masukan yang mungkin aktif dan dikirim ke server Oppo. Yang kemudian dijadikan acuan bagi developer untuk memperbaiki aplikasi maupun hardware di ponsel masa yang akan datang. Alat ini akan memantau berbagai aktivitas yang berhubungan dengan perangkat keras.

Menghilangkan Tulisan Logging Di Oppo

Dari penjelasan diatas terkait Log atau pencatatan berhubungan dengan aktivitas. Untuk mengatasinya, cukup mudah hanya dengan menonaktifkan fungsi Feedback Toolkit pada ponsel Oppo kamu. Berikut langkah-langkahnya melalui dari pengaturan:

  • Buka Pengaturan (bisa melalui akses cepat dengan usap layar dari bawah ke tengah, lalu tekan tombol Gear)
  • Klik pada pencarian
  • Masukkan kata kunci Feedback
  • Klik pada menu yang sesuai dengan tulisan Feedback (jika ada)

Jika menu ini tidak ada di ponsel Oppo kamu, kamu bisa mengaksesnya dari cara lain:

  • Buka aplikasi papan panggilan untuk menelpon
  • Tekan *#800#
  • Jika belum terbuka, buka Aplikasi Tersembunyi
  • Klik aplikasi Feedback Toolkit

feedback toolkit oppo untuk tulisan logging

Menu Feedback sebenarnya akan muncul jika kamu menggunakan versi Trial dari Color OS. Biasanya karena mendapatkan update terlebih dahulu sebelum pengguna lain sehingga tulisan Logging di Oppo muncul. Istilahnya ponsel Oppo kamu itu spesial karena menjadi Beta Tester.

  • Setelah menu Feedback terbuka
  • Pilih satu pada perangkat keras (misal Network)
  • Klik untuk mematikan/gulir pencatatan Feedback pada Network ini
  • Lakukan pada semua perangkat keras (Log Module) sehingga tulisan Logging di Oppo menghilang
  • Biasanya ketika sudah dimatikan semua tulisan Logging tidak lagi muncul

Penutup

Setelan untuk menonaktifkan Log pada Feedback Toolkit Oppo seharusnya hanya diakses oleh orang yang mengerti. Beberapa kejadian ketika ingin mematikan Power/Stability/Third, ponsel terus meminta untuk menghidupkan ulang. Tetap tenang dan jangan di Reboot dahulu. Selesaikan untuk mematikan Feedback barulah diteruskan untuk dihidupkan ulang.

Semakin baru ColorOS atau sistem yang digunakan ponsel Oppo diikuti semakin baru ponsel. Maka akan semakin banyak jenis Hardware yang terdapat Log Feedbacknya. Perlu cek satu persatu, untuk mengetahui yang manakah yang menyebabkan munculnya tulisan Logging di Oppo.

Jika dibandingkan Log Buffer yang sama-sama berhubungan dengan pencatatan, pada ponsel Oppo ini berbeda. Tulisan Logging di Oppo memang benar menunjukkan sedang ada pencatatan namun tidak berhubungan dengan performa. Malahan proses pemantauan ini membutuhkan daya meskipun dikit, untuk membuat sebuah daftar tulisan menjadi sebuah file di Penyimpanan Internal – Oppo Logs.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *