Tips Hapus Pesan Telegram

  • 2 min read
  • Nov 27, 2020
cara hapus pesan telegram

Admin adalah salah satu pengguna telegram. Hapus pesan Telegram sangat dibutuhkan oleh admin, karena kadang grup isinya chat sampai puluhan ribu.

Apa Yang Terjadi Jika Hapus Pesan Telegram ?

Seperti layaknya aplikasi untuk komunikasi pribadi yaitu Whatsapp. Telegram memisahkan 2 bentuk berkirim pesan yaitu secara pribadi dan grup. Keduanya sudah pasti memiliki pengaturan yang berbeda dari segi jumlah sudah terlihat meskipun sama-sama menampung obrolan satu lawan satu dan plural/banyak dalam grup.

Pesan yang dikirim pada aplikasi Telegram dapat kamu hapus sesuai keinginan. Karena sebelumnya terdapat 2 jenis, yaitu pribadi dan grup akan ada perbedaan apabila melakukan pembersihan obrolan pada aplikasi tersebut.

Hal yang terjadi apabila kamu menghapus pesan Telegram pada Chat pribadi adalah benar-benar hilang. Menghapus pesan dalam obrolan akan menghilangkan pesan tersebut, dari perangkat kamu maupun temanmu juga jika ada pilihan yang dicentang. Hampir seperti Whatsapp, kamu bisa hapus pesan dan biasanya pesan tersebut ditarik.

Perbedaannya, untuk menarik pesan dikenai batas waktu sekitar 68 menit di WA. Namun pada Telegram, kamu bisa menghapus pesan (seperti metode tarik pesan) kapan saja. Jadi semisal Chat jaman lawas, bisa kamu hapus dan tampilan di Telegram teman juga akan hilang.

Untuk menghapus pesan pada obrolan grup, hal ini tidak akan berlaku. Segala pesan yang dihapus akan tetap ada pada grup jika dilihat oleh anggota lain. Pesan ini hanya hilang di ponsel kamu saja.

Hampir sama seperti obrolan grup Whatsapp, terkadang dalam Telegram akan ada banyak sekali riwayat pesan. Sehingga kamu perlu untuk membersihkannya apabila dinilai tidak penting. Lalu bagaimana cara hapus pesan Telegram ?

Cara Hapus Pesan Telegram

Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk menyapu bersih layar obrolan yang ada pada aplikasi Telegram kamu. Metode nya dijadikan satu yaitu untuk Chat grup maupun pribadi.

Hapus Pesan Satu Per Satu Dan Semua Chat Pribadi

  • Buka obrolan dengan teman kamu
  • Tekan dan Tahan pesan yang hendak dihapus
  • Klik ikon tempat sampah pojok kanan atas
  • Centang apabila pesan juga dihapus dari tampilan teman kamu juga
  • Klik Ok

Untuk menghapus semua pesan pada Chat dengan seseorang. Pada aplikasi Telegram, tekan dan tahan pada nama kontak. Klik ikon tempat sampah. Seluruh pesan akan dihapus. Disitu juga terdapat ceklist untuk menghapus pesan yang terkirim pada kontak tersebut. Jika dicentang, maka tarik pesan seperti Whatsapp akan berlaku.

Kamu juga bisa hapus pesan Telegram pada Chat pribadi lebih dari satu kontak. Tekan dan tahan 1 kontak, lalu tekan kontak lain untuk menandai. Klik ikon tempat sampah, dan semua pesan pada kontak terpilih akan terhapus.

Hapus Pesan Pada Grup Telegram

Kamu hanya dapat menghapus seluruh pesan yang ada sekaligus. Tidak bisa melakukan satu persatu. Langkahnya:

  • Buka grup di Telegram kamu
  • Klik 3 titik pojok kanan atas
  • Klik Clear History

Seluruh pesan akan terhapus dari atas sampai bawah. Baru ketika terdapat pesan dari anggota, maka pesan tersebut akan muncul lagi.

Hapus Pesan Pada Grup Sekaligus Keluar

  • Buka aplikasi Telegram
  • Tekan dan tahan pada Chat grup
  • Klik ikon tempat sampah dibagian atas
  • Klik Ok

Cara ini sebenarnya adalah cara untuk keluar grup sekaligus untuk menghapus pesan yang ada didalamnya. Metode hapus ini akan langsung menghilangkan grup dari Telegram kamu.

Berbeda dengan Whatsapp misalnya, ketika kamu keluar grup masih harus hapus pesan dan menghapus dari pandangan/dalam aplikasi.

Penutup

Untuk melakukan hapus pesan Telegram, ada beberapa informasi diatas yang perlu kamu baca. Soalnya, salah-salah ngeklik malah keluar grup Telegram. Karena aplikasi ini cukup simpel, keluar dan hapus pesan hanya diwakili oleh 1 ikon saja.

Sebagai tambahan Info, menghapus data aplikasi Telegram itu aman. Tapi ini tidak akan menghapus semua Chat. Karena tersinkron dengan akun.

Jika dibandingkan Whatsapp, sepertinya Telegram lebih ringan. Apalagi saat proses menghapus pesan dan organisir media yang bagus. Ya memang karena fitur Tele lebih sedikit dari pesaingnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *